Menu

Senin, 16 Juli 2018, 07:52 WIB

Mulai Sekarang, Stop Capture Percakapan WhatsApp: Ini Bahayanya

Logo WhatsApp. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Tak sedikit orang yang suka melakukan capture (screen-capture) percakapan WhatsApp. Tentunya, dengan berbagai alasan. Salah satunya dijadikan sebagai bahan bercandaan.

Namun, mulai sekarang, sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk melakukan screen-capture percakapan di WhatsApp atas alasan apapun. Musababnya, karena hanya hal sepele tersebut, Anda bisa dijebloskan ke penjara karena digugat oleh korban.

Ya, tindakan pengambilan capture isi percakapan yang bersifat pribadi tanpa seizin nama yang tercantum dalam percakapan tersebut bisa kena hukuman. Itu tertuang dalam Pasal 26 ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Pasal tersebut berbunyi:

"Kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan, penggunaan setiap informasi melalui media elektronik yang menyangkut data pribadi seseorang harus dilakukan atas persetujuan orang yang bersangkutan." Kemudian ayat 2 pada pasal yang sama membolehkan siapa saja yang merasa diragukan atas tindakan tersebut bisa mengajukan gugatan.

Jadi, masih mau sembarangan melakukan capture percakapan tanpa izin orang yang bersangkutan?

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dari sebuah game, DreadOut, akan diadaptasi ke layar lebar oleh sutradara Kimo Stamboel. Pemain game bergenre horor buatan Digital Happiness yang berbasis di Bandung itu tersebar di penjuru bumi...

SUKABUMIUPDATE. com - Gempa tektonik bermagnitudo 4,7 mengguncang wilayah Garut selatan, Senin malam, 16 Juli 2018, pukul 20.39 WIB. BMKG menyatakan lindu dari Samudera Hindia itu tidak berpotensi tsunami. "Aman dari...

SUKABUMIUPDATE.com - Smartphone kian menjadi alat vital bagi setiap orang. Di kota-kota besar, seperti Jakarta, orang yang tidak punya smartphone tampaknya bisa dihitung jari. Namun ada kalanya kita lalai dan menyebabkan...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya