Menu

16 Sep 2020, 06:00 WIB

Mengapa Pesepeda Dilarang Masuk Jalan Tol? Ini Jawaban Pengamat

Gambar udara Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono, Jakarta, Jumat 28 Agustus 2020. | Sumber Foto: TEMPO/Subekti.

SUKABUMIUPDATE.com - Tak hanya membahayakan diri sendiri, pesepeda yang masuk jalan tol juga bisa membahayakan orang lain.

"Kita harus bijak karena menggunakan fasilitas umum. Jangan juga karena tidak bermesin, kemudian bebas dari jerat undang-undang," ujar Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana, Selasa, 15 September 2020, dikutip dari Tempo.co.

Menurut Sony, secara umum pengendara sepeda saat ini sudah banyak yang melanggar aturan, bahkan cenderung tidak logis. Padahal pengguna sepeda juga harus paham bagaimana menekan risiko kecelakaan.

"Jadi bersepedalah dengan hati-hati, jangan sering-sering salah mengambil keputusan karena kecelakaan mengintai."

Sony menegaskan bahwa pesepeda wajib mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Jika melanggar, perlu mendapat hukuman sesuai ketentuan. "Itu bodoh kalau (sepeda) masuk jalan tol," katanya. 

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division, Oemi Vierta Moerdika, juga menyayangkan sepeda sampai masuk jalan tol.

Dia justru mendorong penegakan aturan lalu lintas terhadap pelanggarnya.

"Jika kendaraan roda dua masuk tol, dapat dikenakan tindakan hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku," kata Oemi.

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com – Dinas Kesehatan melalui PKM (Puskemas) Cicurug Kabupaten Sukabumi terus memantau kondisi kesehatan warga Cibuntu Desa Pasawahan, yang merupakan lokasi terdampak paling parah dari bencana banjir bandang. Ratusan...

SUKABUMIUPDATE.com - Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Khoirunnisa Nur Agustyati memandang perlu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang Kampanye Pemilihan Kepala Daerah lebih progresif, termasuk mengatur pula...

SUKABUMIUPDATE.com - Kasus pencabulan anak di bawah umur yang dilakukan oleh ayah kandungnya sendiri alias hubungan inses yang terjadi di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, mendapat sorotan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan tes usap massal diprioritaskan untuk daerah-daerah dengan risiko penularan yang tinggi. Hal ini disampaikan Doni menjawab desakan agar pemerintah melakukan 3T,...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya