Menu

06 Jul 2020, 05:00 WIB

Tak Hanya Tekanan Angin, Kini Kerusakan Ban Mobil Bisa Dipantau

Ilustrasi ban mobil. | Sumber Foto: carscoops.com

SUKABUMIUPDATE.com - Ban mobil merupakan komponen yang vital saat berkendara. Selama perjalanan, banyak masalah yang bisa menyebabkan kerusakan ban mobil. Menurut Bridgestone, masalah ban dapat dibagi menjadi empat kategori: tekanan yang tidak memadai, kelelahan ban, keausan dan kerusakan.

Mengutip Tempo.co, kerusakan dapat terjadi dalam beberapa cara, seperti menghantam trotoar, lubang atau jalanan rusak hingga benda logam di jalan. Saat ini, TPMS atau sistem pemantauan tekanan ban bisa membantu pengemudi menghindari masalah kekurangan tekanan angin, namun tidak dapat mendeteksi kerusakan yang sebenarnya, yang berpotensi dapat terjadi kapan saja.

Di sinilah Sistem Pemantauan Kerusakan Ban Bridgestone berperan, menawarkan peringatan kerusakan real time berkat sistem kerja cloud MCVP Microsoft. Sistem ini menggunakan algoritme untuk mendeteksi peristiwa yang mempengaruhi permukaan dan kompon ban, memberi tahu pengemudi secara cepat jika ada bahaya.

Teknologinya juga bisa mengerti bukan hanya kapan, tetapi juga di mana tepatnya kerusakan pada ban terjadi. Selain itu, dapat memperingatkan kepada pihak berwenang tentang keberadaan atau lokasi lubang dan bahaya lainnya.

"(Teknologi) Digital adalah bagian besar dari apa yang kita lakukan hari ini di Bridgestone; sangat penting bahwa kita bekerja dengan mitra industri terkemuka yang dapat mendukung kebutuhan kita hari ini dan di masa depan. Dengan bekerja sama dengan Microsoft, kami memiliki kesempatan untuk menghadirkan Sistem Pemantauan Kerusakan Ban kepada jutaan pengemudi, menawarkan mereka keselamatan dan ketenangan pikiran yang lebih baik," kata CEO Bridgestone Laurent Dartoux.

MCVP akan memberi Bridgestone infrastruktur digital yang dibutuhkannya untuk mempercepat pengiriman solusi mobilitas yang terhubung, sementara yang terakhir akan membantu Microsoft menumbuhkan ekosistem mitranya.

"Dengan Platform Microsoft Connected Vehicle, misi kami adalah membantu bisnis mempercepat pengiriman pengalaman mobilitas terhubung yang aman dan personal. Menggunakan MCVP, Bridgestone telah menciptakan Sistem Pemantauan Kerusakan Ban yang menawarkan kontribusi luar biasa untuk keselamatan jalan dan membuktikan bagaimana kolaborasi antara para pemimpin industri dapat membuka peluang bisnis baru di masa depan," ujar eksekutif MCVP Microsoft Tara Prakriya.

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kota Christchurch di Selandia Baru memiliki penyihir resmi yang ditunjuk dewan kota dan menggajinya ratusan juta rupiah selama puluhan tahun. Dilansir dari Tempo.co, penyihir itu bernama Ian...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut ada tiga pilihan skenario menyelesaikan pandemi Covid-19. Pertama ialah vaksin Covid-19 ditemukan. Dilansir dari Tempo.co, opsi pertama ini sedang diupayakan seluruh...

SUKABUMIUPDATE.com - Wafatnya Wakil Ketua Umum DPP PPP Reni Marlinawati pada Jumat (7/8/2020), menyisakan duka yang mendalam bagi berbagai pihak, termasuk gerakan perjuangan Palestina HAMAS. Dalam secarik surat yang dikirimkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi Covid-19 berimbas terhadap berbagai sektor termasuk ekonomi kreatif. Tak ingin terus terpuruk, di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), pelaku usaha ekonomi kreatif di Kota Sukabumi yang tergabung dalam...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya