Menu

11 Peb 2019, 16:22 WIB

Gempa Bumi di Garut Siang Ini, Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi gempa. | Sumber Foto:abcnews.com.

SUKABUMIUPDATE.com  - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung menyatakan terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,1 di Kabupaten Bandung, pada Senin, pukul 13.08 WIB.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Tony Agus Wijaya, mengatakan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,27 LS dan 107,71 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 km Tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada kedalaman 10 km.

Ia mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa tersebut maka gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garut Selatan di sekitar wilayah tersebut.

"Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Bojongsoang dan Banjaran Kabupaten Bandung II MMI," kata dia.

Dia mengatakan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami," kata dia. "Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya."

Dia menambahkan sampai pukul 13:35 WIB dan berdasarkan hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

 

Sumber: Tempo

 

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Satgas Covid-19 Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi, merilis data terbaru jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Cluster atau orang dengan riwayat perjalanan.  "Tercatat sebanyak...

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat Indonesia khususnya di Jakarta dan sekitarnya akan memasuki minggu keempat social distancing. Pemerintah terus mengimbau agar membatasi aktivitas di luar ruangan guna meminimalkan risiko penyebaran virus...

SUKABUMIUPDATE.com - Kebijakan social distancing serta physical distancing yang diterapkan di berbagai negara telah membuat orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan. Dilansir dari suara.com, meski ada yang mulai...

SUKABUMIUPDATE.com - Bencana tanah longsor menerjang Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Minggu (5/4/2020) malam. Akibat kejadian ini sebuah rumah di Kampung Sundawenang RT 25/11, Desa Sundangwenang, rusak setelah tertimpa...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya