Menu

29 Jul 2017, 11:47 WIB

Hanya Enam Kursi, Kemana Arah Koalisi Masagi PAN-PPP di Pilkada Kota Sukabumi?

Ilustrasi logo Koalisi Masagi PAN-PPP. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com – Partai Amanat Nasional dan Partai Persatuan Pembangunan, Minggu (30/7) besok akan mendeklarasikan Koalisi Masagi jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Sukabumi 2018.

Namun yang menarik dengan jumlah enam kursi, kemana arah politik kedua partai tersebut. Karena untuk mengusung pasangan calon, minimal harus memenuhi syarat tujuh kursi.

BACA JUGA: Tunggu Kejutan, PAN Isyaratkan Koalisi Besar di Pilkada Kota Sukabumi 2018-2023

Pengamat Politik Asep Deni melihat, kemungkinan PAN dan PPP akan berkoalisi dengan Partai Nasional Demokrat (NasDem) sangat terbuka lebar karena tinggal membutuhkan satu kursi. Bahkan bukan tidak mungkin, jika nantinya muncul pasangan calon Yanti Indri – Mulyono.

“Paling dengan Nasdem kalau cukup, sehingga sangat memungkinkan mengusung pasangan calon Yanti Indri dengan Mulyono. Karena PAN sendiri belum nampak siapa calon yang akan di munculkan,” ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (29/7).

BACA JUGA: Ini Tiga Opsi Pasangan Calon Jika Demokrat-PKS Koalisi di Pilkada Kota Sukabumi

Disisi lain Partai Kebangkitan Bangsa yang memiliki satu kursi, jalinan komunikasi dengan Mohamad Muraz dari Partai Demokrat lebih bagus. Terlebih dengan jumlah enam kursi relatif bagus dan bisa bersama-sama berkoalisi dengan partai lainnya.

“Kita apresiasi langkan PAN dan PPP cukup bagus dengan membangun komunikasi politik dan melakukan deklarasi koalisi lebih awal, sehingga semakin nampak peta politik Pilkada di Kota Sukabumi,” jelas Asep Deni.

BACA JUGA: Agustus-September, Finalisasi Golkar Kota Sukabumi Tentukan Pasangan dan Mitra Koalisi

Menurutnya, langkah politik yang dilakukan PAN berkoalisi dengan PPP sebenarnya menaikkan posisi tawar untuk bisa menjadi bagian dari pengusung pasangan calon denga parpol lainnya.

“Melihat parpol sekarang tidak ada yang mandiri untuk bisa mengusung pasangan calon sendiri, harus ada keberanian untuk membangun koalisi,” pungkasnya.

Redaktur : HERRY FEBRIANTO
Sumber : Istimewa
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Bocah 13 tahun berinisal AR terjaring razia ketertiban umum (trantibum) Satpol PP Bandar Lampung, pada Kamis (11/12/2019) siang. Siswa di salah satu Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Bandar...

SUKABUMIUPDATE.com - Aksi mogok kembali dilakukan para sopir elf Pajampangan, Jumat (13/12/2019). Masih dengan tuntutan yang sama, yakni sikap tegas pihak terkait untuk segera menertibkan taksi gelap yang kerap...

SUKABUMIUPDATE.com - Anda mungkin pernah mendengar kata bucin alias budak cinta. Berdasarkan penelusuran paling tren sepanjang 2019 yang digarap oleh Google, kata bucin termasuk di dalamnya. Penemu katanya tersebut, Jovial...

SUKABUMIUPDATE.com – Keberadaan perempuan-perempuan muda “pemanis” warung-warung wisata di Ujung Genteng Sukabumi tidak berarti prostitusi. Mereka berharap upah dari komisi makanan dan minuman yang dibeli para tamu, memanfaatkan musim...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya