Studi Ungkap Kemungkinan Hubungan Antara Zika dengan Cacat Sendi

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.COM - Para ilmuwan di Brasil yang mempelajari kemungkinan hubungan antara infeksi virus Zika di rahim dengan cacat sendi parah pada bayi, mengatakan kemungkinan tersebut perlu ditambahkan ke dalam daftar kondisi yang harus diperhatikan.

Dalam analisa terhadap tujuh kasus anak-anak dengan cacat sendi, para peneliti mengatakan keadaan itu - kondisi yang dikenal dengan arthrogryposis - bisa jadi diakibatkan efek Zika pada saraf-saraf motorik bayi yang masih berkembang, sel-sel yang mengendalikan kontraksi atau relaksasi otot.

Pada seluruh kasus, ibu juga tercatat mengalami infeksi Zika, ruam yang mirip disebabkan oleh Zika saat kehamilan, atau melahirkan bayi berkepala kecil.

Wabah Zika pertama kali dideteksi pada 2015 di Brasil, yang terkait dengan lebih dari 1.700 kasus mikrosefalus, cacat lahir yang ditandai dengan ukuran kepala kecil dan bisa mengarah pada masalah pertumbuhan yang parah pada bayi.

Virus yang dibawa oleh nyamuk ini berkembang pesat ke seluruh Amerika dan baru-baru ini mulai menyebar ke Amerika Serikat, di mana nyamuk Aedes aegypti berkembang di wilayah selatan yang hangat.

Karena penelitian terbaru yang dipublikasikan di British Medical Journal (BMJ) pada Selasa (9/8) merupakan studi pengamatan dengan melihat kasus-kasus arthrogryposis, hasilnya tidak bisa digunakan untuk menarik kesimpulan apakah Zika merupakan penyebab langsung.

Namun para ilmuwan yang bermarkas di Recife - kota di Brasil yang menjadi pusat epidemi Zika - mengatakan, kondisi tersebut kemungkinan berkaitan dengan cara Zika berefek pada otak dan cara saraf motorik membawa sinyal-sinyal ke otot bayi sebelum lahir.

Jika sinyal-sinyal itu lemah atau tidak mencukupi, bisa mengarah pada posisi bayi yang tidak berubah di dalam rahim sehingga menyebabkan kelainan pada sendi-sendi bayi, kata Vanessa van der Linden, seorang peneliti pada Asosiasi untuk Membantu Anak Difabel Recife, yang memimpin studi tersebut.

"Kami tidak tahu pasti, namun kami rasa ada masalah dengan saraf motorik, dan bahwa kerusakannya kemungkinan karena virus," katanya dalam wawancara melalui telepon. "Kami perlu mempelajari lebih banyak kasus untuk lebih memahaminya,"

Seluruh anak dalam studi itu juga menunjukkan tanda-tanda pengapuran otak, kondisi di mana kalsium menumpuk di dalam otak. Para ilmuwan berpikir infeksi Zika merusak sel-sel otak dan membentuk luka parut tempat kalsium menumpuk.

Para ilmuwan saat ini menyatakan kaitan kuat antara Zika dan mikrosefalus, namun Jimmy Whitworth, guru besar Kesehatan Masyarakat Internasional pada Fakultas Kedokteran Tropis dan Ilmu Kesehatan London mengatakan, temuan terbaru ini, bersama dengan riset-riset lain, juga mengungkap lebih banyak konsekuensi merugikan Zika.

"Menjadi semakin jelas bahwa virus ini bisa menyebabkan ketidaknormalan lain yang lebih luas termasuk cacat penglihatan dan pendengaran serta kerusakan otak pada bayi dengan ukuran kepala kecil," katanya.

Temuan bahwa bayi yang terkena efeknya semua memiliki pola kerusakan saraf perifer yang menyebabkan pengerutan sendi, "sesuai dengan pemahaman kami bahwa virus Zika terutama merusak jaringan saraf", katanya, seperti dilaporkan Reuters.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh