Kapan Rantai dan Gear Motor Harus Diganti? Simak Tips Mr Montir Sukabumi

Jumat 06 Desember 2019, 06:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Rantai dan Gear motor (non matic) adalah bagian komponen yang “ditakdirkan” sebagai pekerja keras. Keduanya berfungsi meneruskan putaran tenaga dari mesin, transmisi ke roda belakang, jadi usia kelayakan kedua komponen ini terbilang cepat dan harus dipantau terus menurus.

Lalu kapan saat atau kondisi yang tepat untuk mengganti gear dan rantai motor

“Tidak ada patokan waktu atau jarak tempuh untuk melihat kapan rantai dan gear motor kita harus diganti. Ada panduan dibuku namun akan lebih tepat dilakukan cek fisik,” ujar Herlan Adi Darmawan kepala mekanik Mr Montir Sukabumi membuka obrolan dengan redaksi sukabumiupdate.com, Jumat (6/12/2019).

Cek fisik dibutuhkan karena usia layak pakai rantai dan gear motor dipengaruhi banyak hal. “Medan jalan yang sering dilalui, perawatan yang dilakukan pemilik motor, dan kualitas dan bahan baku dua komponennya itu sendiri karena saat ini banyak pilihan yang murah, sedang atau mahal,” sambung pria yang biasa disapa kang Herlan ini lebih jauh.

Ia kemudian beberapa tips pengecekan fisik pada rantai dan gear motor. "Paling mudah itu pegang rantainya kendur apa masih kenceng. Kalau sudah kendur dan setelannya sudah mentok atau tidak bisa ditarik untuk kencang lagi dipastikan rantai minta diganti. Jangan dipotong, karena itu tanda-tanda material rantai sudah haus, jika dipaksakan dipotong agar kencang malah bahaya, bisa putus ditengah jalan,” ungkap Herlan.

Untuk gear jelas Herlan, pengecekannya juga dengan cara disentuh atau dipegang. Cukup sentuh mata gearnya, kalau sudah lancip apalagi tajam artinya gear motor harus cepat diganti.

“Intinya jangan sampai rantai dan gear haus masih dipaksakan karena kalau putus ditengah jalan atau rontok. Sebaiknya kalau sudah terlihat ciri-ciri tersebut segera gas tipis-tipis ke bengkel,” tegasnya.

Berikut adalah empat ciri rantai dan gear motor wajib diganti dari Mr Montir Sukabumi. 

1. Rantai Nyaris Sentuh Lengan Ayun

Rantai renggang selain bisa dicek dengan cara dipegang juga mudah dilihat. Patokannya bagian bawah rantai posisinya sudah hampir menyentuh lengan ayun. Akibatnya rantai dan gear motor mulai tidak presisi untuk meneruskan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Di setiap lengan ayun motor ada ukuran pengencangan rantai, biasanya ada empat guratan garis lurus di ujung lengan ayun. Jika posisi penahan sudah pada garis paling ujung berarti rantai dan gear harus diganti.

2. Rantai Disetel Tapi Kendur Lagi

Biasanya tidak lama setelah disetel rantai akan kendur lagi. Walaupun dipotong ruas rantai tidak akan memberikan manfaat lama, karena mata rantai sudah merenggang, tanda material haus dan minta diganti.

3. Motor Lanjutnya Tersendat

Kendarai motor dengan perlahan, jika gear dan rantai harus diganti laju motor akan tersendat, terguncang dan tidak stabil. Hal ini terjadi karena putaran rantai mengendor mengencang tidak stabil, sehingga mempengaruhi putaran roda.

Biasanya terjadi akibat penghubung mata rantai sudah mengeras haus karena pemakaian. Gear motor yang sudah lancip karena terkikis, juga menimbulkan getaran tidak nyaman saat motor dikendarai pelan pada mesin putaran rendah.

4. Berisik

Ini termasuk langkah muda untuk mendeteksi gear dan rantai motor minta diganti, yaitu dari suara gesekan yang ditimbulkan. Suara sangat kasar dan bikin tidak nyaman ditelinga. 

Mr Montir Sukabumi juga memberikan tips perawatan untuk memperpanjang umur rantai dan gear motor anda. Rantai dan gear yang sering diberi pelumas atau cairan khusus akan memperpanjang umur kedua komponen tersebut. 

Tapi jika perawatan sudah maksimal dan rantai tetap saja renggang dan tidak presisi, itu tanda-tanda harus cepat diganti. Mr Montir menyarankan ganti kedua komponen ini secara bersamaan, walapun faktanya rantai kendur namun gear masih belum terlalu lancip.

“Kenapa harus ganti keduanya karena kerusakan salah satu akan mempercepat kerusakan komponen lainnya. Misal rantai baru tapi gear lama, maka dipastikan usia rantai baru ini tidak akan maksimal, beitu juga sebaliknya,” lanjut Kepala Mekanik bengkel kekinian di Sukabumi Mr Montir, Herlan Adi Darmawan mengakhiri obrolannya soal mendeteksi gear dan rantai motor yang tepat.

Untuk pergantian rantai dan gear motor ada baiknya menggunakan jasa mekanik handal dan memiliki jaminan kinerja berkualitas. Datang saja ke bengkel motor Mr Montir di Jalan Pemuda Nomor 20, Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. 

Atau follow official Instagram @mr.montir_sukabumi20 untuk mendapatkan beberapa tips perawatan motor. “Tak hanya melayani servis saja, Mr. Montir pun melayani ganti suka cadang atau spare part. Suku cadang yang dibutuhkan kosumen tersedia di Mr. Montir,” pungkas Herlan.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah jenjang SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi24 April 2024, 00:06 WIB

17 Aset TPPU Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di Sukabumi Disita KPK

Belasan asetnya di Sukabumi disita KPK, berikut perjalanan kasus korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Dari tersangka gratifikasi hingga TPPU.
Mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto saat menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus gratifikasi, Jumat (8/12/2023). (Suara.com/Yaumal)
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap Saat Malam

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)