Menu

02 Jun 2020, 02:00 WIB

Dino Tremor, Penumpang Gelap Misi Peluncuran Astronot SpaceX

Dinosaurus berpayet biru dan merah muda mengapung untuk pertama kalinya di kapsul Crew Dragon SpaceX setelah memasuki orbit Bumi. Boneka itu berfungsi sebagai indikator zero-g. K | Sumber Foto:Nasa TV

SUKABUMIUPDATE.com - Satu penumpang gelap telah ikut misi pertama SpaceX untuk meluncurkan astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Secara resmi terungkap beberapa jam setelah peluncuran Sabtu, 30 Mei, tetapi penumpang gelap itu terlihat beberapa detik setelah anggota kru NASA Bob Behnken dan Doug Hurley mulai mengelilingi planet ini menggunakan pesawat ruang angkasa Crew Dragon SpaceX.

"Kami benar-benar berakhir dengan satu penumpang gelap di atas kendaraan kami ketika kami meluncur hari ini. Bukan hanya Doug dan saya yang menyelesaikan peluncuran di sini," kata Behnken, berbicara tentang penampakan makhluk biru dan pink yang dilaporkan di pesawat itu, sebagaimana dikutip Space, 1 Juni 2020. "Kami punya Apatosaurus di atas pesawat."

Dinosaurus berleher panjang dan berkaki empat yang berjalan di Bumi selama periode Jurassic akhir 150 juta tahun yang lalu -- Apatosaurus -- sekarang telah mencapai luar angkasa, meski dalam bentuk boneka tertutup payet.

"Kami berdua memiliki dua anak lelaki yang sangat tertarik pada dinosaurus," kata Behnken. "Kami mengumpulkan semua dinosaurus di antara dua rumah kami dan Tremor, Apatosaurus, mendapat suara dari anak-anak lelaki tersebut untuk melakukan perjalanan ke luar angkasa hari ini bersama kami."

Dibuat oleh Ty -- perusahaan yang sama yang membuat Beanie Babies -- Tremor adalah salah satu boneka pertama yang diperkenalkan pada tahun 2018 sebagai bagian dari lini Flippables.

Tremor tertutup ratusan payet dua warna. Balikkan payet ke satu sisi dan dino itu berubah menjadi biru muda yang gemerlapan. Balikkan mereka dengan cara lain dan Apatosaurus itu menampilkan warna merah muda mengkilap.

Meskipun Ty mungkin tidak pernah membayangkan penerbangan antariksa ketika membuat boneka mainan, Tremor membuat "indikator zero-g" yang sangat visual. Pada titik ketika kru misi Demo-2 (bernama "Endeavour") mencapai orbit, dinosaurus mulai mengambang.

Sebuah kamera video di atas kapsul menangkap adegan ketika Behnken memberikan dorongan kepada Tremor dan mengirimkannya jatuh di kabin (boneka itu ditambatkan ke kursi kosong di sebelah Behnken agar tidak terlalu jauh).

Indikator Zero-g adalah tradisi yang berasal dari orang pertama yang terbang ke luar angkasa, kosmonot era Soviet Yuri Gagarin, yang meluncur dengan boneka kecil di atas wahana Vostok pada tahun 1961.

Dalam beberapa dekade sejak itu, Rusia dan anggota kru internasional yang meluncur pada pesawat ruang angkasa Soyuz dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan sering menerbangkan mainan kecil untuk berfungsi sebagai isyarat visual untuk gaya berat mikro, jimat keberuntungan dan hadiah untuk anak-anak mereka.

Behnken dan Hurley masing-masing menikah dengan sesama astronot. Behnken dan Megan McArthur memiliki putra berusia 6 tahun, Theodore (Theo), dan Hurley dan Karen Nyberg memiliki putra berusia 10 tahun, Jack.

Ketika Nyberg terakhir kali terbang ke luar angkasa pada tahun 2013, ia membuat untuk Jack boneka dinosaurus dari potongan-potongan kain yang ia temukan di sekitar stasiun ruang angkasa. Sekarang giliran Jack dan Theo untuk mengirim Apatosaurus mereka ke luar angkasa.

sumber: tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolres Sukabumi AKBP M Lukman Syarif menjelaskan, penangkapan keempat pelaku tersebut merupakan hasil pengembangan dan kolaborasi Polres Sukabumi bersama Polda Metro Jaya. Pertama kali polisi mengamankan pelaku berinisial...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Vivick Tjangkung, mengatakan proses hukum kepada tiga pilot pakai sabu akan berjalan setelah hasil assessment keluar dan mereka...

SUKABUMIUPDATE.com - Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane memuji kemampuan timnya menghadapi tekanan untuk mempertahankan keunggulan 2-1 mereka melalui gol-gol Ferland Mendy dan Karim Benzema di babak pertama saat bertandang...

SUKABUMIUPDATE.com - Polda Metro Jaya masih berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Prancis guna menindaklanjuti jenazah Francois Abello Camille alias Frans (65). Dilansir dari suara.com, kekinian jenazah tersangka kasus pemerkosaan terhadap...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya