Menu

26 Jun 2018, 10:33 WIB

Ini Tips Awet Muda Menurut Sains, Caranya Sangat Mudah

Ilustrasi Jogging. | Sumber Foto:Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Siapa yang tak mau terlihat awet muda? Tampaknya sebagian besar orang di dunia ini mau awet muda. Menurut studi dari tim peneliti gabungan dari Humboldt State University dan University of Colorado di Boulder, Amerika Serikat, kuncinya adalah jogging.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE tersebut mengungkap bahwa efisiensi metabolisme orang berumur di atas 60 tahun akan terlihat seperti remaja jika rutin melakukan kegiatan aerobik, khususnya berlari. Justus Ortega, pemimpin penelitian, mengatakan orang paruh baya yang rutin berlari juga akan terhindar dari penurunan efisiensi jalan karena penurunan kondisi fisik yang menua.

"Biaya metabolisme jalannya lebih rendah, mirip dengan orang umur 20-an," kata dia, yang juga pakar kinesiologi, seperti dikutip dari Science Daily.

Biaya metabolisme, yakni jumlah energi yang dibutuhkan untuk bergerak, secara natural akan meningkat seiring pertambahan usia. Biaya metabolisme yang tinggi menyebabkan jalan kaki lebih melelahkan dan sulit. "Penurunan kemampuan berjalan adalah indikator penurunan kesehatan pada orang lanjut usia," ujarnya.

Studi ini menyertakan orang berumur 65 tahun ke atas yang berolahraga dengan jalan kaki dan mereka yang joging selama 30 menit per hari, tiga kali seminggu. Dalam studi, peserta diminta berjalan di atas treadmill dengan tiga model kecepatan, yaitu 1,6 mil/jam (2,5 km/jam); 2,8 mil/jam (4,5 km/jam); dan 3,9 mil/jam (6,2 km/jam). Tujuannya, untuk mengukur produksi-konsumsi oksigen dan karbon dioksida mereka.

Secara keseluruhan, peneliti menemukan metabolisme pelari usia lanjut lebih efisien 7 sampai 10 persen dibanding orang tua yang memilih jalan kaki sebagai olahraga. "Tingkat efisiensinya mirip dengan anak muda berusia 20-an," kata Ortega.

Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti menduga hal itu ada kaitannya dengan mitokondria di dalam sel-organel tempat berlangsungnya proses respirasi pada makhluk hidup. Mereka yakin olahraga aktif dapat membuat mitokondria lebih sehat.

"Intinya, berlari membuat Anda lebih muda," kata Rodger Kram, pakar fisiologi dari University of Colorado. Ke depan, tim berencana meneliti kegiatan aerobik lainnya, seperti berenang dan bersepeda, untuk menghadang penurunan kondisi fisik akibat usia.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PAN, Heri Antoni melangsungkan Reses III tahun 2020 di tiga lokasi berbeda, di Daerah Pemilihan (Dapil IV). Lokasi pertama di Kampung...

SUKABUMIUPDATE.com - Mandalika Racing Team Indonesia yang disiapkan untuk mewakili Tanah Air di ajang Moto2 tahun depan juga bakal merintis akademi pembalap untuk program pembinaan atlet balap sejak dini. "Dunia...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Rendy Rakasiwi melaksanakan reses ketiga tahun 2020 di Desa Ciparay, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi. Dalam resesnya Rendy...

SUKABUMIUPDATE.com - Platform media sosial Facebook memiliki standar komunitas yang ketat. Kendati ada kebebasan berbicara sebagai konsekuensi demokrasi. Standar komunitas ini juga menyeleksi berita-berita yang diunggah pengguna di Facebook. Melansir...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya