Ini Tips Awet Muda Menurut Sains, Caranya Sangat Mudah

Selasa 26 Juni 2018, 03:33 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Siapa yang tak mau terlihat awet muda? Tampaknya sebagian besar orang di dunia ini mau awet muda. Menurut studi dari tim peneliti gabungan dari Humboldt State University dan University of Colorado di Boulder, Amerika Serikat, kuncinya adalah jogging.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE tersebut mengungkap bahwa efisiensi metabolisme orang berumur di atas 60 tahun akan terlihat seperti remaja jika rutin melakukan kegiatan aerobik, khususnya berlari. Justus Ortega, pemimpin penelitian, mengatakan orang paruh baya yang rutin berlari juga akan terhindar dari penurunan efisiensi jalan karena penurunan kondisi fisik yang menua.

"Biaya metabolisme jalannya lebih rendah, mirip dengan orang umur 20-an," kata dia, yang juga pakar kinesiologi, seperti dikutip dari Science Daily.

Biaya metabolisme, yakni jumlah energi yang dibutuhkan untuk bergerak, secara natural akan meningkat seiring pertambahan usia. Biaya metabolisme yang tinggi menyebabkan jalan kaki lebih melelahkan dan sulit. "Penurunan kemampuan berjalan adalah indikator penurunan kesehatan pada orang lanjut usia," ujarnya.

Studi ini menyertakan orang berumur 65 tahun ke atas yang berolahraga dengan jalan kaki dan mereka yang joging selama 30 menit per hari, tiga kali seminggu. Dalam studi, peserta diminta berjalan di atas treadmill dengan tiga model kecepatan, yaitu 1,6 mil/jam (2,5 km/jam); 2,8 mil/jam (4,5 km/jam); dan 3,9 mil/jam (6,2 km/jam). Tujuannya, untuk mengukur produksi-konsumsi oksigen dan karbon dioksida mereka.

Secara keseluruhan, peneliti menemukan metabolisme pelari usia lanjut lebih efisien 7 sampai 10 persen dibanding orang tua yang memilih jalan kaki sebagai olahraga. "Tingkat efisiensinya mirip dengan anak muda berusia 20-an," kata Ortega.

Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti menduga hal itu ada kaitannya dengan mitokondria di dalam sel-organel tempat berlangsungnya proses respirasi pada makhluk hidup. Mereka yakin olahraga aktif dapat membuat mitokondria lebih sehat.

"Intinya, berlari membuat Anda lebih muda," kata Rodger Kram, pakar fisiologi dari University of Colorado. Ke depan, tim berencana meneliti kegiatan aerobik lainnya, seperti berenang dan bersepeda, untuk menghadang penurunan kondisi fisik akibat usia.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita