Menu

Rabu, 06 Desember 2017, 20:24 WIB

Uni Eropa Tidak Pindahkan Kedutaannya ke Yerusalem

Kegembiraan masyarakat Palestina saat merayakan pelepasan semua alat pengaman di pintu masuk masjid oleh Israel di Yerusalem, 27 Juli 2017. Israel telah menyingkirkan semua detektor metal yang dipasang di semua pintu masuk ke kawasan masjid Al-Aqsa. | Sumber Foto:REUTERS/Muammar Awad

SUKABUMIUPDATE.com - Duta besar Uni Eropa untuk Israel Emanuele Giaufret, mengatakan, kedutaan besar Uni Eropa akan tetap berada di Tel Aviv dan tidak akan dipindahkan ke Yerusalem.

"Uni Eropa tidak akan mencontoh Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang memindahkan kedutaan besarnya ke Yerusalem," kata Giaufret sebagaimana disiarkan televisi Israel, Channel 7.

"Ada resolusi PBB yang bunyinya bahwa masalah Yerusalem harus dibicarakan antara Israel dan Palestina," ucapnya. Dia menjelaskan, tidak baik bagi Uni Eropa mengambil sikap baru sebelum ada perundingan.

"Yerusalem adalah isu sangat penting dan sensitif bagi semua agama. Bagi kami, sikap memahami sensifitas pemeluk agama masing-masing sangat penting," tambahnya.

Duta besar ini mengulangi sikap Uni Eropa bahwa hanya solusi dua negara yang bisa menyelesaikan konflik di sana. "Kami yakin seluruh rakyat Israel setuju dengan solusi ini," paparnya sebagaimana dikutip Middle East Monitor.

Giaufret mengatakan, kontak antara Uni Eropa dengan Amerika Serikat mengenai isu Yerusalem terus berlanjut. "Jika Amerika Serikat menawarkan solusi yang baik demi perdamaian, kami pasti mendukung. Kami tidak ingin atau menjadi pemimpin."

Uni Eropa telah memperingatkan bahwa bakal ada konsekwensi negatif dari setiap langkah sepihak untuk mengubah status Yerusalem.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan akan memindahkan kantor kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem, Rabu pekan ini. Pernyataan Trump tersebut mendapatkan kecaman dari negara-negara Arab dan Timur Tengah. Uni Eropa menyatakan menolak mengikuti jejak Amerika Serikat.

Sumber: Tempo

Sumber : REUTERS/Muammar Awad
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved