Chevrolet Jambrong Ini Ditawar Setengah Miliar Tapi Tak Dilepas

Sabtu 11 Mei 2019, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah mobil tua jenis yang kondisinya dipenuhi karat hampir di seluruh bodinya mencuri perhatian kala terparkir di bengkel spesialis Holden, Omah Ijo Auto Work Yogya. Mobil dengan tampang lebar di moncong depannya itu merupakan lansiran Chevrolet tahun 1941 yang menjadi pikap bersejarah pertama yang pernah menjadi angkutan barang di Pulau Jawa kurun waktu 1940-1950an.

Pikap bongsor asal Amerika itu populer dengan nama Chevrolet Jambrong. Ada dua Jambrong di bengkel yang didirikan sesepuh komunitas Holdendiningrat Denny Ardiyan alias Abenk itu.

Satu Jambrong terparkir rapi di depan dan satu lagi terlihat nangkring di bagian teratas tumpukan mobil garapan bengkel itu yang tingginya hampir sama dengan pohon.

Jambrong merupakan satu seri terlangka rilisan Chevrolet yang tak main-main harganya sekarang karena sudah sangat jarang yang memiliki.

“Saya dapat dua Jambrong ini dari Kupang, masih bentuk bahan semua, hanya bodinya, tapi yang satu sudah selesai dibangun tinggal ngecat saja,” ujar Abenk ditemui Tempo Rabu 8 Mei 2019.

Mobil yang mengusung mesin enam silinder itu menurut Abenk saat mendapatkannya di Kupang dua tahun silam harganya Rp 250 juta. Dengan harga setara Honda Jazz terbaru itu, Abenk pun mendapatkan dua bodi Jambrong tua itu untuk ia bawa ke Yogya.

Sesampai di Yogya, Jambrong itu mulai ia bangun ulang. Mulai dari memberinya mesin V6, sasis, dan melengkapi segala pernak perniknya sampai lengkap dan bisa jalan normal. Misalnya sasis dan mesin enam silinder dari pabrikan Crown.

“Tinggal pasang bak dan cat ulang, tapi mobil ini sudah bisa jalan normal,” ujarnya.

Abenk menuturkan sudah mulai banyak yang membuat tiruan body Jambrong ini karena factor kelangkaannya. Di Yogyakarta, ujar Abenk, belum tentu ada yang memiliki unit itu.

Catatan Tempo, Jambrong ini sempat muncul di ajang Jogja Kustomfest 2018 dan Hotrodingrat 2018 silam. Namun pemiliknya berasal dari Surabaya dan Bandung.  

Saat Abenk ditanya apakah Jambrong itu akan ia lepas jika ada yang memberinya harga Rp 500 juta, ia langsung menggelengkan kepala tanda tak akan melepasnya.

“Saya kasih senyum saja hehe,” ujarnya.

Selain fokus menggarap Holden, Abenk menuturkan juga kerap menerima custom chvrolet dan ikut berburu seri langka untuk dibangun ulang. Salah satu garapan Chevrolet yang juga mencuri perhatian seperti Bel Air 1955 yang di-kustom dua pintu serta meraih penghargaan Best Hot Rod ajang Jogja Kustomfest 2018 lalu. Bel Air Abenk itu sendiri telah laku di atas Rp 300 juta.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi25 April 2024, 17:33 WIB

Aksi Protes di PT GSI Bubar, Kades Bojongraharja Beri Jaminan Soal Pungli Tenaga Kerja

Kepala Desa Bojongraharja, Henhen Suhendar mengatakan, warga yang melakukan aksi demonstrasi ini, lantaran mereka merasa kecewa dengan pihak perusahaan.
Kades Bojongraharja, Henhen Suhendar usai menemui warga yang protes pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)
Sehat25 April 2024, 17:30 WIB

Apakah Kopi Aman Dikonsumsi Setiap Hari? Ini Penjelasannya!

Dengan memahami secara mendalam manfaat dan risiko yang terkait dengan konsumsi kopi, pembaca dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang pola konsumsi kopi mereka dan menjaga kesehatan mereka tetap optimal.
Ilustrasi. Kopi. Sumber : pixabay/buavit66
Sukabumi25 April 2024, 17:24 WIB

Hadapi Polemik PT GSI Vs Warga. Disnakertrans Sukabumi Kembali Tak Hadir

Koordinator Aksi Dede Raka menyebut hingga saat ini belum melihat pergerakan dari Disnaker sehingga memaksa warga untuk berjuang sendiri.
Warga protes pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar (Sumber: su/awal)
Sukabumi25 April 2024, 17:17 WIB

Protes Pungli Tenaga Kerja, Warga Blokade Jalan Pelabuhan II i Depan GSI Cikembar

kali ini warga melakukan aksi blokade ruas Jalan Provinsi, tepatnya di depan bundaran pintu masuk PT GSI Cikembar, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)
Sukabumi25 April 2024, 17:10 WIB

Isu Pungli Di PT GSI Sukabumi Merebak, Seret Sejumlah Petinggi Perusahaan

Aksi demonstrasi dilakukan ratusan warga yang tergabung dalam Gerakan Bojongraharja Memanggil (GBM) buntut dugaan pungli hingga menyeret sejumlah petinggi perusahaan.
Aksi warga protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar Sukabumi (Sumber: su/awal)
Musik25 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Sampai ke Bintang Asmidar: Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi

"Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi". Lagu Sampai ke Bintang Asmidar yang kini viral yakni digunakan sebagai backsound video galau dan sedih di aplikasi TikTok hingga Instagram.
Lirik Lagu Sampai ke Bintang Asmidar: Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi (Sumber : YouTube/Asmidar)
Life25 April 2024, 16:30 WIB

9 Cara Agar Tidak Mudah Bosan Saat di Rumah, Ini yang Harus Dikerjakan

Artikel ini akan membahas berbagai ide untuk membantu Anda mengatasi kebosanan dan menemukan kegiatan yang menyenangkan.
Ilustrasi. Bermain dengan keluarga di rumah untuk mencegah rasa bosan. Sumber : pixabay/kloow99
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 16:15 WIB

Anggota DPRD Paoji: Koalisi PDIP-PKS di Pilkada 2024 Sukabumi Bisa Jadi Kenyataan

Desk Pilkada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan sejumlah elit partai melakukan kunjungan ke kantor DPD PKS dalam rangka membangun komunikasi politik menjelang perehelatan Pilkada 2024.
Kunjungan Desk Pilkada PDIP ke Markas DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/4/2024) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 16:00 WIB

Persib Bandung vs Borneo FC di Liga 1 2023/2024: H2H, Susunan Pemain dan Prediksi Skor

Persib Bandung vs Borneo FC di Liga 1 2023/2024, akan tersaji malam ini mulai pukul 19.00 WIB.
Persib Bandung vs Borneo FC di Liga 1 2023/2024, akan tersaji malam ini mulai pukul 19.00 WIB. (Sumber : X/@persib/@BorneoSMR).
Life25 April 2024, 15:30 WIB

10 Cara Agar Dipercaya Oleh Orang Lain, Ini yang Harus Dilakukan

Kini, interaksi manusia semakin kompleks dan teknologi terus berkembang, maka memiliki reputasi sebagai individu yang dapat diandalkan dan dipercaya menjadi semakin penting.
Ilustrasi. Orang yang sedang berkumpul tidak gaduh dan saling percaya. Sumber : pixabay/anne00