Menu

Senin, 11 Pebruari 2019, 16:22 WIB

Gempa Bumi di Garut Siang Ini, Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi gempa. | Sumber Foto:abcnews.com.

SUKABUMIUPDATE.com  - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung menyatakan terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,1 di Kabupaten Bandung, pada Senin, pukul 13.08 WIB.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Tony Agus Wijaya, mengatakan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,27 LS dan 107,71 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 km Tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada kedalaman 10 km.

Ia mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa tersebut maka gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garut Selatan di sekitar wilayah tersebut.

"Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Bojongsoang dan Banjaran Kabupaten Bandung II MMI," kata dia.

Dia mengatakan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami," kata dia. "Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya."

Dia menambahkan sampai pukul 13:35 WIB dan berdasarkan hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

 

Sumber: Tempo

 

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Al Gore mengaku senang Indonesia memperketat aturan perkebunan sawit. Namun, ia menyayangkan jika kebakaran hutan masih saja terus terjadi di Indonesia, bahkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menjadi tokoh yang paling banyak dicari dalam mesin pencari Google di Indonesia pada 2019 dan uniknya nama Presiden Joko Widodo atau...

SUKABUMIUPDATE.com - Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) memprediksi keuntungan industri penerbangan tahun ini menurun. Sebab, sejak perang dagang Amerika Serikat-Cina memanas, jumlah penumpang dan volume kargo merosot. Dengan kurang dari...

SUKABUMIUPDATE.com - Twitter irit bicara soal Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE) yang akan mengenakan denda mulai dari Rp 100 juta jika...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya