Menu

05 Jun 2020, 01:00 WIB

Gempa Karena Aktivitas Sesar Segmen Aceh, 17 Bangunan Rusak

Lokasi gempa tektonik yang terjadi di wilayah Sabang, Aceh, Kamis pagi 4 Juni 2020. Gempa darat sekuat 4,8 Magnitudo itu merusak belasan bangunan. | Sumber Foto:ANTARA/HO-BMKG Aceh Besar

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 17 bangunan di Sabang, Aceh, rusak ringan hingga berat akibat gempa yang mengguncang daerah itu pada Kamis pagi pukul 05.31 WIB. Gempa diukur Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hanya sekuat 4,8 Magnitudo, tapi sumbernya di darat dan tergolong dangkal. 

Kepala Bagian Umum dan Humas Pemerintah Kota Sabang, Bahrul Fikri, mengatakan dalam laporan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sabang terdapat satu unit rumah toko yang rusak berat. "Rusak sedang tiga ruko dan satu kantor mukim, sedang yang rusak ringan sebanyak 11 rumah dan satu TPI (Tempat Pendaratan Ikan)," kata Bahrul di Sabang, Kamis.

Pasca gempa bumi tersebut, Wali Kota Sabang Nazaruddin didampingi Wakil Wali Kota Suradji Junus beserta Sekretaris Daerah Sabang Zakaria turun langsung ke lapangan untuk mengecek korban yang terdampak bencana itu. "Alhamdulillah, enggak ada laporan korban jiwa dalam peristiwa gempa ini," kat Bahrul lagi.

Gempa pagi itu diketahui diikuti sejumlah gempa susulan. BMKG mengimbau masyarat tenang. Adapun gempa utama disebutkan berlokasi di darat pada jarak 5 kilometer tenggara Banda Aceh pada kedalaman 10 kilometer.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar Djati Cipto Kuncoro menjelaskan, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal. Pemicunya, aktivitas sesar aktif Sumatera pada segmen Aceh.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menyebut segmen itu relatif sepi Setelah Gempa Aceh 2004. Kondisi semacam itu disebutnya sebagai seismic gap atau zona sepi gempa meski sesarnya aktif hingga satu saat di zona ini dapat terjadi gempa signifikan.

"Segmen Aceh ini menjadi salah satu segmen sesar aktif yang patut diwaspadai," kata Daryono lewat keterangan tertulisnya.

sumber: tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Jurnalis foto Media Indonesia M Irfan, melaporkan kamera dan komputer jinjing miliknya yang hilang di ruang wartawan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat ke Kepolisian Daerah Metro...

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolres Sukabumi AKBP M Lukman Syarif menjelaskan, penangkapan keempat pelaku tersebut merupakan hasil pengembangan dan kolaborasi Polres Sukabumi bersama Polda Metro Jaya. Pertama kali polisi mengamankan pelaku berinisial...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Vivick Tjangkung, mengatakan proses hukum kepada tiga pilot pakai sabu akan berjalan setelah hasil assessment keluar dan mereka...

SUKABUMIUPDATE.com - Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane memuji kemampuan timnya menghadapi tekanan untuk mempertahankan keunggulan 2-1 mereka melalui gol-gol Ferland Mendy dan Karim Benzema di babak pertama saat bertandang...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya