Israel Punya Bandara Baru dekat Laut Merah dan Yordania

Minggu 20 Januari 2019, 12:20 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Israel meresmikan bandara internasional baru di gurun bagian selatan untuk mendorong turisme di wilayah Laut Merah dan alternatif bagi bandara Ben-Gurion di Tel Aviv jika terjadi situasi darurat.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu meresmikan bandara baru yang diberi nama bandara Ramon pada hari Senin, 21 Januari 2019 jam 11.30 pagi waktu setempat, seperti dikutip dari Times Of Israel.

Nama Ramon diambil dari nama astronot pertama Israel, Ilan Ramon yang tewas dalam kecelakaan pesawat antariksa Columbia.

Setelah diresmikan, bandara ini baru sebatas menampung kedatangan dan kepergian maskapai domestik yang dioperasikan Arkia dan Israir.

Sedangkan jadwal resmi untuk beroperasinya maskapai asing belum tersedia.

Bandara Ramon akan menampung pesawat-pesawat berbadan besar dari seluruh dunia. Melalui situs resmi, bandara itu menjelaskan kapasitas bandara akan menampung 2 juta penumpang setiap tahun. Kapasitas itu akan diperbesar menjadi 4,2 juta pada tahun 2030.

Landasan pacu bandara Ramin sepanjang 3,600 meter dan ruang apron mampu menampung 9 pesawat berbadan besar.

Bandara Ramon berjarak sekitar 18 kilometer dari resor Laut Mera di Eilat dan berbatasang dengan pelabuhan Aqaba di Yordania.

Maskapai berbiaya murah dan carteran seperti Ryanair, Wizz Air, EasyJet, SAS, Finnair, dan Ural Airliens yang selama ini berangkat dan mendarat di bandara Ovda, sekitar 60 meter dari Eilat, akan dipindahkan ke bandara Ramon.

Biaya pembangunan bandara baru Israel ini berkisar US$ 455 juta. Pembangunannya dimulai pada tahun 2013 dan beberapa kali dikaji ulang untuk meningkatkan kualitas bandara.

Menurut Otoritas Bandara Israel, rencana proyek Ramon dikaji ulang sebagai pembelajaran selama perang Gaza tahun 2014. Saat roket Hamas menembaki bandara Ben Gurion, maskapai internasional membatalkan penerbangannya ke Israel.

"Dalam situasi darurat, tidak hanya seluruh penumpang maskapai Israel yang dapat mendarat dan parkir di sana, namun juga pesawat tambahan," ujar Otoritas Bandara Israel dalam pernyataannya.

Untuk melindungi bandara Ramon dari ancaman bahaya dan posisinya berdekatan dengan Yordania, media Israel melaporkan pagar anti-rudal telah didirikan di sepanjang bandara. Pagar yang dijuluki cerdas itu memiliki tinggi 26 meter dan panjang 4,5 kilometer.  Otoritas Bandara Israel menolak menanggapi tentang pagar anti-rudal di bandara Ramon.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Bola26 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1 Pekan ke-33

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Musik26 April 2024, 18:02 WIB

Selain IU, Inilah Daftar Idol K-Pop yang Akan Menggelar Konser di Indonesia

Selain IU, ada beberapa idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. Tentu saja mereka akan memberikan penampilan terbaik untuk penggemarnya.
NCT Dream, aespa, TREASURE, Babymonster, adalah idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. ( Sumber Foto: instagram @/aespa_official, @/nct_dream, @/yg_treasure_official,/ @/babymonster_ygofficial )
Life26 April 2024, 18:00 WIB

Amalkan Setiap Hari Usai Sholat, 5 Doa Mohon Diberikan Keselamatan

Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan.
Ilustrasi - Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan. (Sumber : unplash/@Masjid MABA)
Sukabumi26 April 2024, 17:44 WIB

Emak-emak Viral Maksa Minta Sedekah Terciduk Kembali ke Sukabumi

Emak-emak viral maksa minta sedekah terciduk kembali meresahkan warga Baros Sukabumi. Polisi dan kelurahan langsung turun tangan.
Petugas kepolisian saat mengadang emak-emak viral maksa minta sedekah yang kembali berulah di Baros Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Opini26 April 2024, 17:00 WIB

Kebangkitan Timnas U-23: Inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Sukabumi Ayep Zaki nilai kebangkitan Timnas U-23 inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia.
Ayep Zaki bicara prestasi gemilang Timnas Indonesia U-23 yang lolos semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Istimewa)
Musik26 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Inilah Full Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral: Wahai Cinta Beri Pertanda.
Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Foto : YouTube/TiaraAndini
Life26 April 2024, 16:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Melatih Diri Jadi Penyabar dalam Hidup, Ini Kuncinya

Kebiasaan tertentu akan melatih diri menjadi pribadi yang penyabar ketimbang emosian, baperan (bawa perasaan) dan marah-marah dalam kehidupan ini.
Ilustrasi. Orang Sabar. Kebiasaan penting yang melatih diri jadi penyabar. Sumber foto : Pixabay/Alena Darmel
Sukabumi26 April 2024, 16:25 WIB

Rumah Tak Layak Huni Popon Guru Honorer di Waluran Sukabumi Dibedah Bupati

Rumah tak layak huni Popon guru honorer asal Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati.
Rumah Popon guru honorer di Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, dan Skor Akhir

RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1.
RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1. (Sumber : X/@persija/rans.nusantara).
Life26 April 2024, 15:30 WIB

6 Didikan Orang Tua yang Membuat Pola Pikir Anak Semakin Dewasa, Ini Rahasianya

Anak akan memiliki pola pikir dewasa ketika orang tuanya mengajarkan beberapa hal penting sudah semenjak belia. Ini penting untuk pertumbuhan seorang anak kelak.
Ilustrasi. Didikan yang membuat pola pikir anak dewasa. Sumber Foto : Pexels/RDNE Stock Project