Menu

Jumat, 10 Agustus 2018, 15:03 WIB

Ini Tempat yang Pas untuk Lihat Hujan Meteor Perseid

Meteor melintasi langit di atas bukit Leeberg selama hujan meteor Perseid di Grossmugl, Austria, 13 Agustus 2015. Setiap tahunnya hujan meteor Perseid mencapai puncaknya pada tanggal 12-13 Agustus di Eropa. | Sumber Foto:REUTERS/Heinz-Peter Bader

SUKABUMIUPDATE.com - Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN, Rhorom Priyatikanto, menyarankan tempat yang cocok untuk menyaksikan hujan meteor Perseid.

"Untuk menyaksikannya, cari tempat yang jauh dari terang lampu kota dan berpotensi cerah," ujar Rhorom saat dihubungi Tempo, Senin, 6 Agustus 2018.

Hujan meteor perseid sudah terjadi sejak 17 Juli 2018 dan akan berakhir pada 24 Agustus 2018. Namun puncak dari hujan meteor akan terjadi pada 12 Agustus pukul 03.00 WIB hingga 13 Agustus 2018 pukul 15.00 WIB, yang diperkirakan akan ada 50 sampai 75 meteor per jam.

"Kalau masyarakat lihat meteor nanti tanggal 12 dan 13 Agustus, mohon tweet jumlah meteor yang dilihat, waktu, tempat dan beri tagar #HujanMeteor," kata Rhorom.

Hujan meteor tersebut, kata Rhorom, berasal dari debu komet Swift-Tuttle. Rhorom juga menjelaskan kenapa hujan meteor tersebut dinamai perseid, karena, menurutnya hujan meteor ini memancar dari dekat rasi perseus di sebelah utara.

"Dampaknya tidak terlalu bahaya bagi Bumi, hujan meteor berpotensi amat kecil untuk sampai ke Bumi," kata Rhorom. "Hanya ada peningkatan kadar ion logam di atmosfer atas".

Hujan meteor sudah menjadi fenomena tahunan. "Terjadi tiap tanggal yang hampir sama, hanya terkadang jumlah meteor saat puncak bervariasi," kata dia.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERKAIT

SUKABUMIUPDATE.com - Pluto bisa jadi kembali menjadi planet ke-9 dalam tata surya kita. Kemungkinanan tersebut diungkapkan astronom dari Universitas Central Florida, Philip Mezger, dalam tulisannya di jurnal Phys edisi terbaru. Dalam...

SUKABUMIUPDATE.com - Kasus pelecehan seksual pada perempuan mendorong Hibar Syahrul Gafur membuat sepatu listrik sebagai senjata pelindung. Prinsip kerja alatnya, sepatu yang ditendangkan ke pelaku kejahatan akan menyengat dengan setrum 450...

SUKABUMIUPDATE.com - Belakangan ini beredar pesan broadcast di berbagai grup WhatsApp soal mie instan yang membawa zat penyebab kanker. Pesan tersebut mengutip riset Korea Food and Administration (KFDA) yang menyebut menemukan...

SUKABUMIUPDATE.com - Cina akan mengontrol jumlah video game online terbaru dan mengambil langkah-langkah untuk membatasi jumlah waktu yang dihabiskan anak muda dalam bermain game. Instruksi itu dimasukkan dalam dokumen yang diterbitkan di...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved