Menu

21 Nov 2019, 01:00 WIB

Perlu Tahu, Ragam Tips Sederhana Merawat Kampas Kopling Motor Supaya Awet

Rumah Kopling Sepeda Motor. | Sumber Foto:(Facebook)

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi pemotor dengan kopling manual, kampas kopling adalah komponen vital yang harus dirawat dengan benar. Karena banyak terjadi kampas kopling yang gosong dan cepat aus karena pemakaian dan perawatan yang kurang baik.

Seorang warganet pemilik Honda Tiger lansiran tahun 2008 menceritakan pengalamannya ketika kampas kopling di sepeda motornya gosong.

"Mau tanya agar kampas kopling tidak mudah gosong atau terbakar solusinya gimana, ya? Baru ganti satu bulan udah gosong aja," kata Bryan.

Salah satu penyebab kenapa kampas kopling cepat gosong alias pendek umurnya adalah kebiasaan menarik tuas kopling setengah.

Jika terlalu sering menarik setengah tuas kopling, berimbas pada kemampuan kampas kopling itu sendiri.

Sering terjadi sepeda motor kehabisan kampas kopling karena sering menggantung alias menarik setengah tuas kopling.

Warganet bernama Teguh memprediksi penyebab kampas kopling gosong "Rumah kopling aus, oli terlalu encer, pemakaian kurang pas dan sering setengah kopling, karena rumah kopling oblak,"

"Per kopling dikerasin aja, yang bikin gosong tuh karena kebanyakan selip, yang bikin selip itu per udah lembek jadi kurang neken. Sama jangan lupa kasih oli yang agak mahal wkwk," ujar Pepen.

Beberapa warganet juga menyarankan untuk melubangi rumah kopling agar oli bisa mengalir dan membasuh kampas kopling.

"Rumah kopling dilubangin aja, mbah. Bisa dibor atau dibubut. Biar oli masuk kena kopling jadi lebih tahan lama," jelas Guscer.

Sedangkan Dony mengatakan "Sebelum pasang kampas kopling direndam dulu supaya nggak selip dan nggak gampang gosong."

Sumber: Suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengingatkan kepala daerah yang akan menjadi petahana atau maju kembali pada Pilkada 2020 tidak menyalahgunakan bantuan sosial (Bansos) untuk kepentingan...

SUKABUMIUPDATE.com - Warga di Desa Mekarmukti, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi saat ini tengah giat melakukan budi daya tanaman yang bernama sorgum karena nilai manfaatnya. Sorgum dilirik warga Mekarmukti karena...

SUKABUMIUPDATE.com - Perusahaan umum daerah (Perumda) Air Minum Tirta Jaya Mandiri (AM TJM) Cabang Sagaranten - Purabaya, Kabupaten Sukabumi, melakukan pemasangan sambungan instalasi pipa baru, untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)....

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Doni Monardo mengatakan masih banyak masyarakat Indonesia yang masih menganggap pandemi Covid-19 merupakan bagian dari konspirasi. Dilansir dari tempo.co, karena itu, ia...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya