Duterte Ingin Filipina Memulai Persekutuan Dengan China dan Rusia

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.COM - Presiden Filipina Rodrigo Duterte pada Senin mengaku akan mengunjungi Rusia dan China pada tahun ini untuk "memulai persekutuan" dengan dua negara yang selalu bermusuhan dengan Amerika Serikat tersebut.

Duterte menyatakan bahwa Filipina sudah tidak bisa mengharapkan lagi hubungan dengan Amerika Serikat. Dengan pertimbangan ini, dia ingin memperkuat hubungan dengan negara-negara kuat lain.

Pada pekan lalu, dia untuk pertama kalinya menyatakan akan mengunjungi China--negara yang sudah sejak lama berseteru dengan Filipina terkait sengketa wilayah di Laut China Selatan. Dia juga menyatakan bahwa Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev mengharapkan kedatangannya di Moskow.

Beijing mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan, sebuah jalur perdagangan yang dilewati barang-barang senilai lebih dari lima triliun dolar AS setiap tahunnya. Brunei, Malaysia, Filipina, dan Vietnam juga mempersengketakan klaim tersebut.

Dalam kasus arbitrase yang diajukan oleh Filipina sebelum Duterte berkuasa, putusan pengadilan internasional di Den Haag pada Juli lalu menepis klaim China. Putusan itu sempat membuat Beijing geram dan menyatakan tidak akan mengakuinya.

"Saya tidak akan menghancurkan hubungan dengan Amerika Serikat. Namun kami ingin memulai persekutuan dengan China dan Medvedev," kata Duterte.

"Saya akan membuka pintu Filipina bagi kedua negara tersebut untuk menjalankan usaha dan persekutuan dagang," kata dia.

Perekonomian Filipina secara umum tengah mengalami kelesuan. Para investor asing menarik modal dari negara tersebut selama enam pekan terakhir karena khawatir akan retorika anti-Amerika Serikat dari Duterte dan kebijakan perang narkotika yang brutal.

Di Washington, juru bicara Kementerian Luar Negeri Mark Toner mengatakan bahwa pemerintah Filipina tidak menghubungi pihaknya mengenai komentar Duterte.

"Mereka adalah negara berdaulat dan kami tentu saja tidak akan menghentikan mereka untuk membangun hubungan baik dengan negara-negara lain," kata dia.

Duterte juga berjanji akan membuka dua sektor yang sejak lama dikuasai oleh pemain lokal dan dikritik karena kurang kompetitif, telekomunikasi dan penerbangan. Dia tidak menjelaskan lebih jauh mengenai rencana itu.

Komentar anti-Amerika Serikat selalu disampaikan Duterte hampir setiap hari. Pada Senin, dia menuding Washington sebagai pihak yang "munafik" dan "ingin menjadi tuan" atas Filipina.

"Saya ingin melampaui hubungan antara saya dengan Amerika Serikat. Hubungan ini sudah berada dalam titik di mana saya tidak bisa kembali lagi," kata dia tanpa menjelaskan lebih jauh.

Dia menyatakan bahwa Filipina tidak akan ambil bagian dalam konflik maritim yang dimulai oleh Amerika Serikat, meski traktat 1951 mewajibkan negara tersebut untuk mendukung Washington.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita