Ada Hujan Meteor di Langit Desember dan Gerhana Matahari Total Penutup 2020

Rabu 02 Desember 2020, 07:59 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Selain beberapa hujan meteor dan pergerakan planet, ada fenomena astronomi gerhana matahari total terakhir pada tahun ini yang mewarnai langit Desember. Jalur gerhananya melintasi Lautan Pasifik hingga Atlantik.

Para pemburu gerhana tengah bersiap mengamati gerhana matahari total pada 14 Desember 2020 itu. Korona matahari dan cincin berlian raksasa menjadi daya pikat setelah kemunculan cincin api.

Namun, kesempatan menyaksikan gerhana itu nihil bagi warga di wilayah Indonesia. “Peristiwa gerhana ini hanya bisa diamati oleh pengamat di sebagian Amerika Selatan dan Afrika,” kata Avivah Yamani, penggiat astronomi di komunitas Langit Selatan, Bandung, Selasa 1 Desember 2020.

Namun begitu pada waktu yang sama, warga di Indonesia bisa menyaksikan puncak hujan meteor Geminid saat langit cerah pada 14 Desember 2020. Atraksinya berupa lesatan puing-puing asteroid 3200 Phaeton sebanyak 150 meteor per jam.

Kecepatan meteor dari rasi bintang Geminid itu 35 kilometer per detik. “Mulai bisa disaksikan setelah rasi bintang Gemini terbit pukul 19.58 WIB,” ujar Avivah. Rasi bintang itu berada di arah timur laut.

Catatannya di laman Langit Selatan, waktu terbaik untuk mengamati puncak hujan meteor Geminid adalah pukul 02.00 WIB. Alasannya karena pada saat itu titik arah datang meteor berada pada titik tertinggi di langit.

"Cahaya bulan tidak akan menjadi faktor pengganggu karena bulan baru terbit dini hari pukul 04.49 WIB,” ujarnya. Hujan meteor dari rasi kembar Gemini ini berlangsung sejak 4 hingga 20 Desember 2020.

Selain itu ada hujan meteor Ursid yang mewarnai suasana Natal di bumi belahan utara atau di atas garis katulistiwa pada 17-26 Desember 2020. Akan tampak datang dari rasi Ursa Minor, puncak hujan meteor Ursid pada 22 Desember akan bergerak dengan kecepatan 33 kilometer per jam. Di malam puncak itu pengamat hanya bisa melihat 10 meteor per jam dari sisa komet 8P/Tuttle yang dilintasi Bumi.

Sementara dari pergerakan planet, Merkurius misalnya sepanjang Desember akan menghilang sementara karena beberapa kondisi. Di awal Desember, Merkurius tampak sengat rendah di ufuk timur sehingga sulit untuk bisa diamati.

Kemudian Merkurius akan berkonjungsi dengan matahari dan berada pada titik terjauh dari Bumi. Matahari akan berada di antara Bumi dan Merkurius sehingga Merkurius bakal menghilang dari pengamatan di bumi.

Beberapa planet lain seperti Venus Si Bintang Kejora dan Mars masih mudah diamati sepanjang Desember. Venus muncul sebelum fajar di rasi bintang Libra, adapun Mars Si Planet Merah nongol sejak matahari terbenam sampai lewat tengah malam.

SUMBER: TEMPO.CO

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat19 Maret 2024, 21:00 WIB

Mengenal Apa Itu Kista: Jenis, Gejala, Penyebab dan Cara Mendeteksinya

Kista adalah kantung abnormal berisi cairan, udara, atau zat lain yang terbentuk di dalam tubuh.
Ilustrasi - Kista adalah kantung abnormal berisi cairan, udara, atau zat lain yang terbentuk di dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Kuliner19 Maret 2024, 20:30 WIB

Menu Sahur Gurih, Kenyal dan Lezat, Cek Resep Kikil Kecap Cabe Hijau Ala Rudy Choirudin Disini!

