Menu

Sabtu, 17 Maret 2018, 04:01 WIB

Vladimir Putin Umumkan Misi Rusia Meluncur ke Mars pada 2019

Presiden Vladimir Putin tandatangan pembelian 10 pesawat pengebom strategi TU-160M | Sumber Foto:Reuters

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan program luar angkasa Rusia untuk menjelajahi Mars akan dilakukan tahun 2019 dengan pesawat nirawak.

"Kami merencanakan peluncuran pesawat nirawak ke luar angkasa, sebagai bagian dari program bulan dan eksplorasi Mars. Setelah itu akan diawaki," ujar Putin dalam sebuah film dokumenter.

Berdasarkan laman Daily Mali, 15 Maret 2018, misi terdekat akan segera dilakukan pada tahun 2019, yaitu ke Mars. Sedangkan program eksplorasi bulan, kata Putin, untuk melihat daerah kutub di bulan.

Badan antariksa Rusia (Roscosmos) dan European Space Agency (ESA) telah bekerja sama dalam misi tersebut (ExoMars). Tujuan utamanya adalah untuk mencari tanda-tanda kehidupan mikroskopis di planet merah tersebut.

Awal dari misi tersebut, ExoMars Trace Gas Orbiter telah memasuki orbit sekitar Mars pada Oktober 2016 meskipun mendarat dengan tidak sempurna. Pengumuman tersebut disampaikan setelah badan antariksa Amerika (NASA) meluncurkan tawaran dana senilai US$ 2,1 miliar atau setara dengan Rp 27,3 triliun.

NASA juga mempunyai misi eksplorasi Mars pada tahun 2020 dengan menggunakan robot. Misi itu bertujuan untuk dapat membantu menjawab pertanyaan mengenai potensi kehidupan di Mars.

Misi ini juga memberikan kesempatan untuk mengumpulkan pengetahuan dengan teknologi yang akan mengatasi tantangan ekspedisi manusia ke Mars di masa depan. Juga untuk mengetahui bagaimana menghasilkan oksigen dari atmosfer Mars dan mengidentifikasi air.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Regulator federal dan jaksa penuntut negara sedang membuka penyelidikan ke Facebook, sebagaimana dilaporkan The New York Times, 20 Maret 2018. Politisi di Amerika Serikat dan Eropa menyerukan kepada chief...

SUKABUMIUPDATE.com - Toyota Motor Corporation (Toyota), Jumat, 16 Maret 2018, mengumumkan telah memasang 20 forklift sel bahan bakar, yang diproduksi oleh Toyota Industries Corporation di pabrik Motomachi di Toyota City,...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya