Menu

25 Jul 2019, 08:57 WIB

Asteroid Sebesar Piramid Lewat Dekat Bumi Semalam, Berbahayakah?

Ilustrasi asteroid | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah asteroid seukuran Piramida Gaza tadi malam, Kamis, 24 Juli 2019, melintas di dekat Bumi. Tapi batu ruang angkasa ini hanya melintas, tidak mampir.

Meskipun ada kekhawatiran akan jatuhnya asteroid ke Bumi, namun sejauh ini benda angkasa ini biasanya terbakar begitu masuk ke atmosfer, demikian dilaporkan laman Live Science. 

Ada alasan lain untuk tidak khawatir. Jika Anda mendengar tentang asteroid mendekati Bumi, itu berarti NASA telah melihatnya dan dengan tepat melacak jalurnya di ruang angkasa. Objek dekat-Bumi (NEOs) yang ditemukan telah dilacak oleh NASA.

Kantor Koordinasi Pertahanan Planet (PDCO) mengawasi mereka dan memperkirakan bertahun-tahun sebelumnya seberapa dekat mereka pada Bumi.

Bahaya nyata (meskipun kecil) berasal dari asteroid ukuran kecil hingga menengah yang terbang di bawah radar NASA dan secara teori mungkin akan muncul dari langit setiap saat - meskipun peristiwa seperti itu sangat, sangat tidak mungkin mengancam hidup kita.

Namun,  astronom Jet Propulsion Laboratory Emily Kramer, seorang ahli NEO, mengatakan kepada Live Science dalam wawancara yang tidak dipublikasikan, bahwa 90% NEO berukuran lebih besar dari 1 kilometer bisa dilacak, namun asteroid dalam ukuran sedang  dengan diameter antara 140 meter dan 400 meter, belum banyak diketahui.

Asteroid menengah ini menimbulkan ancaman kecil tapi nyata bagi kehidupan manusia dalam jangka pendek, itulah sebabnya PDCO bekerja untuk menemukan dan melacaknya.

SUMBER: TEMPO.CO

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Umum Himpunan Penyelenggara Kursus Indonesia (HIPKI), Asep Saripuddin, bersama Ketua Umum Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB), Ayep Zaki manfaatkan safari perjalanan ke Kota Prabumulih Sumatera Selatan...

SUKABUMIUPDATE.com - Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di Tol Cipularang, tepatnya di rest area KM 97, Jumat (17/1/2020). Sebuah truk kontainer yang terlibat kecelakaan itu terguling hingga menimpa sejumlah mobil...

SUKABUMIUPDATE.com - DPC PPP Kabupaten Sukabumi melangsungkan Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) di Pondok Pesantren (Ponpes) Sinarjaya Kampung Cimangir RT 09/01 Desa Pasanggrahan, Kecamatan Sagaranten, Sabtu (18/1/2020). Mukerjab juga dilaksanakan...

SUKABUMIUPDATE.com - Berwisata menjadi bagian dari kebiasaan orang Indonesia setiap tahunnya. Mereka biasanya menghabiskan waktu libur untuk berwisata dan menjelajahi kota atau negara tertentu. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya perjalanan wisata...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya