Menu

08 Mar 2019, 08:00 WIB

NASA Akan Kirim Tim Wanita Pertama ke Stasiun Luar Angkasa

Astronot Mike Hopkins, Flight Engineer Ekspedisi 38, berpartisipasi dalam spacewalks kedua di stasiun luar angkasa internasional, 24 Desember 2013. Stasiun ini telah dihuni manusia selama 15 tahun. | Sumber Foto:REUTERS/NASA.

SUKABUMIUPDATE.com - Lembaga penerbangan dan antariksa Amerika Serikat atau NASA dilaporkan akan membuat sejarah dengan melakukan perjalanan antariksa dengan tim wanita pertama di stasiun luar angkasa internasional akhir bulan ini, seperti dilaporkan laman Fox News, Rabu, 6 Maret 2019.

Anne McClain dan Christina Koch, adalah dua astronot NASA dengan Ekspedisi 59, akan mengoperasikan wahana antariksa saat di luar angkasa pada 29 Maret. Aktivitas itu diperkirakan akan berlangsung selama 7 jam.

Dikutip dari laman HuffPost, Jackie Kagey akan menjadi pengendali penerbangan ruang angkasa utama. Dan dia akan bergabung dengan direktur penerbangan utama Mary Lawrence serta insinyur Kristen Facciol dari Johnson Space Center NASA di Houston, Texas.

Facciol mengunggah komentar tentang rencana yang akan menjadi sejarah itu di akun Twitter pribadinya pekan lalu. "Aku baru tahu bahwa aku akan berada di konsol memberikan dukungan untuk SPACEWALK SEMUA WANITA PERTAMA dengan @AstroAnnimal dan @Astro_Christina dan aku tidak bisa menahan kegembiraanku !!!! #WomenInSTEM #WomenInEngineering #WomenInSpace," tulis Facciol.

Spacewalks biasanya berlangsung antara lima dan delapan jam dilakukan, sehingga para astronot dapat melakukan perbaikan pada peralatan atau melakukan eksperimen. NASA pada awalnya tidak berniat menjadikan perjalanan ruang angkasa bersejarah 29 Maret 2019. "Tidak diatur seperti ini, wahana antariksa ini awalnya dijadwalkan berlangsung pada musim gugur," kata juru bicara NASA Kathryn Hambleton.

Sebelumnya, McClain meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada Desember lalu untuk Ekspedisi 58 dan akan melanjutkan kru Ekspedisi 59. Kedua astronot adalah bagian dari kelas astronot NASA 2013 dan ekspedisi ke luar angkasa ini adalah yang pertama.

Sejak 1998 terdapat 213 wahana antariksa. Valentina Tereshkova, dari Uni Soviet, adalah wanita pertama di luar angkasa pada 1963. Wanita Amerika pertama di luar angkasa adalah astronom Sally Ride pada Space Shuttle Challenger pada 1983.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dilansir dari suara.com, pandemi virus corona memang tidak hanya membuat orang terinfeksi Covid-19. Tapi juga membuat pasien penyakit lainnya mestir menunda pengobatannya. Selama lebih dari dua bulan sudah...

SUKABUMIUPDATE.com - Selama lebih dari dua bulan di rumah saja, setiap orang tentu mengalami perubahan dari segi kegiatan. Dilansir dari tempo.co, beberapa di antaranya mungkin melakukan dengan berlebihan, namun...

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Cianjur tercatat dalam daftar 15 kota/kabupaten di Jawa Barat yang termasuk level 2 atau zona biru pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar...

SUKABUMIUPDATE.com - Masjid Al-Aqsa akan dibuka kembali pada Minggu (31/5) mendatang setelah ditutup selama dua bulan untuk menekan sebaran virus corona. "Semua pintu (kompleks) Masjid Al Aqsa akan dibuka saat...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya