Menu

23 Jan 2020, 12:00 WIB

Bukan Logam, Ilmuwan Ciptakan Robot Pertama yang Dibuat dari Sel Hidup

Ilustrasi robot. | Sumber Foto:(Shutterstock)

SUKABUMIUPDATE.com - Para ilmuwan telah menciptakan tingkatan lain dari kelas robot. Tidak terbuat dari logam, plastik, dan kabel, tetapi robot ini seluruhnya terbentuk dari sel-sel hidup.

Dilaporkan dalam jurnal PNAS, para ilmuwan dari University of Vermont dan Tufts University menggambarkan bagaimana mereka membuat 'robot hidup' pertama kali dari sel yang diambil dari embrio katak. Dijuluki Xenobots, robot ini berukuran mini dan dirancang menggunakan algoritma yang meniru kekuatan seleksi alam.

"Ini adalah mesin kehidupan baru. Mereka bukan robot tradisional atau spesies hewan yang kita kenal. Ini adalah kelas artefak baru, yaitu organisme yang hidup dan dapat diprogram," ucap Joshua Bongard, seorang ilmuwan komputer dan ahli robotika di University of Vermont.

Dilansir dari IFL Science, Xenobots secara genetis adalah katak karena menggunakan 100 persen DNA katak. Xenobots hanya berdiameter sekitar 650-750 mikron, tetapi mampu melakukan pekerjaan khusus. 'Robot hidup' ini dapat digunakan untuk memberikan obat di tubuh pasien atau membersihkan polusi laut.

Xenobots yang licin memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan robot lainnya yang kaku. Sama seperti seleksi alam yang menyebutkan bahwa yang terkuat akan bertahan hidup, Xenobots pun menjadi 'kuat' dengan teknologi miliknya. Xenobots dapat dikembangkan untuk meregenerasi diri mereka sendiri dan sembuh ketika rusak. Tak hanya itu, Xenobots juga biodegradable.

Untuk proyek ini, para ilmuwan mengembangkan 'algoritma evolusioner' yang mensimulasikan proses seleksi alam untuk memandu desain Xenobots. Terinspirasi oleh desain yang dibuat AI, tim ilmuwan mengumpulkan Xenobots menggunakan sel-sel kulit dan otot jantung dari katak cakar Afrika (Xenopus laevis).

Sumber: Suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Imbauan isolasi diri atau jaga jarak fisik dikeluarkan pemerintah di masa pandemi virus corona ini. Dilansir dari tempo.co, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan,...

  SUKABUMIUPDATE.com - Wartawan masih terus bekerja melakukan peliputan di tengah penyebaran wabah Corona atau Covid-19. Bahkan saat ini, wartawan sering masuk keluar rumah sakit untuk mendapatkan berita tentang penanganan...

SUKABUMIUPDATE.com - Cikie Wahab punya cara baru menemani anaknya dan bocah lain saat wabah virus corona mengharuskannya bekerja dari rumah. Perempuan 34 tahun asal Pekanbaru ini memanfaatkan buku-buku dan...

SUKABUMIUPDATE.com - Hingga saat ini, isu Covid-19 outbreak telah masuk dan menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Dilansir dari suara.com, pemerintah pusat menganjurkan seluruh lapisan masyarakat untuk work from...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya