Menu

08 Okt 2019, 11:46 WIB

Bunga Bangkai Langka Amorphopalus Gigas Mekar Sempurna di Kebun Raya Bogor

Bunga bangkai jenis Amorphopallus Gigas mekar sempurna di kawasan Kebun Raya Bogor. | Sumber Foto:Suara.com/Rambiga

SUKABUMIUPDATE.com - Bunga bangkai jenis Amorphopallus Gigas mekar dengan sempurna di kawasan Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Bunga yang tergolong langka itu diketahui mekar pada Minggu (6/10/2019).

"Ini mekar sempurna pada hari Minggu. Koleksi jenis gigas, hanya ada satu di sini saja," kata Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kebun Raya Bogor Inggit Pujiastuti, Senin (7/10/2019).

Inggit menjelaskan, bunga itu mekar sempuna dengan tinggi mencapai 290 centimeter. Selama menjadi koleksi Kebun Raya Bogor, bunga tersebut baru mekar sebanyak dua kali terhitung sejak tahun 2007.

Ia menambahkan, Amorphopallus Gigas merupakan kerabat dari bunga bangkai Amorphopallus Titanium. Kedua bunga bangkai itu dapat dibedakan dari fisik.

"Yang membedakan itu dari tangkainya. Untuk Amorphophallus Gigas tangkainya lebih tinggi. Sedangnya ukuran Titanum lebih besar, tangkainya pendek. Jadi ciri khasnya Gigas tinggi," jelas Inggit.

Namun, ada beberapa kesamaan antara kedua tanaman tersebut salah satunya mengeluarkan aroma busuk yang cukup menyengat dari kelopaknya.

Sebelumnya, tiga bunga langka Rafflesia Patma yang berada di kawasan Kebun Raya Bogor juga mekar berturut-turt beberapa waktu lalu. Bunga langka itu mekar untuk ke-14 kalinya sejak tahun 2010 silam.

SUMBER: SUARA.COM

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md memastikan tak akan ada penundaan Pilkada 2020. Pilkada yang telah digeser jadwalnya menjadi 9 Desember 2020, akan tetap...

SUKABUMIUPDATE.com - Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Endang L. Achadi memprediksi kehidupan normal baru di tengah wabah Covid-19 akan berlangsung lama. Menurut dia, itu karena butuh waktu yang...

SUKABUMIUDPATE.com - Liga Inggris secara resmi memberlakukan format lima pergantian pemain untuk sisa pertandingan musim 2019/20 yang akan digelar kembali pada 17 Juni mendatang. Sebagaimana diketahui, Liga Inggris sempat...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 17 bangunan di Sabang, Aceh, rusak ringan hingga berat akibat gempa yang mengguncang daerah itu pada Kamis pagi pukul 05.31 WIB. Gempa diukur Badan Meteorologi Klimatologi...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya