Supermoon 19 Februari, Ini 8 Mitos di Balik Supermoon

Sabtu 16 Februari 2019, 03:04 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gerhana bulan total atau Supermoon akan kembali terjadi pada 19 Februari 2019. Fenomena tersebut akan memunculkan kembali cerita mitos yang menjadi perbincangan masyarakat saat menyaksikannya.

Supermoon merupakan istilah yang digunakan astrolog untuk menggambarkan keadaan Bulan penuh ketika berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi. Ketika fenomena itu terjadi, Bulan tampak lebih besar dan terang. Berikut beberapa mitos yang berkaitan dengan Supermoon, seperti dilansir laman Space dan Hystori beberapa waktu lalu:

1. Supermoon Bikin Manusia Gila

Sejak zaman kuno, kondisi Bulan penuh telah dikaitkan dengan perilaku aneh, termasuk sleepwalking (jalan sambil tidur), bunuh diri, kegiatan ilegal, kekerasan, hingga berubah menjadi manusia serigala. Selama ribuan tahun, dokter dan profesional kesehatan mental percaya pada hubungan yang kuat antara kegilaan dan Bulan.

Hippocrates, yang dianggap sebagai bapak kedokteran modern, menulis pada abad kelima SM bahwa: "orang yang dihinggapi ketakutan dan kegilaan pada malam hari sedang dikunjungi oleh dewi bulan."

2. Alien Penghuni Bulan

Pada 1820-an, astronom Bavaria Franz von Paula Gruithuisen mengaku telah melihat kota di Bulan dengan teleskopnya. Dia menulis bahwa 'lunarians' (penghuni Bulan) yang tinggal di Bulan telah membangun bangunan canggih, jalan dan benteng.

Sebagian besar rekan-rekannya mengejek pernyataan Paula Gruithuisen. Sir William Herschel, seorang astronom Inggris yang terkenal, juga berpikir alien tinggal di bulan dan melakukan pengamatan rutin tentang kemajuan proyek konstruksi mereka.

3. Bulan Kendalikan Kesuburan

Kaitan tersebut kemungkinan berawal dari siklus menstruasi dan bulan sama panjangnya, banyak peradaban awal percaya bahwa bulan menentukan kapan wanita bisa hamil. Hal tersebut bisa menjelaskan mengapa dewi bulan, dari dewi Cina Chang'e hingga Mama Quilla dari suku Inca, begitu menonjol dalam mitologi di seluruh dunia.

Pada 1950, dokter asal Republik Ceko Eugene Jonas menemukan sebuah teks astrologi kuno Asiria yang menyatakan bahwa perempuan sedang subur selama fase-fase tertentu dari Bulan.

4. Bulan Wahana Berongga

Beberapa buku fiksi ilmiah dari awal abad 20, termasuk buku H.G. Wells 'The First Men in the Moon', menggambarkan bahwa Bulan berongga dan dihuni alien. Pada 1970 dua ilmuwan Soviet menyebutkan bahwa bulan sebenarnya adalah pesawat alien seperti cangkang yang dibangun oleh makhluk luar angkasa dengan teknologi dan kecerdasan tinggi.

5. Manusia Tak Pernah Pergi ke Bulan

Meskipun banyak bukti yang bertentangan, beberapa orang percaya bahwa pendaratan Apollo di bulan dipalsukan oleh NASA, yang menggunakan foto editan untuk menipu publik. Para pendukung klaim tipuan ini berpendapat bahwa teknologi saat itu tidak cukup canggih untuk membawa astronot ke bulan dan kembali pulang dengan selamat.

Mereka juga menunjukkan tanda-tanda penipuan studio, termasuk fakta bahwa bendera Amerika yang ditanam oleh awak Apollo 11 di permukaan Bulan tampak bergetar di ruang vakum.

6. Nazi Punya Markas di Bulan

Setelah Perang Dunia II, rumor beredar bahwa astronot Jerman telah melakukan perjalanan ke Bulan dan mendirikan fasilitas rahasia di sana. Beberapa bahkan berspekulasi, Adolf Hitler telah memalsukan kematiannya, melarikan diri dan menghabiskan sisa harinya di sebuah tempat tersembunyi di bawah permukaan bulan.

7. Kelinci Berdiam di Bulan

Berbagai legenda dari berbagai tradisi di seluruh dunia, termasuk agama Buddha dan cerita penduduk asli Amerika, menceritakan kisah kelinci yang hidup di Bulan.

8. Supermoon Awal dari Kiamat

Gerhana supermoon tetrad, rangkaian empat gerhana bulan, sering dianggap sebagai tanda dari akhir zaman. Klaim tersebut dibuat dalam sebuah buku tentang empat 'blood moons'.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life28 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan!

Berikut ini doa yang bisa diamalkan di bulan Ramadan hari ke 17 dan 18
Ilustrasi - Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan! (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)
DPRD Kab. Sukabumi28 Maret 2024, 17:55 WIB

Harapan DPRD Sukabumi Kepada Kades yang Kini Memiliki Masa Jabatan 8 Tahun

Revisi UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa disahkan pada rapat paripurna DPR RI, Kamis (28/3/2024). Salah satu perubahan signifikan adalah masa jabatan kepala desa menjadi 8 tahun dan bisa 2 kali masa jabatan.
Yudi Suryadikrama, Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Jejak Wakil Rakyat
Sehat28 Maret 2024, 17:30 WIB

Cara Mudah Menghilangkan Asam Lambung: 4 Hal Ini Dapat Menolong Anda

Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah.
Ilustrasi - Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah. (Sumber : Freepik.com)
Gadget28 Maret 2024, 17:10 WIB

Waspada, 6 Tanda HP Anda Telah Diretas Orang Lain, Berikut Ciri-cirinya!

Terdapat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa HP anda sudah diretas oleh orang lain. Karenanya penting untuk diperhatikan
Ilustrasi. Mengetahui HP diretas orang lain. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)
Life28 Maret 2024, 17:04 WIB

6 Cara Ampuh Mencegah Ular Masuk Rumah, Yuk Terapkan Sekarang Juga!

Mencegah ular masuk ke dalam rumah keharusan yang harus dilakukan untuk antisipasi lebih awal. Maka penting diketahui setiap pemilik rumah.
Ilustrasi. Cara mencegah ular masuk ke dalam rumah. (Sumber foto : Pexels/Pixabay)
Musik28 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Dygta feat Kamasean Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu?

Viral di TikTok jadi Lagu Galau, Inilah Lirik Lagu Dygta feat Kamasean: Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu?
Video Klip Lagu Dygta feat Kamasean Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu? (Sumber : YouTube/HaloEntertainmentIndonesia (HEI))
Nasional28 Maret 2024, 16:42 WIB

UU DKJ Disahkan: Pilgub Jakarta Dipilih Langsug, Bagaimana Wacana Sukabumi Masuk Aglomerasi?

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia atau DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi undang-undang.
Monas, salah satu ikon DKI Jakarta | Foto : Ist
Sehat28 Maret 2024, 16:30 WIB

Mencegah Asam Lambung Naik: 7 Kebiasaan Ini Harus Anda Lakukan Jika Ingin Sembuh

Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung naik.
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung naik. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Life28 Maret 2024, 16:12 WIB

6 Cara Melatih Diri Agar Lebih Dewasa Secara Emosional, Terapkan Kebiasaan Ini!

Untuk menjadi lebih dewasa seseorang harus melakukan kebiasaan sehari-hari yang membantu proses tersebut. Yuk simak sederet cara agar lebih dewasa secara emosional berikut ini!
Ilustrasi. Orang dewasa emosional yang sukses. Sumber foto : Pexels/Ketut Subiyanto
Life28 Maret 2024, 16:00 WIB

Sikapnya Beda Bund! Kenali 10 Ciri Anak Mengalami Anxiety Disorder

Jika Ayah Bunda menduga bahwa anak mungkin mengalami Anxiety Disorder, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental untuk evaluasi dan perawatan yang tepat.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Anxiety Disorder, Sikapnya Beda. (Sumber : Freepik/@freepik)