Mr Montir Sukabumi Ajari Cara Deteksi Waktunya Ganti Oli Motor

Rabu 27 November 2019, 04:45 WIB

SUKABUMIUPATE.com – Pergantian oli untuk motor, baik manual ataupun matic perlu dilakukan berkala. Salah satu tujuannya agar mesin motor tetap terjaga dan bisa bekerja dengan baik. 

Mr Montir sebagai salah satu bengkel kekinian di Sukabumi memberikan sejumlah tips bagi para bikers soal oli mesin motor dan kapan waktu yang tepat untuk menggantinya. Oli berperan sebagai pelumas utama di dalam mesin, kinerja serta daya tahan dipengaruhi oleh panas dan kerak yang muncul akibat pembakaran. 

“Oli berfungsi menyebarkan panas ke seluruh bagian mesin. Disini kita ketemu alasan kenapa harus mengganti oli motor di waktu yang tepat, karena resikonya jika terlambat akan merusak mesin,” jelas Herlan Adi Darmawan kepala mekanik Mr Montir Sukabumi.

Pertama yang harus dilihat adalah warna dan tingkat kekentalan oli.  Biasanya oli mesin baru akan berwarna cokelat, biru atau warna lainnya dengan konsistensi yang pekat namun tidak berwarna hitam. Oli akan berubah warna saat terkena panas dan kerak akibat pembakaran. 

“Jika sudah berwarna hitam pekat itu tandanya oli sudah terkontaminasi residu bekas pembakaran. Sebaiknya, anda harus cepat menggantinya karena daya lumas oli akan menurun jika terus dibiarkan dan mesin akan cepat aus,” sambung Herlan  kepada sukabumiupdate.com, Selasa (26/11/2019).

Selanjutnya memeriksa kapasitas oli dalam mesin. Motor dengan kapasitas mesin 150 cc biasa menggunakan oli bervolume di bawah 1 liter. Volume oli akan berkurang tergantung frekwensi pemakaian mesin. 

“Jika volume oli terlihat kurang dari batas, cepat periksa apakah ada rembesan bocor oli, jika terdeteksi langsung ganti oli,” sambung Herlan.

Oli yang sudah haus atau kualitasnya menurun akibat perputaran mesin, daya hantar panasnya semakin berkurang. Inil menimbulkan penyebaran panas pada mesin yang tidak merata, dan dapat dideteksi hawa panas dari area mesin pada kaki anda.

Ciri lainnya adalah suara mesin yang kasar. Kualitas oli makin turun mengakibatkan menurunnya daya lumas terhadap gear transmisi. Menimbulkan bunyi kasar saat pengoperan gigi atau saat putaran mesin dipecut dengan tarikan gas. 

“Umumnya oli motor harus diganti setelah pemakaian 3.000 sampai 5.000 kilometer. Jadi, ketika motor sudah mencapai patokan ini wajib ganti oli. Jika oli tidak diganti menimbulkan permasalahan mesin dalam jangka waktu tertentu,” ungkap Herlan lebih jauh. 

Ia juga memberikan penghitungan kilometer harian untuk menjadi patokan kapan oli motor harus diganti. Pemakaian 20-50 kilometer lebih dalam sehari sebaiknya mengganti oli dalam waktu 45 hari atau satu setengah bulan. 

“Jika jarak tempuh di atas 50 kilometer pehari, sebaiknya ganti oli motor sebulan sekali,” lanjutnya.

BACA JUGA: Mr. Montir Hadir di Sukabumi, Siap-siap Servis Motor dapat Seabrek Promo

Mr Montri Sukabumi menyiapkan beragam oli sesuai dengan kebutuhan motor anda

Patokan kilometer berlaku untuk kendaraan yang beroperasi di wilayah yang tidak banyak kemacetan lalu lintas. Namun jika di kota yang macetnya luar biasa, maka sebaiknya gunakan hitungan usia mesin seperti periode waktu, sebulan atau satu setengah bulan sekali. 

Nah untuk melakukan pergantian oli mesin ada baiknya menggunakan jasa mekanik handal dan memiliki jaminan kinerja berkualitas. Salah satunya datang saja ke bengkel motor Mr Montir di Jalan Pemuda Nomor 20, Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. 

Atau follow official Instagram @mr.montir_sukabumi20 untuk mendapatkan beberapa tips perawatan motor. “Tak hanya melayani servis saja, Mr. Montir pun melayani ganti suka cadang atau spare part. Suku cadang yang dibutuhkan kosumen tersedia di Mr. Montir,” pungkas Herlan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life23 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan: Ujian, Rezeki, Pekerjaan Insya Allah Lancar

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan.
Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan. | Foto : Pixabay
Sukabumi23 April 2024, 17:56 WIB

Bahas Persepsi Indikator Korupsi dengan KPK, Wabup Sukabumi: Kejar MCP 2024

Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2023 dengan KPK RI secara Virtual di Pendopo SUkabumi, Selasa 24 April 2024
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengikuti acara Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II, Diseminasi Pedoman Monitoring Centre for Prevention (MCP) Tahun 2024 (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)
Keuangan23 April 2024, 17:56 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Terus Dorong Perusahaan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi terus mendorong perusahaan meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya dengan mengingatkan perusahaan mengenai pentingnya mematuhi tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi saat melakukan kegiatan sosialisasi kepatuhan tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan | Foto : Ist
Life23 April 2024, 17:30 WIB

Tidak Menghormati Batasan! 10 Sikap yang Membuatmu Tidak Disukai Orang Lain

Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah. (Sumber : Freepik.com/@ user15285612)
Musik23 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift

Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift bercerita tentang kisah sudut pandang seseorang tentang hubungan percintaannya dengan pasangannya meski mereka kerap sekali membuat masalah hingga bertengkar.
Cover Klip Lagu The Tortured Poets Departement Taylor Swift. Sumber: Youtube.com/@Taylor Swift
Sukabumi23 April 2024, 16:56 WIB

Rumah Jebol Terkena Luapan Drainase, Sekeluarga di Nagrak Sukabumi Mengungsi

Peristiwa rumah warga Nagrak Sukabumi jebol akibat terkena luapan drainase ini terjadi pada Senin 22 April 2024 malam.
Kondisi rumah warga Nagrak Sukabumi yang jebol akibat luapan drainase. (Sumber : P2BK Nagrak)
Life23 April 2024, 16:30 WIB

7 Cara Komunikasi yang Baik dengan Pasangan Agar Tidak Mudah Salah Paham

Artikel ini akan membahas beberapa tips praktis untuk meningkatkan komunikasi dengan pasangan. Dengan menerapkan strategi ini, Anda dapat menciptakan hubungan yang lebih erat dan saling mendukung dengan pasangan.
Ilustrasi. Pasangan sedang mengobrol sambil traveling. Sumber Foto : Pixabay/justmrd77
Internasional23 April 2024, 16:00 WIB

Apakah Ada Indonesia? Daftar 10 Negara yang Paling Tidak Aman di Dunia

Di dunia ini ada beberapa negara yang tidak aman untuk dikunjungi.
Ilustrasi - Di dunia ini ada beberapa negara yang tidak aman untuk dikunjungi. (Sumber : Freepik.com).
Life23 April 2024, 15:30 WIB

Wajib Catat! Ini 5 Penyebab Pasangan Tidak Menghargaimu

Artikel ini akan membahas beberapa penyebab umum mengapa seseorang merasa tidak dihargai oleh pasangannya, dari kurangnya komunikasi yang efektif hingga ketidaksesuaian harapan.
Ilustrasi. Pasangan. Sumber Foto : Pixabay/justmrd77
Keuangan23 April 2024, 15:14 WIB

Cara Mudah Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, Bisa Offline atau Online

Peserta dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan untuk JHT yang sudah dibayarkan.
Tampilan aplikasi JMO BPJS Ketenagakerjaan. | Foto: Istimewa