Menu

11 Jul 2020, 10:00 WIB

Peluncuran Satelit Lapan A4 Diundur ke 2021

Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin. | Sumber Foto: (suara.com/Pebriansyah Ariefana)

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengatakan target peluncuran satelit Lapan A4 bergeser ke 2021 karena pandemi COVID-19. Peluncuran satelit itu awalnya ditargetkan pada akhir 2020.

"Karena ada wabah COVID-19 penyelesaian satelit Lapan A4 tertunda. Peluncuran tergeser ke 2021," kata Thomas seperti dikutip dari Suara.com, Jumat (10/7/2010).

Thomas menuturkan satelit Lapan A4 saat ini dalam tahap pengujian komponen dan persiapan integrasi. Pengujian dan pengintegrasian satelit dilakukan untuk memastikan seluruh komponen dan struktur berfungsi dengan baik.

Satelit Lapan A4 berfungsi terutama untuk penginderaan jauh termasuk pemantauan kapal dengan sistem identifikasi otomatis (Automatic Identification System).

Lapan A4 diarahkan untuk pemantauan maritim, kapal dan sumber daya alam sehingga dilakukan peningkatan kualitas kamera. Penyempurnaan komponen dalam satelit juga terus dilakukan termasuk pearlatan kamera, sensor geomagnet, dan sensor Automatic Identification System.

Satelit Lapan A4 dapat melakukan berbagai pemantauan mulai dari pemantauan bumi baik sumber daya alam maupun kondisi lingkungan hingga analisis setelah bencana dan pencurian ikan. Pengembangan satelit konstelasi juga terus berjalan, walau tergeser karena ada pemotongan anggaran.

Sumber: Suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - M Fahri (10 tahun), bocah asal Tipar Gang Amarta 4 RT 03/05 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi dikabarkan hilang sejak Minggu (9/8/2020) siang sekitar pukul 13.00...

SUKABUMIUPDATE.com - Jenazah Zayyan Dhiyandra Hanifan (18 tahun) wisatawan yang tenggelam terseret ombak di Pantai Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi berhasil ditemukan, Minggu (9/8/2020) sekitar pukul 16.45 WIB. Informasi yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Kegagalan Juventus di Liga Champions musim ini memberikan duka yang mendalam buat Cristiano Ronaldo. Pemain 35 tahun itu pun sampai curhat di akun Instagram pribadinya. Melansir Suara.com, Juventus...

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi ikut serta dala. gerakan donor darah yang digagas komunitas lari Indorunners Sukabumi, yang digelar di Citimall Kota Sukabumi, Minggu (9/8/2020). Kegiatan tersebut digelar...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya