Menu

27 Jun 2019, 06:00 WIB

Gunung Semeru Meletus, PVMBG Keluarkan Rekomendasi Keamanan

Gunung Semeru. | Sumber Foto:Istimewa.

SUKABUMIUPDATE.com - Gunung Semeru, Jawa Timur meletus. Kejadiannya tercatat pada Rabu, 26 Juni 2019 sekitar pukul 08.30 WIB. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Bandung melaporkan secara visual teramati tiga kali letusan berasap putih.

Pada pukul 08.30 WIB tinggi kolom abu yang teramati saat Semeru meletus hingga sekitar 600 meter di atas puncak. Kolom abu dari letusan gunung setinggi 4.276 meter dari permukaan laut itu berwarna kelabu dengan intensitas sedang. Arahnya condong ke barat daya.

Erupsi lainnya meletuskan asap berwarna putih tebal. Ketinggiannya dari puncak sekitar 300 meter dengan arah ke selatan. Semeru berada di wilayah Lumajang-Malang, Jawa Timur.

“Erupsi-erupsi kecil yang biasa terjadi di Gunung Semeru. Tidak ada peningkatan daerah ancaman bahaya, masih tetap di level 2 atau waspada,” kata Kepala PVMBG Kasbani yang dihubungi Rabu, 26 Mei 2019.

PVMBG mengeluarkan rekomendasi keamanan. Masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas di dalam radius 1 kilometer dan wilayah sejauh 4 kilometer di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif. Kawasan itu merupakan wilayah bukaan kawah aktif Gunung Semeru atau Jongring Seloko yang juga sebagai alur luncuran awan panas. PVMBG juga minta masyarakat mewaspadai gugurnya kubah lava di kawah Jongring Seloko.

Sumber: TEMPO.CO

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kebijakan social distancing serta physical distancing yang diterapkan di berbagai negara telah membuat orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan. Dilansir dari suara.com, meski ada yang mulai...

SUKABUMIUPDATE.com - Bencana tanah longsor menerjang Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Minggu (5/4/2020) malam. Akibat kejadian ini sebuah rumah di Kampung Sundawenang RT 25/11, Desa Sundangwenang, rusak setelah tertimpa...

SUKABUMIUPDATE.com - Penyebaran Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona baru, sulit dihindari saat ini. Melansir dari tempo.co, itu sebabnya Anda disarankan untuk tetap berada di rumah melakukan social...

SUKABUMIUPDATE.com - Juru Bicara Media Center Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kota Sukabumi Wahyu Handriana mengatakan, saat ini berlaku aturan baru untuk menggunakan masker bagi masyarakat umum. Hal itu...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya