Hujan dan Banjir Buruk Untuk Motor, Tips Perawatan Dari Bengkel Handal di Sukabumi

Kamis 19 Desember 2019, 11:37 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Beberapa pekan ini, intensitas hujan di Sukabumi mulai meninggi tanda mulai memasuki musim penghujan. Motoris harus punya pengetahuan soal hujan dan banjir, karena fenomena cuaca ini bisa berakibat buruk  bagi motor kesayangan.

Redaksi sukabmiupdate.com, Kamis (19/12/2019) berhasil mengorek informasi dari salah satu bengkel handal di Sukabumi, soal dampak air hujan dan banjir bagi motor. Ternyata air hujan yang mengandung asam tinggi yang tidak bagus untuk seluruh komponen kendaraan.

“Bagian motor yang berbahan logam akan cepat berkarat dan yang berbahan plastik atau lainnya akan cepat pudar dan mudah hancur. Jadi saat hujan pemilik harus rajin mencuci kendaraannya,” jelas Eman Sulaeman Business Control Regional Jawa Barat, Mr. Montir.

Jadi sangat disarankan jika pulang kerumah kehujanan apalagi hujannya super deras,motornya langsung dicuci atau dibilas air bersih. “Tentunya sama pemilik motornya juga jangan lupa mandi, nanti malah sakit kalau kebasahan lama-lama,” ucap eman sambil terkekeh.

Air hujan dengan kandungan asam tinggi akan membuat korosi seluruh komponen dan onderdil. Usia komponen motor akan lebih singkat karena cepat haus dan rusak. “Lebih baik lagi jadwal cuci di tempat steam motor yang tadinya sebulan sekali jadi seminggu. Pas kehujanan di rumah langsung dibilas, untuk memastikan air hujan tidak menempel di onderdil motor kita,” sambung Eman.

Selain mencuci motor setelah kehujanan atau melintasi jalan yang banjir, yang perlu diperhatikan selanjutnya ungkap Eman adalah mengecek sistem kelistrikan. Ini harus super teliti dan sabar, mengecek setiap bagian yang mungkin ada endapan air.

“Intinya mengeringkan seluruh komponen, khususnya sistem kelistrikan. Kabel-kabel dicek, jika ada yang terkelupas langsung bawa ke bengkel untk diganti. Jangan biarkan sistem kelistrikan korslet, yang akhirnya menggangu banyak komponen penting,seperti lampu depan, lampu rem atau lampu sain,” bebernya.

Selanjutnya rutin mengecek rantai motor. Salah satu komponen yang akan cepat haus karena terlalu sering terkena siraman air hujan atau saat melibas banjir adalah rantai motor. “Rantai motor akan cepat kering karena korosi air hujan. Setelah dicuci bersih,rantai beri pelumas, agar komponen ini memiliki tingkan fleksibel yang baik,” ujarnya.

Sama dengan rantai, kanvas rem juga akan mudah kering dan cepat rusak akibat air hujan. Sehingga sangat disarankan untuk mengecek kanvas rem terutama bagian cakram. “Cakram ini posisinya terbuka jadi lebih muda kena kotoran, yang akan mempengaruhi fungsinya. Ingat rem sangat penting, salah salah bisa ngeblong.”

Komponen lainnya yang harus rutin di cek saat musim penghujan seperti saat ini adalah tekanan ban motor. Menurut Eman, kondisi dingin karena sering melintasi jalan yang banjir membuat tekanan ban cepat berkurang. Ini mempengaruhi performa dari ban bahkan bisa berbahaya, usahakan tekanan ban selalu diperiksa, harus selalu dalam kondisi ideal.

Untuk merawat motor dari ancaman hujan dan banjir ada baiknya datang langsung ke bengkel yang memiliki kualitas Handal. Salah satunya, bengkel motor Mr Montir di Jalan Pemuda Nomor 20, Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. 

Atau follow official Instagram @mr.montir_sukabumi20 untuk mendapatkan beberapa tips perawatan motor. “Tak hanya melayani servis saja, Mr. Montir pun melayani ganti suka cadang atau spare part. Suku cadang yang dibutuhkan kosumen tersedia di Mr. Montir. Sekarang kita juga menyediakan cuci steam salju motor cukup dengan ceban saja, Rp 10 ribu,” pungkas Eman.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Science02 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 2 Mei 2024, Pagi Hari Cerah dan Siang Hujan Sedang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Kamis 2 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi01 Mei 2024, 22:58 WIB

Kepergok Warga, Maling Kotak Amal Kabur Tinggalkan Motor di Cicantayan Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait upaya pencurian kotak amal di Cicantayan Sukabumi. Pelaku kabur tinggalkan motor.
Motor maling kotak amal yang ditahan warga Kampung Cijabon RT 19/07, Desa Cimahi, Cicantayan Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 21:37 WIB

6 Gaya Bicara yang Menjadikan Anda Lebih Berwibawa dan Berkharisma, Ini Caranya

Gaya bicara seseorang menentukan apakah nanti akan dipandang berwibawa atau justru diremehkan orang lain di masyarakat.
Ilustrasi. Gaya berbicara yang dipandang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Werner Pfenning
Life01 Mei 2024, 21:31 WIB

Fokus Pada Jangka Panjang, Ini 10 Tips Menerapkan Disiplin Pada Anak Tetap Konsisten

Penerapan disiplin pada anak tidaklah mudah, maka dari itu orang tua perlu melakukannya dengan konsisten.
Ilustrasi menerapkan disiplin tetap konsisten / Sumber : pexels.com/@Emma Bauso
Sehat01 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi dalam Tubuh

Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif.
Ilustrasi - Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
DPRD Kab. Sukabumi01 Mei 2024, 20:56 WIB

May Day, Komisi IV DPRD Sukabumi Serap Aspirasi Buruh Terkait Upah Hingga Isu Pungli

Komisi IV DPRD Sukabumi serap aspirasi serikat buruh terkait upah hingga isu praktik pungli di perusahaan.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar terima kunjungan serikat buruh di momen May Day 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat01 Mei 2024, 20:30 WIB

Pantangan! 4 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi.
Ilustrasi - Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi. (Sumber : pexels.com/@Julia Filirovska).
Life01 Mei 2024, 20:00 WIB

8 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental, Melepaskan Emosi yang Terpendam

Salah Satu Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental Yakni Menjadi Sarana Melepaskan Emosi yang Terpendam.
Ilustrasi. Bersedih. Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental. (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi01 Mei 2024, 19:57 WIB

Termasuk dari Bule, Uluran Tangan Berdatangan Bantu Titin Penghuni Rumah Reyot di Sukabumi

Bantuan mulai berdatangan untuk mak Titin, janda paruh baya asal Surade Sukabumi yang sebatang kara huni rumah reyot.
Seorang Bule asal Australia saat berkunjung ke rumah Mak Titin di Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 19:30 WIB

7 Sikap Sederhana yang Membuat Kamu Bisa Dikagumi Banyak Orang

Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan.
Ilustrasi - Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan. (Sumber : Freepik.com)