Menu

Senin, 31 Desember 2018, 09:04 WIB

Gunung Anak Krakatau Alami 4 Kegempaan Letusan Tanpa Dentuman

Aktivitas Gunung Anak Krakatau saat erupsi terlihat dari KRI Torani 860 di Perairan Selat Sunda, Jumat, 28 Desember 2018. Petugas pos pengamatan Gunung Anak Krakatau mencatat ada sembilan kali letusan dalam satu menit. | Sumber Foto:ANTARA.

SUKABUMIUPDATE.com - Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda menunjukkan aktivitas empat kali kegempaan letusan sepanjang pengamatan Minggu hingga Senin dini hari, 30-31 Deesmber 2018, namun tidak terdengar suara dentuman.

Menurut laporan aktivitas Gunung Anak Krakatau oleh Deny Mardiono dari Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau, Senin, 31 Desember 2018, pada periode pengamatan 31 Desember 2018 pukul 00.00 hingga 06.00 WIB, secara visual gunung jelas hingga kabut 0-III.

Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 100-300 meter di atas puncak kawah. Tidak terdengar suara dentuman. Ombak laut tenang.

Pengamatan aktivitas kegempaan letusan sebanyak 4 kali, amplitudo 10-14 mm, durasi 36-105 detik. Kegempaan embusan sebanyak 6 kali, amplitudo 5-14 mm, durasi 35-85 detik. Double event sebanyak 1 kali, amplitudo 8 mm, S-P 1,2 detik, durasi 9 detik.

Gunung api di dalam laut dengan ketinggian saat ini 110 meter dari permukaan laut (mdpl)--semula ketinggiannya 338 mdpl--selama pengamatan cuaca cerah dan berawan. Angin bertiup sedang ke arah timur. Suhu udara 26-27 derajat Celsius dan kelembapan udara 76-91 persen.

Kesimpulan tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau Level III (Siaga), sehingga direkomendasikan masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 5 km dari kawah.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono mengapresiasi telah diluncurkannya program Desa Digital (Dedi) dan WiFi Gratis Jawa Barat di Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak, Minggu (15/4/2019). "Dengan adanya akses internet,...

SUKABUMIUPDATE.com - Peneliti gunung api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Mamay Surmayadi, mengatakan sempat melihat langsung kondisi Gunung Anak Krakatau saat menumpang helikopter bersama rombongan Kepala Badan Nasional Penanggulangan...

SUKABUMIUPDATE.com - Erupsi Gunung Anak Krakatau telah memicu suara dentuman misterius di beberapa wilayah. Warga melaporkan sekaligus bertanya soal suara dentuman itu yang terdengar di Banten, Lampung, hingga Sumatera Selatan dalam beberapa hari terakhir. "Ternyata bersumber...

SUKABUMIUPDATE.com - Suara dentuman misterius terdengar masyarakat di selatan Kabupaten Sukabumi sejak Senin (24/12/2018). Warga di Kecamatan Cidadap mengaku suara seperti berasal dari wilayah Kecamatan Sagaranten tapi sumber bunyi...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya