Menu

Rabu, 29 Mei 2019, 08:38 WIB

Negara dengan Spesies Paling Terancam Punah, Indonesia Kedua

Anggota Polisi Hutan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) mengidentifikasi bangkai Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) yang ditemukan di Blok Citadahan, Ujungjya, Pandeglang, Banten pada Kamis, 21 Maret 2019. Bangkai badak tersebut saat ini diteliti tim ahli T | Sumber Foto:ANTARA/HO-TNUK/Anggodo.

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia berada di peringkat kedua daftar negara dengan ancaman kepunahan spesies satwa dan tanaman terbesar di dunia. Daftar merah International Union for Conservation of Nature (ICUN) telah menjadi sumber informasi penting di dunia mengenai status konservasi global spesies hewan, jamur dan tumbuhan sejak 1964. 

Saat ini daftar 27.000 spesies sangat langka memiliki risiko kepunahan, yang merupakan 27 persen dari semua spesies yang saat ini dikenal, demikian dilansir Forbes, Ahad, 26 Mei 2019.

Artinya seperempat dari semua spesies terancam punah. Menurut ICUN yang terancam punah adalah 40 persen dari semua amfibi, diikuti oleh 34 persen konifer (tumbuhan berbiji terbuka), 33 persen terumbu karang, 31 persen hiu dan pari, 27 persen krustasea (udang), 25 persen mamalia dan 14 persen burung.

Indikator kritisnya keanekaragaman hayati dunia dirinci oleh Alpha Travel Insurance untuk menetapkan negara-negara dengan jumlah spesies terancam punah tertinggi. Serta negara-negara dengan kebanyakan amfibi, burung, ikan, mamalia dan reptil yang berisiko punah.

Berada di tempat teratas adalah Meksiko dengan 665 spesies yang terancam punah, termasuk 71 spesies burung, 96 mamalia, 98 reptil, 181 ikan, dan 219 amfibi. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh program deforestasi besar-besaran yang telah dilakukan Meksiko (memiliki tingkat deforestasi tertinggi di dunia) untuk akomodasi lahan pertanian.

Diperkirakan Meksiko perlu menggandakan produksi makanannya pada 2050 untuk mengimbangi populasi yang berkembang.

Posisi kedua adalah Indonesia dengan 583 spesies terancam punah. Indonesia memiliki jumlah mamalia terancam punah tertinggi dengan 191 spesies dan jumlah burung terancam punah tertinggi kedua dengan 160 jenis.

Indonesia menempati hanya 1 persen dari daratan dunia, tapi memiliki 12 persen dari spesies mamalia dan 17 persen dari spesies burung. 

Daftar 10 Negara dengan Jumlah Spesies Paling Terancam

1. Meksiko (666)

2. Indonesia (583)

3. Madagaskar (553)

4. India (542)

5. Kolombia (540)

6. Amerika Serikat (475)

7. Ekuador (436)

8. Cina (435)

9. Brazil (413)

10. Peru (385)

Asia adalah rumah bagi spesies yang paling terancam punah, dengan 3.330 berisiko di 10 negara.

Amerika Serikat juga muncul dalam sepuluh besar, menempati posisi keenam. Meskipun program konservasi satwa liar yang kuat, masih ada 475 spesies dalam daftar yang terancam punah. Hal ini terutama disebabkan oleh jumlah ikan yang terancam punah,  251 spesies, paling banyak di dunia.

AS memiliki panen perikanan terbesar kelima di dunia dengan lebih dari lima juta ikan setiap tahunnya. Negeri Paman Sam itu juga merupakan eksportir ikan dan makanan laut terbesar keempat di dunia, yang mengirimkan lebih dari US$ 5 miliar setahun.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kawasan Konservasi Penyu Pantai Pangumbahan, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi masih jadi serbuan wisatawan. Senin (10/6/2019), terlihat puluhan hingga ratusan wisatawan memenuhi pesisir pantai untuk menyaksikan pelepasan...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya