Menu

04 Agu 2020, 00:00 WIB

Silang Pendapat Soal Ban Mobil Kedaluwarsa Usia di Atas 5 Tahun

Ilustrasi wanita dengan ban mobil yang kempis. | Sumber Foto: shutterstock.com

SUKABUMIUPDATE.com - Segala yang kedaluwarsa pasti menjadi sorotan. Bukan cuma makanan, ternyata ban mobil juga bisa kedaluwarsa.

Ban mobil berusia 5 tahun ke atas, meski masih baru keluaran gudang disebut kedaluwarsa dan bisa berbahaya bagi penggunannya. Viral di Facebook tentang ban mobil kedaluwarsa berikut cara mengetahuinya.

Pesan yang telah dibagikan ulang ratusan kali itu menyebutkan, ban mobil baru yang sudah berusia di atas 5 tahun maka karetnya mengeras sehingga rawan memicu  kecelakaan.

Ban mobil kedaluwarsa itulah yang dijual murah dengan diskon besar-besaran oleh sejumlah toko.

Rupanya kalangan otomotif tidak satu kata soal ban kedaluwarsa.

Menurut PT Hankook Tire Indonesia, perusahaan ban asal Korsel yang memiliki pabrik moderen di Cikarang, ban mobil yang terbuat dari olahan karet tidak memiliki masa kedaluwarsa.

“Jadi selama penyimpanannya baik, tidak kena panas dan lembab, ban tetap tahan dan awet,” kata Ade Mahendra, Assistant Manager Humas PT Hankook, seperti dikutio dari Tempo.co.

Ade menjelaskan angka tahun di badan ban merupakan penanda tahun produksi. Angka itu sama sekali tidak berhubungan dengan habisnya masa pakai ban mobil seperti kata penulis kabar yang viral di Facebook.

Suzuki berpendapat lain. Ban mobil yang sudah berumur lebih dari tahun harus harus diganti. Menurut lapam Suzuki pada 19 Agustus 2019 yang dikutip Tempo, ban mobil bahan utamanya adalah karet yang elastis.

Kelenturan karet ban mobil akan terus berubah seiring waktu. Semakin lama, karet akan semakin berkurang tingkat elastisitasnya, sampai akhirnya menjadi getas karena sudah kehilangan kelenturan sama sekali.

Usia yang ideal ban adalah maksimal 3 tahun sehingga lebih dari itu selayaknya diganti.

Menurut Suzuki bahkan meski kembangnya (alur ban) masih tebal karena mobil jarang digunakan, ban yang berusia lebih dari 3 tahun biasanya sudah mengeras atau tidak lagi lentur. Walhasil tak nyaman jika tetap digunakan.

Pendapat lain adalah masa pakai ban maksimal 6 tahun sejak diproduksi. 

Inilah tips untuk mengetahui masa kedaluwarsa ban mobil. Pada ban terdapat tulisan kode produksi ban yang biasanya berada di bagian samping luar. Kode itu biasanya 5-8 digit kode angka.

Yang paling mudah adalah melihat 4 angka terakhir pada kode produksi ban mobil itu yang menandakan minggu dan tahun pembuatan.

Contohnya, "1218" maka ban mobil itu diproduksi pada minggu ke-12 tahun 2018.

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolres Sukabumi, AKBP M Lukman Syarif mengimbau masyarakat agar tidak mudah mempercayai suatu informasi yang belum jelas kebenarannya. Hal itu disampaikan Lukman menyusul adanya dua pria yang diamankan...

SUKABUMIUPDATE.com - Ayah dari musikus indie Iksan Skuter, Yoso Wiguno, meninggal dunia pada Selasa (29/9/2020). Yoso Wiguno meninggal pada pukul 06.00 WIB di usia 80 tahun. Dilansir dari Suara.com, pada laman...

SUKABUMIUPDATE.com - Polisi meminta warga tidak mempercayai isu atau kabar tentang pria menyerang melukai kyai atau ustaz di Parungkuda sukabumi. Polisi menyebut ada kesalapahaman warga karena dua pria yang...

SUKABUMIUPDATE.com – Misteri alasan penangkapan dua pria di Kampung Susukan RT 03/07 di Desa Bojongkokosan Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi akhirnya terungkap.Warga mengakui jika kedua pria tersebut diamankan gara-gara masuk...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya