Menu

25 Des 2018, 10:34 WIB

Alat Seismik PVMBG di Pulau Gunung Anak Krakatau Diduga Hancur

Erupsi Gunung Anak Krakatau, Selat Sunda, 22 Desember 2018. | Sumber Foto:Instagram

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Devy K. Syahbana, mengatakan alat seismik yang disimpan PVMBG di Pulau Gunung Anak Krakatau mati pada Sabtu, 22 Desember 2018, pukul 21.03 WIB, atau menjelang terjangan tsunami Selat Sunda.

“Diduga alat itu juga ikut hancur saat terjadi letusan, yang terjadi diperkirakan bersamaan dengan longsornya tubuh gunung api di sektor selatan,” ujar Devy, Senin, 24 Desember 2018.

Sementara waktu tempuh gelombang tsunami yang dihasilkan juga pas dengan laporan kejadian tsunami di Pantai Anyer pukul 21.27 WIB. “Travel time (gelombang tsunami) sekitar itu,” kata dia.

Menurut Devy, tim PVMBG di lapangan saat ini kesulitan mendeteksi dampak letusan Gunung Anak Krakatau yang telah berubah dari tipe strombolian menjadi tipe surtseyan.

“Perubahan tipe letusan ini sedang dievaluasi teman-teman di lapangan, apakah berpotensi lagi terjadi longsoran misalkan. Kalau terjadi longsoran lagi, sulit mendeteksinya. Karena ini bukan seperti magma yang berkembang,” ujarnya.

“Kalau misalnya magma, masih bisa kelihatan inflasinya. Ini tidak, sektor yang collaps ini tiba-tiba. Tubuh gunung api saat ini juga sudah tidak aman dipasang peralatan,” kata Devy.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com – Program Geopark Ciletuh Palabuhanratu (GCP) bebas sampah plastik   di mulai dari Pantai Palangpang, Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi. Program GCP clean and green ini adalah rekomendasi...

SUKABUMIUPDATE.com - Dua kepala desa terpilih hasil Pilkades serentak 2019, Desa Pasirpanjang dan Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi melaksanakan serah terima jabatan (Sertijab dari Penjabat Sementara (Pjs) kepala...

SUKABUMIUPDATE. com - Danone-Aqua mendapatkan Penghargaan Industri Hijau 2019 melalui 15 pabriknya dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia atas upaya Danone-Aqua yang secara aktif dan bijak menggunakan sumber daya dan...

Oleh: Heni Andriani (Ibu Pemerhati Umat dan Member Akademi Menulis Kreatif) Sukabumi memiliki julukan "Kota Santri" yang senantiasa menjunjung nilai - nilai religius. Bukan hal yang asing jika Sukabumi hampir sebagian besar...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya