Laboratorium Dunia Saling Berlomba Meneliti Sampel Virus Corona

Minggu 02 Februari 2020, 21:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dengan tidak ada tanda wabah virus corona baru mereda, ahli virologi di seluruh dunia merasa gatal untuk mendapatkan sampel fisik dari virus tersebut. Mereka menyusun rencana untuk menguji obat dan vaksin, mengembangkan model hewan dari infeksi itu dan menyelidiki pertanyaan tentang biologi virus tersebut seperti bagaimana penyebarannya.

“Pada saat kami mendengar tentang wabah ini, kami mulai berupaya untuk mendapatkan akses ke isolat-isolat ini,” kata Vincent Munster, seorang ahli virus di Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular di Hamilton, Montana, sebagaimana dilaporkan Nature, 31 Januari 2020.

Dikutip dari tempo.co, laboratoriumnya mengharapkan untuk menerima sampel pada minggu depan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS di Atlanta, Georgia, yang telah memimpin tanggapan terhadap kasus-kasus virus AS.

Laboratorium pertama yang mengisolasi dan mempelajari virus itu, yang sementara dikenal sebagai 2019-nCoV, berada di episentrum wabah: di Wuhan, Cina. Sebuah tim di Institut Virologi Wuhan yang dipimpin oleh ahli virologi Zheng-Li Shi mengisolasi virus dari seorang wanita berusia 49 tahun, yang mengalami gejala pada 23 Desember 2019 sebelum menjadi sakit kritis.

Tim Shi menemukan virus tersebut dapat membunuh sel manusia yang dikultur dan memasuki sel tersebut melalui reseptor molekul yang sama dengan virus corona lainnya: virus yang menyebabkan SARS (sindrom pernafasan akut akut).

Sebuah laboratorium di Australia mengumumkan pada 28 Januari bahwa ia telah memperoleh sampel virus dari orang yang terinfeksi yang telah kembali dari Tiongkok. Tim sedang bersiap untuk berbagi sampel dengan ilmuwan lain.

Laboratorium di Prancis, Jerman dan Hong Kong juga mengisolasi dan bersiap untuk berbagi sampel virus yang mereka peroleh dari pasien setempat, kata Bart Haagmans, seorang ahli virus di Erasmus Medical Center di Rotterdam, Belanda. "Mungkin minggu depan kami akan mendapatkan isolat dari salah satu laboratorium yang berbeda," katanya.

Urutan genom pertama dari virus ini dipublikasikan pada awal Januari, dan beberapa lusin - diambil dari berbagai orang - sekarang telah tersedia. Urutan itu telah mengarah pada tes diagnostik untuk virus, serta upaya untuk mempelajari penyebaran dan evolusi patogen.

Tetapi para ilmuwan mengatakan bahwa urutan itu bukan pengganti sampel virus, yang diperlukan untuk menguji obat dan vaksin, dan untuk mempelajari virus secara mendalam. "Sangat penting untuk berbagi virus," kata Maria Van Kerkhove, seorang ahli epidemiologi penyakit menular di Organisasi Kesehatan Dunia di Jenewa, Swiss, dalam konferensi pers 29 Januari.

Munster mengatakan bahwa prioritas pertama labnya adalah mengidentifikasi hewan yang mengalami infeksi dengan cara yang mirip dengan manusia. Model hewan seperti itu akan berguna untuk menguji vaksin dan obat-obatan. Tim pertama berencana untuk melihat tikus yang direkayasa secara genetis untuk mengandung versi manusia dari reseptor yang digunakan virus SARS dan coronavirus baru untuk menginfeksi sel. Pekerjaan di masa depan dapat melibatkan mengekspos tikus dan, kemudian, primata non-manusia terhadap virus, dan menguji apakah vaksin dapat mencegah infeksi, tambahnya.

Laboratorium Munster juga ingin mulai mengukur berapa lama virus dapat bertahan hidup di udara atau di tetesan air liur. Ini dapat membantu ahli epidemiologi untuk memahami apakah virus dapat ditularkan melalui udara, atau hanya melalui kontak dekat. Penelitian Munster akan melibatkan partikel virus aerosolisasi menggunakan wadah yang disebut drum Goldberg, dan kemudian mengukur kemampuan mereka untuk menginfeksi sel manusia setelah beberapa waktu di udara.

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 06:00 WIB

6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja!

Berikut ini buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - 6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja! (Sumber : pexels.com/Melike A.)
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)