NASA Gunakan Laser untuk Komunikasi Misi Mars dengan Bumi

Minggu 16 Februari 2020, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sejak NASA meluncurkan satelit Explorer 1 pada tahun 1958, lembaga tersebut sebagian besar mengandalkan gelombang radio untuk berkomunikasi dengan jarak jutaan atau miliaran mil dari luar angkasa. 

Melansir dari tempo.co, tetapi ketika NASA mengarahkan pandangannya pada tujuan baru untuk misi berawak, badan antariksa itu memberikan perbaikan sistem komunikasi yang sangat dibutuhkan.

NASA menambahkan piringan baru ke Deep Space Network (DSN), dilengkapi dengan cermin dan penerima khusus untuk memungkinkannya menyorot dan menerima laser dari pesawat luar angkasa.

Antena baru itu, dijuluki Deep Space Station-23 (DSS-23), adalah bagian dari transisi ke komunikasi yang lebih cepat dan lebih efisien ketika NASA bersiap untuk kembali ke Bulan pada tahun 2024, dan menyiapkan misi manusia pertama ke Mars pada pertengahan 2030-an.

Dorongan di balik piringan itu sederhana: Jika NASA ingin mengirim manusia ke Mars, mereka harus dapat berkomunikasi dengan mereka - dan laser dapat membantu memastikan astronot Mars memiliki penerimaan yang baik dalam jarak 40 juta mil dari Bumi.

Konstruksi piringan selebar 112 kaki itu dimulai minggu ini di Goldstone, California. Ini hanya salah satu dari rangkaian antena DSN sejumlah 13. Dua antena serupa saat ini sedang dibangun di Madrid, Spanyol juga.

"DSN adalah saluran telepon Bumi ke dua pesawat luar angkasa Voyager kami - keduanya di ruang antar bintang - semua misi Mars kami, dan pesawat luar angkasa New Horizons yang sekarang jauh melampaui Pluto," Larry James, wakil direktur Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip Inverse, 13 Februari 2020.

"Semakin kita mengeksplorasi, semakin banyak antena yang kita butuhkan untuk berbicara dengan semua anggota misi kita," katanya.

NASA telah menggunakan antena DSN untuk berkomunikasi dengan pesawat luar angkasa sejak 1960-an, mengirimkan sinyal ke rata-rata 30 pesawat luar angkasa sehari. Antena mengirimkan dan menerima gelombang radio antara kontrol berbasis darat dan pesawat luar angkasa. Dan sementara gelombang radio telah bekerja dengan baik selama ini, mereka memiliki keterbatasan yang serius.

Gelombang radio cenderung tumbuh lebih lemah pada jarak yang jauh, dan memiliki kapasitas terbatas. Untuk wahana kembar Voyager, dua pesawat antariksa berkeliaran di ruang antarbintang jauh, jauh dari Bumi, ini berarti bahwa sinyal ke antena mereka dari Bumi - dan sebaliknya - sangat lemah.

Faktanya, daya yang diterima antena DSN dari sinyal Voyager adalah 20 miliar kali lebih lemah dari daya yang dibutuhkan untuk menjalankan jam tangan digital, menurut NASA.

Laser adalah sinar cahaya inframerah. Mereka menempuh jarak lebih jauh di luar angkasa dengan kekuatan yang jauh lebih besar daripada gelombang radio.

"Laser dapat meningkatkan kecepatan data Anda dari Mars sekitar 10 kali lipat dari yang Anda dapatkan dari radio," Suzanne Dodd, direktur Interplanetary Network, organisasi yang mengelola DSN, mengatakan dalam pernyataan itu.

"Harapan kami adalah menyediakan platform untuk komunikasi optik akan mendorong penjelajah luar angkasa lain untuk bereksperimen dengan laser pada misi masa depan," katanya.

NASA pertama kali menguji komunikasi laser di luar angkasa pada tahun 2013, dengan memancarkan gambar lukisan Mona Lisa ke satelit yang terletak 240.000 mil jauhnya dari Bumi.

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)