Shukor dan 7 Astronot Muslim Lain yang Menjelajah Antariksa

Selasa 22 Mei 2018, 08:08 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah video yang menggambarkan astronot muslim, Sheikh Muszapar Shukor salat di antariksa baru-baru ini telah viral. Video yang diunggah akun YouTube Islam Great Religion pada 22 Juni 2015 ramai dibagikan di media sosial Facebook dan sampai saat ini telah di tonton ribuan kali.

Shukor lahir 27 Juli 1972 di Kuala Lumpur, menjadi orang Malaysia pertama yang pergi ke antariksa. Dia dikirim ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS) pada 2007. Di angkasa luar dia mengembang misi riset selama 10 hari dan selama itu dia sempat merekam cara salat di antariksa.

Shukor diterbangkan dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan ke ISS di Soyuz TMA-11 dengan komandan Yury Malachenko (Rusia) dan Peggy Whitson (Amerika Serikat).

Selain Sheikh Muszapar Shukor, ada beberapa astronot muslim yang telah terbang ke angkasa luar dan melakukan berbagai misi.

1. Sultan bin Salman Al Saud

Pria yang lahir 27 Juni 1956 di Riyadh, Arab Saudi ini tercatat sebagai muslim pertama dan anggota kerajaan Arab pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa. Dia dipilih NASA sebagai spesialis muatan untuk misi pesawat ulang-alik STS-51G.

Dia menjalankan misi penyebaran satelit organisasi ARABSAT-1B termasuk melakukan serangkaian percobaan gas ter-ionisasi (sifat dari air dan minyak dalam gravitasi nol).

Berkat prestasinya tersebut dia mendapatkan banyak penghargaan terutama dari negara mayoritas berpenduduk muslim, seperti Pakistan, Kuwait, Bahrain, Maroko dan Suriah.

2. Muhammed Faris

Faris lahir 26 Mei di Aleppo, Suriah. Pilot Suriah dan perwira angkatan udara pertama yang pergi ke luar angkasa.

Faris di terbangkan bersama Viktorenko (Soviet) dan Aleksandr P. Aleksandrov (Soviet)  menggunakan pesawat Soyuz TM-3 pada 22 Juli 1987 untuk mengunjungi stasiun orbital Mir. Misinya adlaah riset di bidang obat ruang angkasa dan pengolahan bahan. Dia dianugerahi gelar pahlawan Uni Soviet dan menerima Ordo Lenin.

3. Musa Manarov

Musa lahir 22 Maret 1951 di Baku, Azerbaijan. Dia telah menghabiskan lebih dari 541 hari di ruang angkasa.

Manarov ke luar angkasa memulai misi pertama kalinya bersama Mir EO-3 pada 1987 dengan pesawat TM-4. Mir menjadi tempat tinggalnya selama setahun, dan itu menjadikan dia orang pertama yang menghabiskan satu tahun di ruang angkasa.

Pada tahun 1990 Manarov melakukan misi keduanya Soyuz TM-11 dan tinggal lagi di Mir untuk kedua kalinya. Selama 176 hari dia mengamati bumi dan bekerja di bidang manufaktur ruang angkasa. Dia telah melakukan 20 jam spacewalks.

4. Abdul Ahad Mohmand

Mohamad lahir 1 Januari 1959 di Sardah, Afghanistan. Menjadi pilot dan kosmonot warga Afghanistan pertama kali yang melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Mohmand diterbangkan menggunakan pesawat Soyuz TM-5 bersama komandan Vladmir Lyakhov (Soviet) dan dokter penelitian Valery Polyakov (Soviet) di stasiun luar angkasa Mir.

Dalam perjalanan itu sempat terjadi insiden yang membahayakan seluruh awak pesawat Soyuz TM-5. Saat itu Lyakhov gagal mendaratkan pesawat karena gangguan sinar matahari namun Mohmand membuat langkah cepat dengan membuang mesin roket agar bisa kembali ke Bumi. Mohmand dianugerahi Orde Lenin dan gelar pahlawan dari Uni Soviet.

5. Salizhan Shakirovich Sharipov

Sharipov, lahir 24 Agustus 1964 di Uzgen wilayah Oshsk, Kirgizstan. Sharipov menjabat sebagai Direktur Operasi, Badan Antariksa Rusia pada Oktober 2005 – Mei 2006 di Johnson Space Center, Houston.

Sharipov menjalani dua misi, yakni sebagai kru spesialis STS-89 (22-31 Januari 1998) dan misi docking ulang kedelapan Shuttle-Mir yang memindahkan lebih 8.000 pon peralatan ilmiah, perangkat keras dan air dari Space Shuttle Endeavour ke Mir.

6. Anousheh Ansari

Ansari lahir 12 September 1966 di Meshed, Iran. Perempuan kelahiran Iran yang pindah ke Amerika ini merupakan turis astronot pertama kali, sekaligus menjadi orang pertama di Iran dan perempuan muslim pertama yang pergi ke luar angkasa.

Ansari diterbangkan ke luar angkasa pada 18 September 2006 bersama komandan Mikhail Tyurin (Rusia) dan insinyur penerbangan Michael Lopez (Alegria-Amerika). Dia melakukan percobaan mengenai fisiologi manusia untuk Badan Antariksa Eropa

7. Aidyn Aimbetov

Aimbetov lahir 27 Juli 1972 di Zaria Kommunizma, Republic of Kazakhstan. Pada tanggal 22 Juni 2015 Aidyn Aimbetov diberi misi sebagai peserta penerbangan berdasar keputusan Komisi Antar Departemen “Interdepartemental Commission.”

Pada bulan Juli status Aimbetov berubah dari kru menjadi insinyur penerbangan 2, untuk bisa mengikuti kualifikasi dalam partisipasi sesi latihan ketahanan air di Rusia untuk misi pesawat ruang angkasa Soyuz TMA-18M.

Sumber: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita