Menu

15 Agu 2020, 23:00 WIB

Jangan Tertipu Calo, Cek SIM C Sudah Terdaftar Atau Tidak

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM). | Sumber Foto: (www.polri.go.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Pengendara kendaraan motor perlu memastikan Surat Izin Mengemudi (SIM) miliknya sudah terdaftar, termasuk pemotor dengan SIM C. Berikut ini langkah-langkah cara cek SIM C terdaftar atau tidak.

Melansir Suara.com, sesuai dengan Pasal 77 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan jenis kendaraan bermotor yang dikemudikan.

Namun sudah bukan rahasia lagi, bahwa sampai saat ini masih ada masyarakat yang tidak mau repot untuk membuat SIM sendiri.

Sebagian dari mereka ujung-ujungnya lebih memilih untuk menggunakan calo atau biro jasa. Padahal seperti diketahui, bahwa SIM merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki setiap orang yang memenuhi syarat untuk mengendarai kendaraan bermotor.

Cara Cek SIM C Terdaftar Atau Tidak

Meskipun pihak kepolisian sudah memberantas calo di Satpas SIM, namun keberadaannya masih tetap dibutuhkan oleh beberapa orang yang malas mengurus pembuatan SIM secara mandiri.

Namun apakah Anda tahu apa bahayanya jika menggunakan calo atau biro jasa untuk membuat SIM? Bagaimana cara cek SIM C sudah terdaftar atau tidak?

Jangan panik dulu, karena untuk membuktikan asli atau tidaknya SIM, Anda menemui petugas untuk cek bagian atas berupa nomor SIM. Jika nomor tersebut terdaftar di database berarti SIM yang Anda miliki asli.

Cara cek SIM C sudah terdaftar atau tidak memang harus dilakukan secara langsung oleh petugas. Nantinya yang akan menentukan dan menyatakan asli atau tidaknya adalah petugas tersebut.

Keunggulan Smart SIM

Kartu SIM merupakan suatu bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas, dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor.

Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) telah memperkenalkan Smart SIM pada 22 September 2019 lalu. Smart SIM adalah kartu izin mengemudi baru yang memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan kartu yang lama.

Salah satu keunggulan Smart SIM adalah semua data seperti identitas, identifikasi, hingga forensik kepolisian terkoneksi dengan Dukcapil. Keunggulan lainnya, Smart SIM bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Cukup menarik, bukan?

Agar tidak tertipu, penting untuk digaris bawahi bahwa sebaiknya Anda tidak tergiur kepada oknum calo atau biro jasa yang menawarkan pembuatan SIM secara cepat dan mudah dengan harga murah.

Sumber: Suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Satuan Tugas atau Satgas Penanganan Covid-19 melaporkan penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 3.874 orang pada Ahad, 27 September 2020. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, sebanyak 10 provinsi...

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam sebuah video konferensi pers yang dirilis oleh penyelenggara MotoGP kemarin (26/9/2020), Valentino Rossi rupanya mengaku kangen untuk bisa balapan di Indonesia. Melansir Suara.com, pembalap yang baru saja...

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Hamami membuka secara resmi pelatihan Senam Bugar Jabar Juara Kota Sukabumi tahun 2020, Minggu (27/9/2020). Pelatihan tersebut diikuti oleh para instruktur senam. Turut...

SUKABUMIUPDATE.com - Bantuan untuk korban terdampak banjir bandang terus berdatangan ke Posko Tanggap Bencana di Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.  Bantuan kali ini datang dari Sampoerna Untuk...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya