Menu

Sabtu, 12 Januari 2019, 17:02 WIB

Memasak Ikan Spesies Langka, Suami Istri di Cina Didenda

Ikan gymnocypris przewalskii. | Sumber Foto:english.ihb.cas.cn

SUKABUMIUPDATE.com - Alih-alih ingin membahagikan orang tua, sepasang suami – istri di wilayah barat laut Cina malah terbelit masalah gaa-gara ikan.

Kisah ini berawal saat pasangan, yang tidak dipublikasi identitasnya, ingin menyajikan makanan spesial yang mereka masak bagi kedua orang tua. Salah satu pasangan ini, merekam aktivitas memasak itu. Rekaman video itu memperlihatkan mereka memasukkan dalam air panas sejumlah ikan yang diketahui ikan gymnocypris przewalskii, sebuah ikan dari spesies yang sangat langka. Mereka mengunggah aktivitas memasak ikan itu ke media sosial tanpa pernah menyadari jika ikan itu dari jenis yang hampir punah.

Namun betapa terkejutnya mereka saat mengetahui unggahan rekaman video memasak itu mengundang kecaman dari para pengguna internet. Para natizen mengetahui tindakan yang dilakukan pasangan suami istri itu salah dan menjadikan pasangan itu sasaran kemarahan. Rekaman video itu sampai pada otoritas setempat dan segera mendatangi pasangan itu.

Dikutip dari asiaone.com, Sabtu, 12 Januari 2019, ikan gymnocypris przewalskii atau naked carp adalah spesies ikan yang bermigrasi setiap tahun dari berbagai sungai tempat mereka bertelur ke Danau Qinghai yang berair asin. Danau Qinghai adalah danau terbesar di Cina.     

Kendati pertumbuhan ikan jenis ini cukup stabil, yakni dari 2.600 ton sampai 88 ribu ton, namun ikan ini masuk dalam klasifikasi ikan terancam punah. Penyebabnya, adanya penangkapan ikan berlebihan dan hilangnya habitat ikan ini. 

Akibat memasak ikan yang dilindungi, pasangan suami istrinya ini harus membayar denda sebesar S$ 2 ribu atau sektira Rp 20 juta. Tidak dijelaskan bagaimana pasangan tersebut mendapatkan ikan itu. Sang istri hanya mengatakan suaminya membeli ikan itu untuk dimasak.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya