Menu

24 Jan 2019, 15:13 WIB

Ilmuwan Tangkap Gambar Meteorit Tabrak Bulan Saat Supermoon

Gambar meteorit menabrak bulan saat supermoon. | Sumber Foto:Jose M. Madiedo/MIDAS

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang astrofisikawan Spanyol menangkap gambar meteorit yang menabrak bulan dengan kamera ketika terjadi fenomena supermoon pada Senin, 21 Januari 2019, sebagaimana dilansir laman Gizmodo, Rabu, 22 Januari 2019.

Ketika Jose Maria Madiedo dari Universitas Huelva di Spanyol mengamati gerhana, dia memperhatikan kilatan kecil di bulan. Banyak astronom berspekulasi apa yang terjadi, tapi Madiedo dengan cepat mengkonfirmasi bahwa itu memang meteorit yang menabrak bulan.

"Sebuah batu menabrak bulan selama gerhana total," tulis Madiedo, Selasa pagi, 22 Januari 2019, seperti dilansir laman ABC News sehari kemudian. Tweet-nya menunjukkan tautan YouTube yang menampilkan dampak tabrakan di bagian kiri atas bulan.

Madiedo mengamati kilatan meteorit melalui Sistem Deteksi dan Analisis Dampak Bulan Spanyol (MIDAS), yang dijalankan oleh Universitas Huelva dan Lembaga Astrofisika Andalucia. MIDAS menggunakan data dari beberapa observatorium astronomi di seluruh negeri untuk melacak kilatan di permukaan bulan, dan mengumpulkan informasi tentang laju dampak bulan.

Pergerakan meteorit terjadi setiap saat, kata Madiedo, tapi tidak mudah untuk merekamnya, karena bulan harus dalam kondisi gelap sehingga kilatan putih terlihat, biasanya selama 10 hari di sekitar bulan baru. Menurutnya, ini merupakan pertama kali astrofisikawan dalam bidang penelitian mampu merekam kondisi bulan selama gerhana bulan.

"Kami menggunakan berbagai teleskop yang dibekali dengan kamera sensitivitas tinggi yang memantau permukaan bulan untuk mendeteksi peristiwa ini," tutur Madiedo.

Gerhana bulan berikutnya akan terjadi pada 16 Juli 2019, gerhana bulan parsial, yang akan terlihat dari Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Asia dan Australia. Adapun serangan meteorit lain, itu dapat terjadi kapan saja, tapi membutuhkan astronom ilmuwan untuk merilis video dan gambar.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Desa Bojongjengkol menanggapi permasalahan Rumah Tidak Layak Huni atau Rutilahu dan dugaan pemotongan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) milik janda di Kampung Segel RT...

SUKABUMIUPDATE.com - Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, melaporkan penambahan kasus Covid-19 atau pasien terkonfirmasi positif Corona sebanyak 1.671 orang pada hari ini, 11 Juli 2020. "Sehingga total...

Oleh: Milah Nurhasanah (Mahasiswa Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, Jurusan Menejemen) Setalah tiga bulan lamanya sosial distance karena adanya wabah Corona baru-baru ini pemerintah Indonesia telah menerapkan kebijakan baru untuk memberlakukan "new...

SUKABUMIUPDATE.com - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) Sudjarno mengatakan bahwa pihaknya terus menggodok persiapan Liga 2 musim 2020 di tengah pandemi COVID-19. "Persiapan terus dilakukan. Salah satu...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya