Menu

27 Nov 2019, 11:45 WIB

Mr Montir Sukabumi Ajari Cara Deteksi Waktunya Ganti Oli Motor

Mengganti oli motor menjadi keharusan untuk memastikan alat transportasi yang anda miliki berumur panjang. | Sumber Foto:ISTIMEWA (mr montir sukabumi)

SUKABUMIUPATE.com – Pergantian oli untuk motor, baik manual ataupun matic perlu dilakukan berkala. Salah satu tujuannya agar mesin motor tetap terjaga dan bisa bekerja dengan baik. 

Mr Montir sebagai salah satu bengkel kekinian di Sukabumi memberikan sejumlah tips bagi para bikers soal oli mesin motor dan kapan waktu yang tepat untuk menggantinya. Oli berperan sebagai pelumas utama di dalam mesin, kinerja serta daya tahan dipengaruhi oleh panas dan kerak yang muncul akibat pembakaran. 

“Oli berfungsi menyebarkan panas ke seluruh bagian mesin. Disini kita ketemu alasan kenapa harus mengganti oli motor di waktu yang tepat, karena resikonya jika terlambat akan merusak mesin,” jelas Herlan Adi Darmawan kepala mekanik Mr Montir Sukabumi.

Pertama yang harus dilihat adalah warna dan tingkat kekentalan oli.  Biasanya oli mesin baru akan berwarna cokelat, biru atau warna lainnya dengan konsistensi yang pekat namun tidak berwarna hitam. Oli akan berubah warna saat terkena panas dan kerak akibat pembakaran. 

“Jika sudah berwarna hitam pekat itu tandanya oli sudah terkontaminasi residu bekas pembakaran. Sebaiknya, anda harus cepat menggantinya karena daya lumas oli akan menurun jika terus dibiarkan dan mesin akan cepat aus,” sambung Herlan  kepada sukabumiupdate.com, Selasa (26/11/2019).

Selanjutnya memeriksa kapasitas oli dalam mesin. Motor dengan kapasitas mesin 150 cc biasa menggunakan oli bervolume di bawah 1 liter. Volume oli akan berkurang tergantung frekwensi pemakaian mesin. 

“Jika volume oli terlihat kurang dari batas, cepat periksa apakah ada rembesan bocor oli, jika terdeteksi langsung ganti oli,” sambung Herlan.

Oli yang sudah haus atau kualitasnya menurun akibat perputaran mesin, daya hantar panasnya semakin berkurang. Inil menimbulkan penyebaran panas pada mesin yang tidak merata, dan dapat dideteksi hawa panas dari area mesin pada kaki anda.

Ciri lainnya adalah suara mesin yang kasar. Kualitas oli makin turun mengakibatkan menurunnya daya lumas terhadap gear transmisi. Menimbulkan bunyi kasar saat pengoperan gigi atau saat putaran mesin dipecut dengan tarikan gas. 

“Umumnya oli motor harus diganti setelah pemakaian 3.000 sampai 5.000 kilometer. Jadi, ketika motor sudah mencapai patokan ini wajib ganti oli. Jika oli tidak diganti menimbulkan permasalahan mesin dalam jangka waktu tertentu,” ungkap Herlan lebih jauh. 

Ia juga memberikan penghitungan kilometer harian untuk menjadi patokan kapan oli motor harus diganti. Pemakaian 20-50 kilometer lebih dalam sehari sebaiknya mengganti oli dalam waktu 45 hari atau satu setengah bulan. 

“Jika jarak tempuh di atas 50 kilometer pehari, sebaiknya ganti oli motor sebulan sekali,” lanjutnya.

BACA JUGA: Mr. Montir Hadir di Sukabumi, Siap-siap Servis Motor dapat Seabrek Promo

Mr Montri Sukabumi menyiapkan beragam oli sesuai dengan kebutuhan motor anda

Patokan kilometer berlaku untuk kendaraan yang beroperasi di wilayah yang tidak banyak kemacetan lalu lintas. Namun jika di kota yang macetnya luar biasa, maka sebaiknya gunakan hitungan usia mesin seperti periode waktu, sebulan atau satu setengah bulan sekali. 

Nah untuk melakukan pergantian oli mesin ada baiknya menggunakan jasa mekanik handal dan memiliki jaminan kinerja berkualitas. Salah satunya datang saja ke bengkel motor Mr Montir di Jalan Pemuda Nomor 20, Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. 

Atau follow official Instagram @mr.montir_sukabumi20 untuk mendapatkan beberapa tips perawatan motor. “Tak hanya melayani servis saja, Mr. Montir pun melayani ganti suka cadang atau spare part. Suku cadang yang dibutuhkan kosumen tersedia di Mr. Montir,” pungkas Herlan.

 

Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Media sosial tengah ramai dengan isu kalung yang diklaim sebagai antivirus, termasuk virus corona. Sebelumnya, Kementerian Pertanian menyatakan bakal menggandeng PT Eagle Indo Pharma untuk pengembangan dan...

SUKABUMIUPDATE.com - Valtteri Bottas secara sempurna mentransformasikan pole position di GP Austria yang penuh drama menjadi kemenangan pertamanya di F1 musim ini. Mengutip Suara.com, Bottas mendominasi balapan sepanjang 71 lap...

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa negara telah menerapkan new normal atau pembebasan aturan pembatasan sosial, mekipun pandemi virus corona Covid-19 belum usai. Melansir Suara.com, semua orang pun tetap disarankan menjalani protokol kesehatan,...

SUKABUMIUPDATE.com - Berita bola pada Ahad, 5 Juli 2020, menampilkan rumor terbaru soal perburuan pemain di bursa transfer sepak bola Eropa. Mengutip Tempo.co, ada kabar soal Real Madrid, Bayern Munchen,...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya