Menu

Kamis, 11 Oktober 2018, 11:00 WIB

Tip Merawat Motor Matik Lawas agar Tetap Prima Dipakai Harian

Aktivitas siswa SMKN 4 Kota Sukabumi saat melakukan servis sepeda motor milik konsumen. | Sumber Foto:Fadillah

SUKABUMIUPDATE.com - Sepeda motor matik yang dipakai harian melintasi macetnya daerah perkotaan tentu butuh perawatan yang baik agar mesinnya tetap prima. Terlebih lagi umur motor matik yang dipakai sudah lima tahun ke atas.  Lalu bagaimana melakukan pola perawatan yang baik agar motor matik yang sudah berumur tetap ngacir di jalanan?

Kepala Mekanik Takutic Motor, Pardiman mengatakan, agar motor matik tetap prima yang perlu diperhatikan adalah penggantian minyak pelumas atau oli. Ia menyarankan ganti minyak pelumas setiap 2.000 kilometer, oli gardan per 6.000 kilometer, dan untuk filter udara ganti setiap 10.000 kilometer hingga 14.000 kilometer.

Untuk servis CVT, lanjut dia, disarankan setiap 6.000 kilometer. “Untuk tune up kalau tarikan masih enak cukup ganti oli saja,” katanya di bengkel Takutic Motor Selasa, 10 Oktober 2018.

Kemudian menurut Pardiman usahakan motor harus dalam keadaan selalu bersih. Agar debu-debu dan kotoran yang menempel hilang, sehingga sirkulasi udara bisa maksimal. Selain itu juga agar kinerja kaki-kaki seperti kaliper, as roda, dan rantai tidak terhambat.

Perhatikan juga tekanan angin dan cara berkendara karena bisa mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar. Ketika kondisi macet biarkan saja mesin motor langsam dan jangan gantung gas. Hal itu mempengaruhi boros bahan bakar dan parahnya kampas kopling cepat habis.

Jika motor matik yang pakai radiator, cek selalu kondisi air dan jangan sampai kehabisan.  “Untuk menghindari mesin yang mudah panas dan mencegah terjadinya overheat, kuras radiator supaya bersih dan kinerjanya maksimal,” katanya.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERKAIT

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah tweet yang dikirim, Jumat, 26 Oktober 2018, dari akun Twitter Gmail resmi mengatakan bahwa platform email Google sekarang memiliki 1,5 miliar pengguna aktif. Jumlah itu naik 33 persen...

SUKABUMIUPDATE.com - Andrea Dovizioso menguasai sesi Kualifikasi MotoGP Jepang, Sabtu, 20 Oktober 2018. Pembalap Ducati itu berhak start terdepan (meraih pole position) diikuti Johann Zarco (Yamaha Tech3) dan Jack Miller (Pramac Ducati). Dalam sesi kualifikasi yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Vanderhall menghadirkan mobil beroda tiga dengan mesin baru. Produsen sepeda motor menganggap ini sebagai kendaraan yang lebih mewah karena fasilitas dengan harga mulai dari US$ 39.950. atau...

SUKABUMIUPDATE.com - Perkembangan teknologi membuat produsen mobil mengadopsi fitur baru guna menggantikan fitur lama, misalnya sistem pengereman elektronik hingga penggunaan kunci atau keyless. Pengguna mobil yang terbiasa mengoleksi kepingan...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya