Menu

15 Nov 2019, 04:00 WIB

Semakin Canggih, Kunci Mobil Siap Gunakan Sistem NFC

Teknologi IT pada peranti otomotif, termasuk penerapan Near Field Communication (NFC). | Sumber Foto:Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

SUKABUMIUPDATE.com - Teknologi terus berkembang, demikian pula yang terjadi di dunia otomotif. Selain makin maraknya produksi dan purwarupa Kendaraan Bermotor Listrik atau KBL, fitur kekinian terus disematkan. Tak terkecuali soal kunci mobil.

Lupakan peranti bantu membuka dan menutup mobil berbentuk konvensional, karena banyak pabrikan yang telah menerapkan sistem smart keyless sebagai pengganti.

Dan seperti dikutip dari Carscoops, di masa mendatang, teknologi kunci mobil digital dipastikan akan semakin canggih setelah Car Connectivity Consortium mengumumkan telah merampungkan standarisasi dari generasi terbaru teknologi kunci mobil.

Kunci digital terbaru disebutkan bakal mengandalkan teknologi Near Field Communication (NFC). Sedangkan chip yang digunakan diklaim akan lebih aman karena terpisah dari sistem operasi smartphone.

Penggunaan chip terpisah ini juga dinilai lebih menguntungkan. Pasalnya pengguna bisa tetap mengaktifkan mobil walaupun baterai smartphone dalam keadaan habis.

Teknologi yang disebut sebagai Digital Key Release 2.0 itu akan merampungkan perancangan spesifikasinya akhir 2019, dengan menggunakan arsitektur terukur sehingga bisa digunakan secara luas. Sekaligus dipastikan bakal membuat banyak pabrikan mobil akan segera beralih mengadopsi teknologinya.

Maklum saja, Car Connectivity Consortium tadi memiliki lebih dari 100 anggota yang terdiri dari produsen otomotif besar. Nama-nama seperti BMW, Honda, Merecedes, GM, Honda, Vkaswagen, dan Toyota termasuk di dalamnya.

Selain menaungi produsen otomotif, konsorsium sama juga memiliki anggota dari perusahaan teknologi seperti, Apple, Google, HTC, Samsung, Qualcomm, LG, dan Panasonic.

Konsorsium ini juga tengah bekerja untuk merampungkan Digital Key Release 3.0 yang menggunakan teknologi lebih canggih seperti Bluetooth Low Energy dan Ultra-Wideband.

SUMBER : Suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Instagram baru saja menggulirkan fitur baru bernama "Pinned Comments" alias penanda komentar. Menurut laporan Engadget, Kamis (9/7/2020), fitur terbaru Instagram ini memungkinkan pengguna aplikasi untuk menandai komentar-komentar...

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi kamu yang masih menunggak listrik, siap-siap kena denda.  Melansir Suara.com, biaya keterlambatan pembayaran rekening listrik atau denda ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah kajian menunjukkan bahwa penetapan kawasan-kawasan lindung yang dilakukan lebih banyak dari yang ada saat ini akan memberi manfaat secara finansial dan ekonomi secara global. Keuntungannya melampaui...

SUKABUMIUPDATE.com - Sekelompok orang yang diduga geng motor tega membacok pasangan suami istri (Pasutri) di Kampung Cipulus, Desa Neglasari, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Kamis (9/7/2020) malam. Informasi yang dihimpun, peristiwa...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya