7 Fitur di Mobil Ini Akan Digantikan di Masa Depan

Rabu 17 Oktober 2018, 00:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Perkembangan teknologi membuat produsen mobil mengadopsi fitur baru guna menggantikan fitur lama, misalnya sistem pengereman elektronik hingga penggunaan kunci atau keyless. Pengguna mobil yang terbiasa mengoleksi kepingan CD musik, kemudian diputar pada sistem audio sebagai teman kala mengemudi pun harus beradaptasi dengan sistem hiburan yang lebih canggih, seperti Bluetooth.

Hadirnya teknologi baru tersebut membuat fitur-fitur lama perlahan sulit ditemukan pada mobil baru. Berikut beberapa di antaranya dilansir dari berbagai sumber:

Anak kunci digantikan Keyless dengan penggunaan remot. Dilansir USA Today, Senin 15 Oktober 2018, sistem anak kunci pada 2008 masih digunakan oleh 89 persen produsen mobil baru. Namun saat ini tinggal 38 persen mobil baru yang masih menggunakan kunci model seperti itu.

Anak kunci digantikan teknologi Keyless yang membuat pengemudi hanya perlu mengantongi kunci kemudian menyalakan mobil dengan menggunakan tombol. Kendari demikian, menurut New York Times, sistem ini memiliki kelemahan yakni pengemudi lupa mematikan mobil yang mengakibatkan 24 kasus keracunan karbon monoksida di Amerika Serikat.

Mesin idle digantikan teknologi start-stop. Pengguna mobil saat ini masih terbiasa dengan kondisi mesin idle atau langsam -- mesin berputar antara 600-700 rpm (tergantung jenis kendaraan) -- saat kendaraan berhenti berjalan.

Namun, beberapa pabrikan sudah menggunakan teknologi start-stop yang otomatis mematikan mesin saat berhenti, misalnya di lampu merah, guna efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi. Melalui sistem start-stop, mesin akan berputar otomatis saat Anda menekan pedal gas atau melepas rem dengan rentang waktu kurang dari satu detik.

Kemudian mesin mobil sebagian besar akan dicangkokkan turbocharged. Saat ini beberapa kendaraan berkapasitas 1.500cc sudah menggunakan turbocharger. Fitur ini selain mengurangi kapasitas mesin, juga mampu menaikkan tenaga dan hemat bahan bakar. Penggunaan turbo itu membuat pamor mesin "Naturally Aspirated" kian memudar karena dianggap lebih boros meski mampu menghasilkan tenaga yang besar.

Penggunaan lampu bohlam akan digantikan LED. Saat ini mobil-mobil baru tampil dengan pencahayaan yang optimal menggunakan lampu Xenon maupun LED. Lampu berwarna putih ini dinilai lebih terang dan lebih terlihat saat siang hari.

Munculnya LED menggeser fungsi lampu bohlam halogen yang begitu dominan dalam beberapa dekade. Penggunaan lampu halogen menurun 27 persen dalam 10 tahun terakhir, menurut USA Today.

Inflator ban menggantikan ban serep. Apabila Anda membeli mobil baru di Eropa dan Amerika terutama untik jenis hybrid atau listrik, jangan heran jika tidak menemukan ban serep. Sejumlah pabrikan mengganti ban serep dengan "tire inflator kit" karena menghemat ruang bagasi dan bobot total kendaraan.

Kendati 45 persen kendaraan di Amerika masih memboyong ban serep berukuran kecil, namun sebagian pabrikan lainnya sudah menggunakan ban berjenis "run-flat" yang bisa melaju maksimal 80km/jam meski dalam keadaan kempes.

Instrumen analog meter digantikan panel digital. Fitur-fitur analog pada dashboard mobil antara lain RPM, speedometers, hingga indikator bahan bakar, secara perlahan sudah digantikan model digital.

Rem tangan manual digantikan rem elektronik dengan penggunaan tombol khusus. Berdasarkan penelitian marketplace otomotif CarGurus terhadap 32 pabrikan, ditemukan hanya 37 persen mobil baru di Inggris yang masih memakai rem tangan manual.

Sejumlah kalangan menilai kinerja rem elektrik lebih baik karena hanya menggunakan saklar yang menggerakkan sepasang motor kecil guna menarik rem belakang. Sedangkan pada rem tangan konvensional, pengemudi harus mengeluarkan tenaga untuk menarik tuas.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 22:03 WIB

7 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Tubuh, Picu Diabetes dan Obesitas!

Penting dalam hidup mengetahui bahaya keseringan bergadang. Sebab, hal itu bisa menimbulkan masalah pada kesehatan tubuh lama kelamaan.
Ilustrasi. Bahaya begadang bagi kesehatan tubuh. (Sumber foto : Pexels/cottonbro pro)
Life29 Maret 2024, 21:21 WIB

6 Kebiasaan yang Membuat Anda Selalu Spesial dan Menarik di Mata Orang Lain

Terdapat kebiasaan keseharian yang bila diterapkan akan membaut anda dianggap pribadi yang menyenangkan dan menarik oleh orang lain.
Ilustrasi kebiasaan yang membuat spesial dan menarik. (Sumber foto : Pexels/Sora Shimazaki)
Sehat29 Maret 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung Naik, Alami Tanpa Obat-obatan

Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik.
Ilustrasi Lemon Balm - Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Kecantikan29 Maret 2024, 20:51 WIB

Agar Tampil Makin Cantik, Ini 7 Item yang Wajib Dipakai Perempuan

Dalam dunia mode dan gaya, aksesori tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam menambahkan dimensi dan pesona pada penampilan seseorang.
Ilustrasi item yang dipakai perempuan agar semakin cantik. (Sumber : Pixabay)
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)