Jika Anda sedang kehabisa ide untuk kreasi menu sahur, maka resep hidangan yang gurih, kenyal dan lezat ini patut Anda coba. Ya, resep Kikil Kecap Cabe Hijau ala Rudy Choirudin!
Olahan kikil yang gurih, kenyal dan lezat cocok jadi menu sahur, resep Kikil Kecap Cabe Hijau ala Rudy Choirudin | Foto : YouTube / Rudy dan Sahabat TV
Nasional19 Maret 2024, 20:19 WIB

JATAM Laporkan Menteri Bahlil ke KPK atas Dugaan Korupsi Izin Tambang

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dilaporkan ke KPK terkait dugaan korupsi izin tambang oleh JATAM.
Gedung KPK RI | Foto : kpk.go.id
Sehat19 Maret 2024, 20:00 WIB

Mengatur Gula Darah Lebih Baik, 20 Rekomendasi Sayuran Rendah Karbohidrat

Sayuran adalah salah satu makanan paling sehat, jadi daripada membatasi semuanya, carilah campuran sayuran tinggi dan rendah karbohidrat yang nyaman Anda konsumsi.
Ilustrasi - Sayuran adalah salah satu makanan paling sehat, jadi daripada membatasi semuanya, carilah campuran sayuran tinggi dan rendah karbohidrat yang nyaman Anda konsumsi. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
DPRD Kab. Sukabumi19 Maret 2024, 19:38 WIB

Komisi III DPRD Sukabumi Jelaskan Implementasi Perda Kemitraan Usaha Perkebunan

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi Anjak Priatama Sukma menjelaskan implementasi Perda Kemitraan Usaha Perkebunan.
Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi Anjak Priatama Sukma saat menyampaikan laporan terkait pembahasan Raperda tentang Kemitraan Usaha Perkebunan di Rapat Paripurna, Senin (18/3/2024). (Sumber : DPRD Kabupaten Sukabumi)
Aplikasi19 Maret 2024, 19:30 WIB

Mau Keluar Grup Whatsapp Tanpa Ketahuan? Simak Caranya Untuk iPhone dan Android

Berikut ini cara keluar grup Whatsapp tanpa diketahui anggota grup yang lain
Ilustrasi - Berikut ini cara keluar grup Whatsapp tanpa diketahui anggota grup yang lain| Foto: Pixabay
Food & Travel19 Maret 2024, 19:10 WIB

Cari Resep Menu Sahur Hemat Tapi Nikmat? Masak Sayur Santan Buncis Ala Rudy Choirudin Aja!

Ketika semua harga bahan pangan naik di pasaran, maka para ibu rumah tangga harus memutar otak dalam memasak menu sahur.
Hidangan hemat tapi nikmat ini cocok jadi menu sahur keluarga, resep lengkap olahan Sayur Santan Buncis ala Rudy Choirudin | Foto : YouTube / Simple Rudy TV
Life19 Maret 2024, 19:00 WIB

Beradaptasi dengan Perubahan, 12 Ciri Orang yang Tidak Gampang Stres dan Hidupnya Selalu Bahagia

Menjadi orang yang tidak mudah stres adalah sebuah proses. Anda dapat mengembangkan kemampuan untuk mengelola stres dengan baik dengan menerapkan beberapa tips di atas.
Ilustrasi - Orang yang tidak gampang stres adalah orang yang memiliki kemampuan untuk mengelola stres dengan baik. (Sumber : Freepik.com/@benzoix)
Sehat19 Maret 2024, 18:30 WIB

Tak bikin Gula Darah Naik, 9 Cara Mengurangi Efek Negatif Makanan dan Minuman Manis

Berikut ini cara mengurangi efek negatif makanan dan minuman manis bagi penderita gula darah agar tidak mengakibatkan lonjakan gula darah
Ilustrasi - Tak bikin Gula Darah Naik, 9 Cara Mengurangi Efek Negatif Makanan dan Minuman Manis(Sumber : Istimewa)
Nasional19 Maret 2024, 18:14 WIB

Dewan Pers Minta Menteri Bahlil Berikan Hak Jawab kepada Tempo

Dewan Pers menilai secara prosedural liputan “Tentakel Nikel Menteri Bahlil” Tempo tak melanggar Kode Etik Jurnalistik.
Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi diminta Dewan Pers berikan hak jawab terkait pemberitaan Tempo soal kebijakan pencabutan izin usaha pertambangan. (Sumber Foto : Instagram/@bahlillahadalia)