//
Menu

12 Nov 2020, 22:00 WIB

Wikipedia Minta DPR Jangan Asal Kutip dalam RUU Larangan Minuman Beralkohol

Logo Wikipedia. | Sumber Foto: [Shutterstock]

SUKABUMIUPDATE.com - Wikipedia Indonesia meminta DPR untuk tidak asal kutip dalam penyusunan Naskah Akademik RUU Larangan Minuman Beralkohol yang di dalamnya menggunakan ensiklopedia populer online tersebut sebagai referensi.

Dilansir dari Suara.com, permintaan Wikipedia Indonesia itu disampaikan dalam sebuah percakapan di Twitter, Rabu (11/11/2020), saat warganet membahas soal Naskah Akademik RUU Larangan Minuman Beralkohol yang mengambil referensi dari Wikipedia dan blog publik.

"Jangan sembarangan menggunakan Wikipedia," tulis Wikipedia Indonesia di akun Twitter-nya.

Wikipedia Indonesia menanggapi unggahan sejarahwan Sam Ardi di Twitter, yang mengkritik Naskah Akademik RUU Larangan Minuman Beralkohol yang menggunakan referensi dari Wikipedia.

Dalam daftar pustaka memang terlihat dokumen tersebut menggunakan informasi dari Wikipedia terkait Ethanol. Sementara alamat Wordpress yang dicantumkan sudah tak bisa diakses.

Unggahan Sam Ardi itu, hingga Kamis sore, sudah di-retweet sebanyak hampir 1000 kali, dikomentari lebih dari 950 kali, dan disukai oleh lebih dari 2.100 akun Twitter lainnya.

Para pengguna Twitter rata-rata mengkritik soal pemilihan sumber pustaka dari Wikipedia, yang justru pantang digunakan dalam pembuatan karya ilmiah. Sebagai ensiklopedia online, Wikipedia diisi dan hanya diawasi oleh komunitasnya sendiri di seluruh dunia. Karenanya tidak ada standar ilmiah yang ketat.

"Bukan Artikel Wikipedia yang kamu jadikan sumber/rujukan tugasmu, melainkan adalah catatan kami/referensi yang ada di artikel Wikipedia," beber Wikipedia Indonesia.

"Wikipedia adalah wadah untuk mengumpulkan berbagai macam pengetahuan agar masyarakat luas bisa mengaksesnya dengan mudah. Kesimpulannya: jangan ambil wadahnya, melainkan ambil isinya (baca: referensi) untuk tugas yang kamu kerjakan," tutup Wikipedia.

Sumber: Suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak jenis makanan yang tidak sehat dan orang tidak bisa menahan diri untuk tidak memilikinya. Ini terjadi karena kecanduan makanan. Dilansir dari Tempo.co, ini terutama terjadi pada...

SUKABUMIUPDATE.com - Tinggal serumah dengan orang yang positif Covid-19 bisa membuat khawatir dan stres. Meskipun penting untuk merawat yang sakit, orang juga perlu menjaga kesehatan sendiri karena mungkin saja...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan asrama haji akan menjadi tempat untuk karantina jemaah umrah sebelum berangkat. Ia menyebut lamanya karantina maksimal tiga hari. "Karena memang kita sudah sepakat...

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Jokowi menerbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) nomor 22 tahun 2020 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya