Menu

09 Jul 2018, 12:58 WIB

WhatsApp Uji Fitur Baru untuk Lawan Berita Palsu dan Spam

Aplikasi WhatsApp. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - WhatsApp dikabarkan telah menguji fitur baru yang disebut 'Suspicious Link Detection'. Fitur ini akan digunakan untuk melawan berita palsu dan spam, sebagaimana dilansir laman Fossbytes, 8 Juli 2018.

Fitur tersebut pertama ditemukan dalam WABetaInfo versi beta 2.18.204 WhatsApp untuk Android. Dengan fitur tersebut, nantinya aplikasi akan memberi tahu tentang tautan mencurigakan dengan melabelinya warna merah yang menunjukkan spam.

WABetaInfo menjelaskan bahwa fitur akan membantu mengidentifikasi tautan mencurigakan dengan mendeteksi secara otomatis apakah URL mengarah ke situs web palsu atau jahat dan memeriksa keasliannya. Jika pengguna memutuskan untuk membuka tautan, WhatsApp akan mengingatkan sifat situs web dan menegaskan kembali pengguna apakah ingin tetap melanjutkan.

Sebelumnya, pihak Whatsapp berjanji untuk merilis fitur baru setelah 29 orang tewas di India karena meluasnya sirkulasi berita palsu di platform perpesanan itu. Menurut laman The Indian Express, Kementerian IT setempat meminta WhatsApp untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengancam penyebaran berita palsu di platformnya.

WhatsApp belum membagikan detail apapun tentang fitur Pendeteksian Tautan Mencurigakan, namun sejak WAInfoBeta yang dikenal untuk melacak penambahan baru aplikasi, mengklaim akan menguji fitur baru, pengguna Android beta dapat mengharapkan peluncurannya dalam waktu dekat.

Saat ini, fitur sedang dikembangkan, dan nantiany bisa muncul dengan kemampuan untuk membiarkan pengguna melaporkan tautan yang mencurigakan secara manual. WABetaInfo juga mengklaim bahwa setiap kali WhatsApp akan menganalisis tautan, WhatsApp akan melakukannya secara lokal tanpa mengirim paket data apa pun ke servernya.

Sehingga privasi pesan pengguna akan tetap utuh. Namun, belum ada konfirmasi secara resmi dari pihak WhatsApp mengenai kapan fitur bisa digunakan.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Bakso Batok Kelapa menjadi sajian spesial di restoran Homara (Home of Samudra) Grand Inna Samudra Beach Hotel di Palabuhanratu Sukabumi. Menu tersebut merupakan inovasi dalam rangka peresmian...

SUKABUMIUPDATE.com - Polres Sukabumi melakukan rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka Operasi Lilin Lodaya 2019 di aula Mapolres Sukabumi, Jumat (13/12/2019). Operasi Lilin Lodaya ini dalam rangka pengamanan Natal...

SUKABUMIUPDATE.com - Suasana liburan yang menyenangkan jangan sampai membuatmu lengah akan keamanan. Pastikan semua barang berharga, seperti uang, ponsel, kartu kredit, kartu identitas, paspor, dan bawaan penting lainnya aman...

SUKABUMIUPDATE.com – Dua lembaga dari Amerika, ARC (American Red Cross) dan USAID (United State Agency for Internaional Development) memilih Kota Sukabumi sebagai pilot project program kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya