Menu

14 Peb 2020, 21:00 WIB

NASA Umumkan Empat Misi Baru

Logo NASA. | Sumber Foto:Shutterstock

SUKABUMIUPDATE.com -  NASA kian ambisius mengeksplorasi antariksa. Buktinya, lembaga luar angkasa milik Amerika Serikat itu, baru saja mengumumkan empat misi antariksa baru, yang diharapkan bisa menyibak misteri tentang objek-objek yang diteliti.

Nantinya, dua tim akan fokus untuk mengungkap planet Venus, satu tim untuk meneliti bulan yang mengelilingi Jupiter, sisanya berfokus pada penelitian bulan yang mengitari Neptunus.

Sebagaimana dikutip dari Cnet, Jumat (14/2/2020), keempat misi ini dipilih NASA dari empat tim finalis dari Discovery Program. Untuk merancang konsep penelitian mereka, keempat tim diberikan dana sebesar 3 juta dolar AS.

"Misi yang terpilih ini memiliki potensi untuk mengubah pemahaman kami terhadap beberapa dunia yang paling aktif dan kompleks di sistem tata surya," tutur Associate Administrator Science Mission Directorate NASA, Thomas Zurbuchen.

"Menjelajahi salah satu dari benda-benda angkasa ini akan membantu manusia untuk membuka rahasia tentang bagaimana benda tersebut dan benda lainnya bisa terbentuk di kosmos," imbuhnya.

Dua dari empat misi yang terpilih akan fokus ke Venus yaitu DAVINCI+ (Deep Atmosphere Venus Investigation of Noble gases, Chemistry and Imaging Plus) dan VERITAS (Venus Emissivity, Radio Science, InSAR, Topography and Spectroscopy).

DAVINCI+ bertugas menganalisis atmosfer Venus untuk melihat bagaimana proses terbentuk dan evolusinya, serta untuk melihat apa planet ini pernah memiliki lautan. Sementara VERITAS akan memetakan permukaan Venus untuk memeriksa sejarah geologinya.

Di sisi lain, dua misi lainnya akan melihat bulan yang mengelilingi planet. Io Volcano Observer (IVO) akan menjelajahi Io, bulan Jupiter yang dipenuhi gunung berapi agar bisa mempelajari lautan magma dan kekuatan pasang surut di satelit alami Jupiter itu.

Satu tim terakhir, ada Trident yang akan menjelajahi Triton, bulan es yang mengelilingi Neptunus guna melihat kemungkinan asanya obyek luar angkasa yang sangat jauh dari Matahari bisa dihuni oleh makhluk hidup.

Setelah mendapatkan suntikan dana dari NASA, keempat tim terpilih akan diberikan waktu selama sembilan bulan untuk mengembangkan rencana dan konsep yang terkait dengan misi.

Setelah itu, NASA akan mengevaluasi hasil studi masing-masing tim dan akan memilih dua misi prioritas pada 2021 mendatang.

Sumber : Suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Data statistik Johns Hopkins University Medicine mencatat Indonesia menempati urutan ke-23 kasus sebaran COVID-19 secara global dari 188 negara yang sudah terpapar virus tersebut. Dilansir dari Tempo.co, berdasarkan...

SUKABUMIUPDATE.com -  Singapura menjadi negara yang menduduki peringkat teratas berdasarkan Indeks Ketahanan Pangan Global, mengalahkan Indonesia di peringkat 62. Dilansir dari Suara.com, hal tersebut dikatakan oleh Guru Besar Fakultas Pertanian...

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar yang mengatakan adanya tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Cicurug, Kabupaten Sukabumi, terkonfirmasi positif Covid-19, dibantah pihak puskesmas. Kepala Puskesmas Cicurug, Dini Desti Susanti mengatakan, pihaknya hanya melakukan...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Kantor SAR Biak Gusti Anwar Mulyadi mengatakan bahwa sinyal alat penentu lokasi pesawat (Emergency Locator Transmitter/ELT) dari helikopter milik PT National Utility Helicopters (NUH) yang hilang...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya