Menu

23 Sep 2020, 03:00 WIB

Bolehkah Mobil Terobos Banjir, Ini 3 Tipsnya

Sebuah mobil melintasi banjir yang merendam jalanan Kota Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin, 14 September 2020. | Sumber Foto:ANTARA/Jessica Helena Wuysang

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan kian sering tertumpah dan kubangan air atau banjir tak terelakkan untuk diterabas pengguna mobil dan motor.

Dilansir dari Tempo.co, kadang tak ada kesempatan pengendara menunggu hujan reda karena kesibukan atau sudah keburu terjebak banjir.

"Boleh saja menerabas banjir, tapi jangan asal. Ada tipsnya," kata Ali Sofwan, Kepala Bengkel Cahaya Tasik Motor Depok, kepada Tempo pada hari ini, Selasa, 22 September 2020.

Ali mengungkapkan beberapa tips sederhana jika pengendara mobil terpaksa menerabas banjir. Simak tips tersebut:

1. Maksimal setengah ban

Menurut dia, maksimal tinggi banjir yang aman dilewati setinggi setengah velg ban. Jika lebih dari itu, lebih baik menunda perjalanan sebab dikhawatirkan air akan merusak kelistrikan dan masuk ke ruang bakar.

Elektrifikasi mobil antara lain fan (kilas pendingin), AC, dan alternator. Jika air masuk ruang bakar, air bisa mengkristal dan bisa membengkokkan setang piston.

2. Hindari macet selama banjir

Pengendara masih aman melaju di tengah banjir setinggi setengah velg asalkan arus lalu lintas lancar.

"Jika lalu lintas tersendat atau malah macet, ya sudah jangan dilanjutkan perjalanan," ucap Ali Sofwan.

Dia menuturkan, kemacetan lalu lintas akan membuat bak mesin bagian bawah terandam air. Jika mobil berjalan, air tidak sampai mengenai kelistrikan dan tidak masuk ruang bakar.

3. Jangan buru-buru mematikan mesin

Ali Sofwan menuturkan, sampai di tempat tujuan jangan buru-buru mematikan mesin mobil. Biarkah mesin menyala sekitar lima menit, sambil sesekali diinjak rem dan kopling (untuk mobil manual).

"Mengapa? Supaya kopling tidak seret besok atau beberapa hari mobil tidak dipakai," ucapnya.

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Netflix pada pekan ini mengumumkan telah menaikkan harga berlangganannya di Amerika Serikat, demikian diwartakan sejumlah media seperti Digital Trends dan CNBC. Melansir Suara.com, untuk paket standar, harga Netflix...

SUKABUMIUPDATE.com - Tidak ada yang lebih memuaskan daripada duduk untuk makan malam yang sehat setelah hari yang panjang dan sibuk. Tapi tentu saja, jadwal kita yang kacau dan tidak konsisten...

SUKABUMIUPDATE.com - Bekas bos Google, Eric Schmidt, mengatakan bahwa media sosial kini telah berubah menjadi platform yang menyebarkan gagasan orang-orang gila dan bodoh. Hal ini telah menyimpang dari tujuan...

SUKABUMIUPDATE.com - Profil DJ Katty Butterfly belakangan ini menjadi topik perbincangan di media sosial Tanah Air. Hal ini karena sekarang DJ Katty Butterfly tampil beda dengan mengenakan hijab. DJ Katty...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya