Mau Buat CV? 5 Situs Web Ini Mungkin Bisa jadi Referensi

Senin 29 Juni 2020, 03:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ada ratusan situs web pembuat resume atau CV online yang dapat digunakan secara gratis. Sebagian besar situs web untuk membuat CV memberikan fitur-fitur yang bermanfaat dan mudah untuk digunakan.

Mengutip Suara.com, sebagaimana dilansir dari Career Tool Belt, Senin (29/6/2020), di antara ratusan situs web pembuat CV, berikut lima situs web untuk membuat CV terbaik:

1. LinkedIn

Pengguna dapat mendaftar dan membangun profil LinkedIn sekaligus untuk membuat CV dengan gratis. Setelah menyelesaikan profil LinkedIn, klik tombol More di dekat kanan atas profil dan pilih ospi Save to PDF.

Setelah menyimpan, pengguna mungkin menemukan profil terdiri lebih dari dua halaman. Jika demikian, skalakan kembali konten profil pengguna hingga unduhan PDF pengguna menjadi dua halaman atau kurang.

Pastikan untuk menyimpan konten yang pengguna hapus di tempat lain sehingga pengguna dapat mengembalikannya ke profil setelah pengguna mengunduh resume PDF.

Jika pengguna ingin membuat konsep yang lebih menarik atau menikmati lebih banyak variasi, pengguna dapat mencoba LinkedIn Resume Builder. Namun, sebelum pengguna dapat mengakses fitur tersebut, pengguna harus berlangganan keanggotan Premium Career.

2. Kickresume

Jika pengguna sudah membuat profil LinkedIn, Kickresume memungkinkan pengguna masuk dengan kredensial LinkedIn. Setelah masuk, jawab lima survei langkah cepat untuk membantu pengguna memulai membuat CV.

Pada halaman pilih template CV, pastikan untuk melihat mana template yang gratis karena beberapa menarik biaya. Setelah memilih template, pengguna harus memasukkan pengalaman bekerja dan daftar keterampilan yang dimiliki.

Saat pengguna menyelesaikan bagian awal resume, pengguna disarankan untuk menggunakan fitur Add Phrases secara luas sehingga deskripsi pengguna akan cocok dengan apa yang dicari perusahaan. Setelah memasukkan judul pekerjaan, pastikan untuk mengoreksi setiap kalimat yang telah pengguna tambahkan.

Kickresume memungkinkan pengguna untuk memasukkan tiga pekerjaan terakhir. Jika pengguna ingin menyertakan lebih dari tiga perusahaan terakhir, pengguna perlu meningkatkan keanggotaan profesional atau mencoba situs pembuat resume yang berbeda. Tetapi sebagian besar perusahaan menghargai resume yang singkat sehingga mudah untuk dibaca.

Sebelum mengunduh resume akhir, pastikan untuk meninjau resume dengan hati-hati. Periksa setiap ejaan dan tanda baca serta tata bahasa. Setelah merasa yakin, tekan tombol Download di bagian bawah.

3. Resume.com

Situs ini tidak mengharuskan pengguna membuat akun. Pengguna dapat segera mulai membuat CV dari halaman utama. Keuntungan lain menggunakan situs web ini adalah hanya akan menghasilkan resume satu halaman.

Pengguna dapat memulainya dengan memilih template. Jika pengguna ingin menggunakan profil LinkedIn, pengguna cukup mengunggah profil LinkedIn yang diunduh sebagai PDF.

Jika pengguna memilih opsi Upload Resume, pengguna akan dibawa menuju dasbor tempat pengguna dapat membersihkan format dan konten yang telah ada. Tetapi jika pengguna memilih Create New Resume, pengguna hanya akan memasukkan konten dari awal di dashboard yang sama.

Pengguna dapat mengedit setiap bagian dari resume. Setelah pengguna yakin dengan CV yang dibuat, pilih tombol unduh di toolbar paling kanan.

4. CVMaker

Situs ini adalah pembuat CV tercepat dan termudah, namun jika pengguna lebih suka pembuat CV yang merekomendasikan kata kunci dan frasa, situs ini tidak cocok. Tetapi jika pengguna sudah memiliki konten yang siap digunakan, ini akan menjadi salah satu situs tercepat untuk digunakan.

Saat pengguna mulai membuat CV, pengguna akan melihat catatan di bagian atas yang memberi tahu bahwa pengguna dapat mengunduh CV. Dasbor pembuat CV pun mudah diikuti. Pengguna harus melengkapi informasi dasar, pengalaman kerja, dan pendidikan.

Setelah menyelesaikannya, pilih bilah opsi di kanan atas dan lakukan pratinjau cepat. Jika merasa puas dengan tampilan CV, pengguna dapat mengunduh CV ke komputer sebagai PDF.

5. CakeResume

Situs ini juga terintegrasi dengan LinkedIn. Pengguna dapat mengunggah profil LinkedIn atau dapat membuat profil secara manual.

Setelah membuat profil, pengguna akan melihat opsi Export Resume di dekat bagian atas. Pilih opsi tersebut untuk mulai membuat CV. Jika pengguna memilih untuk menggunakan versi gratis, pilih tombol tengah bertuliskan Make resume from scratch.

Dari sana, pengguna akan membuat CV seolah pengguna sedang membuatnya di Microsoft Word. Dasbor dengan desain ini sangat menyenangkan bagi pengguna yang suka mendesain. Setelah membuat CV seperti yang pengguna inginkan, pilih opsi Publish atau PDF. Pengguna dapat mengunduh CV ke komputer atau membagikannya.

Kelima situs website di atas dapat menjadi pertimbangan pengguna untuk membuat CV gratis secara online.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi29 Maret 2024, 13:49 WIB

Ajaran Baru 2024, UMMI Sukabumi Gandeng Jamkrindo Buka Beasiswa bagi Warga Kurang Mampu

Reny berharap beasiswa kemitraan ini dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat.
UMMI Sukabumi bersama PT Jamkrindo memfasilitasi anak kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikannya. | Foto: UMMI