Menu

08 Sep 2020, 07:00 WIB

Bukan Friendster, Ini Media Sosial Populer Pertama yang Diluncurkan

Ilustrasi media sosial. | Sumber Foto:Ilustrasi media sosial

SUKABUMIUPDATE.com - Di era modern, kebanyakan orang di seluruh dunia telah mengenal dan memiliki akun media sosial. Meski sekarang sudah menjamur, namun lebih dari dua puluh tahun lalu, terdapat media sosial pertama dengan pengguna tak sebanyak sekarang

Setelah komputer super pertama dibuat pada tahun 1940-an, para ilmuwan dan insinyur mulai mengembangkan cara untuk membuat jaringan di antara komputer-komputer tersebut, dan ini kemudian akan mengarah pada kelahiran Internet.

Pada 1980-an, komputer rumah menjadi lebih umum dan media sosial menjadi lebih canggih. Obrolan Relai Internet, atau IRC (Internet Relay Chat), pertama kali digunakan pada tahun 1988 dan terus menjadi populer hingga tahun 1990-an.

Meski saat ini pengguna media sosial mencapai ratusan juga hingga menyentuh lebih dari 1 miliar per platform-nya, media sosial jadul hanya memiliki jutaaan pengikut saja.

Media sosial populer dengan jutaan pengguna yang pertama kali dirilis adalah Six Degrees.

Dilansir dari Small Biztrends, media sosial ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah profil dan berteman dengan pengguna lain. Dikembangkan dari tahun 1997 hingga 2001, media sosial tersebut dapat menjaring pengguna sebanyak 3,5 juta akun.

Dikutip dari Wikipedia, SixDegrees.com mengizinkan pengguna untuk membuat daftar teman, anggota keluarga dan kenalan baik di situs maupun secara eksternal (kontak eksternal diundang untuk bergabung dengan situs ini).

Orang-orang yang mengonfirmasi hubungan dengan pengguna yang ada tetapi tidak melanjutkan untuk mendaftar ke situs terus menerima pembaruan dan permintaan email sesekali.

SixDegrees adalah salah satu situs jejaring sosial pertama dengan bentuk umum yang digunakan secara luas saat ini.

Kesuksesan SixDegrees diikuti oleh media sosial lain seperti Friendster, MySpace, XING, dan paling populer, Facebook pada beberapa tahun setelahnya.

Setelah SixDegrees, media sosial yang menarik perhatian adalah Friendster. Media sosial ini didirikan pada tahun 2002 dan berhasil menjaring lebih dari 80 juta pengguna.

Friendster juga digunakan untuk berkencan dan menemukan acara, band, serta hobi baru. Pengguna dapat berbagi video, foto, pesan dan komentar dengan anggota lain melalui profil dan jaringan.

Media sosial lain yang langsung "meledak" dan populer hingga saat ini adalah Facebook. Menurut Statista, sejak didirikan pada tahun 2004 oleh Mark Zuckerberg, Facebook telah memiliki 2,7 miliar pengguna aktif bulanan (data hingga kuartal kedua 2020).

Sementara media sosial pesaing Facebook yang cukup populer lainnya dengan pengguna ratusan juta hingga 1 miliar adalah Twitter dan Instagram.

sumber: suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PAN, Heri Antoni melangsungkan Reses III tahun 2020 di tiga lokasi berbeda, di Daerah Pemilihan (Dapil IV). Lokasi pertama di Kampung...

SUKABUMIUPDATE.com - Mandalika Racing Team Indonesia yang disiapkan untuk mewakili Tanah Air di ajang Moto2 tahun depan juga bakal merintis akademi pembalap untuk program pembinaan atlet balap sejak dini. "Dunia...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Rendy Rakasiwi melaksanakan reses ketiga tahun 2020 di Desa Ciparay, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi. Dalam resesnya Rendy...

SUKABUMIUPDATE.com - Platform media sosial Facebook memiliki standar komunitas yang ketat. Kendati ada kebebasan berbicara sebagai konsekuensi demokrasi. Standar komunitas ini juga menyeleksi berita-berita yang diunggah pengguna di Facebook. Melansir...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya