Menu

17 Okt 2020, 06:00 WIB

Bersihkan Hoax Covid-19, Menkominfo Hubungi CEO YouTube Susan Wojcicki

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dalam acara digital Peluncuran Google Cloud Platform (GCP) Region Jakarta, Rabu, 24 Juni 2020. | Sumber Foto: (cloudonair.withgoogle.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate mengatakan di masa pandemi Covid-19 ini informasi hoax atau bohong masih terus bermunculan di berbagai platform khususnya media sosial.

Johnny mengatakan berdasarkan data yang dihimpun Kominfo, terdapat hampir 2.000 sebaran informasi hoax terkait Covid-19 di platform digital, mulai dari Youtube, Twitter, Instagram, hingga TikTok.

“Kami sudah minta agar hoax-hoax itu di-take down oleh pengelola platform-platform itu. Saat ini hampir 1.900-an hoax sudah di-take down oleh platform digital bersangkutan,” ujar Johny di sela pertemuan dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kantor Kepatihan Yogyakarta, Jumat, 15 Oktober 2020.

Johny mengatakan pihaknya secara pribadi juga sudah berkomunikasi dengan pengelola platform digital tidak hanya yang berada di Indonesia, namun juga yang berada di negara lain.

“Bulan lalu (September) saya sudah berkomunikasi juga dengan Susan Wojcicki, CEO Youtube, di Amerika Serikat untuk mengambil langkah cepat pembersihan hoax di platformnya,” ujar Johnny.

Untuk memberantas berbagai berita bohong tersebut, Johnny menuturkan, bahwa sesuai Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE, pemerintah serta masyarakat harus menjaga ruang digital agar tetap bersih dari berita bohong dengan menerapkan dua hal, yakni cek dan ricek, serta konfirmasi tentang informasi yang berkembang di ruang digital dan labelling.

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Raksasa media sosial Facebook meluncurkan layanan pencari pasangan Facebook Dating di 32 negara Eropa, Rabu, 21 Oktober 2020. Peluncuran tersebut merupakan peluncuran lanjutan. Sebelumnya Facebook sudah meluncurkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Jajaran pelatih tim Persib Bandung menyesuaikan program para pemainnya dengan menggelar latihan bersama hanya tiga kali dalam sepekan untuk merespons kompetisi Liga 1 Indonesia yang hingga saat...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengajak masyarakat untuk beraktivitas lingkungan selama periode libur panjang, 28 Oktober 2020 hingga 1 November 2020. "Contoh musim hujan bisa mencari bibit...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengajak para netizen bijak memanfaatkan media internet demi kebaikan bersama. Jangan sampai internet dijadikan ajang menebar benih kebencian, fitnah, hingga permusuhan,...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya