Menu

29 Jun 2020, 10:00 WIB

Mau Buat CV? 5 Situs Web Ini Mungkin Bisa jadi Referensi

Ilustrasi curriculum vitae. | Sumber Foto: (shutterstock)

SUKABUMIUPDATE.com - Ada ratusan situs web pembuat resume atau CV online yang dapat digunakan secara gratis. Sebagian besar situs web untuk membuat CV memberikan fitur-fitur yang bermanfaat dan mudah untuk digunakan.

Mengutip Suara.com, sebagaimana dilansir dari Career Tool Belt, Senin (29/6/2020), di antara ratusan situs web pembuat CV, berikut lima situs web untuk membuat CV terbaik:

1. LinkedIn

Pengguna dapat mendaftar dan membangun profil LinkedIn sekaligus untuk membuat CV dengan gratis. Setelah menyelesaikan profil LinkedIn, klik tombol More di dekat kanan atas profil dan pilih ospi Save to PDF.

Setelah menyimpan, pengguna mungkin menemukan profil terdiri lebih dari dua halaman. Jika demikian, skalakan kembali konten profil pengguna hingga unduhan PDF pengguna menjadi dua halaman atau kurang.

Pastikan untuk menyimpan konten yang pengguna hapus di tempat lain sehingga pengguna dapat mengembalikannya ke profil setelah pengguna mengunduh resume PDF.

Jika pengguna ingin membuat konsep yang lebih menarik atau menikmati lebih banyak variasi, pengguna dapat mencoba LinkedIn Resume Builder. Namun, sebelum pengguna dapat mengakses fitur tersebut, pengguna harus berlangganan keanggotan Premium Career.

2. Kickresume

Jika pengguna sudah membuat profil LinkedIn, Kickresume memungkinkan pengguna masuk dengan kredensial LinkedIn. Setelah masuk, jawab lima survei langkah cepat untuk membantu pengguna memulai membuat CV.

Pada halaman pilih template CV, pastikan untuk melihat mana template yang gratis karena beberapa menarik biaya. Setelah memilih template, pengguna harus memasukkan pengalaman bekerja dan daftar keterampilan yang dimiliki.

Saat pengguna menyelesaikan bagian awal resume, pengguna disarankan untuk menggunakan fitur Add Phrases secara luas sehingga deskripsi pengguna akan cocok dengan apa yang dicari perusahaan. Setelah memasukkan judul pekerjaan, pastikan untuk mengoreksi setiap kalimat yang telah pengguna tambahkan.

Kickresume memungkinkan pengguna untuk memasukkan tiga pekerjaan terakhir. Jika pengguna ingin menyertakan lebih dari tiga perusahaan terakhir, pengguna perlu meningkatkan keanggotaan profesional atau mencoba situs pembuat resume yang berbeda. Tetapi sebagian besar perusahaan menghargai resume yang singkat sehingga mudah untuk dibaca.

Sebelum mengunduh resume akhir, pastikan untuk meninjau resume dengan hati-hati. Periksa setiap ejaan dan tanda baca serta tata bahasa. Setelah merasa yakin, tekan tombol Download di bagian bawah.

3. Resume.com

Situs ini tidak mengharuskan pengguna membuat akun. Pengguna dapat segera mulai membuat CV dari halaman utama. Keuntungan lain menggunakan situs web ini adalah hanya akan menghasilkan resume satu halaman.

Pengguna dapat memulainya dengan memilih template. Jika pengguna ingin menggunakan profil LinkedIn, pengguna cukup mengunggah profil LinkedIn yang diunduh sebagai PDF.

Jika pengguna memilih opsi Upload Resume, pengguna akan dibawa menuju dasbor tempat pengguna dapat membersihkan format dan konten yang telah ada. Tetapi jika pengguna memilih Create New Resume, pengguna hanya akan memasukkan konten dari awal di dashboard yang sama.

Pengguna dapat mengedit setiap bagian dari resume. Setelah pengguna yakin dengan CV yang dibuat, pilih tombol unduh di toolbar paling kanan.

4. CVMaker

Situs ini adalah pembuat CV tercepat dan termudah, namun jika pengguna lebih suka pembuat CV yang merekomendasikan kata kunci dan frasa, situs ini tidak cocok. Tetapi jika pengguna sudah memiliki konten yang siap digunakan, ini akan menjadi salah satu situs tercepat untuk digunakan.

Saat pengguna mulai membuat CV, pengguna akan melihat catatan di bagian atas yang memberi tahu bahwa pengguna dapat mengunduh CV. Dasbor pembuat CV pun mudah diikuti. Pengguna harus melengkapi informasi dasar, pengalaman kerja, dan pendidikan.

Setelah menyelesaikannya, pilih bilah opsi di kanan atas dan lakukan pratinjau cepat. Jika merasa puas dengan tampilan CV, pengguna dapat mengunduh CV ke komputer sebagai PDF.

5. CakeResume

Situs ini juga terintegrasi dengan LinkedIn. Pengguna dapat mengunggah profil LinkedIn atau dapat membuat profil secara manual.

Setelah membuat profil, pengguna akan melihat opsi Export Resume di dekat bagian atas. Pilih opsi tersebut untuk mulai membuat CV. Jika pengguna memilih untuk menggunakan versi gratis, pilih tombol tengah bertuliskan Make resume from scratch.

Dari sana, pengguna akan membuat CV seolah pengguna sedang membuatnya di Microsoft Word. Dasbor dengan desain ini sangat menyenangkan bagi pengguna yang suka mendesain. Setelah membuat CV seperti yang pengguna inginkan, pilih opsi Publish atau PDF. Pengguna dapat mengunduh CV ke komputer atau membagikannya.

Kelima situs website di atas dapat menjadi pertimbangan pengguna untuk membuat CV gratis secara online.

Sumber: Suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Imunitas seperti lari maraton yang dilakukan dengan jarak dan waktu yang panjang. Tak ada imunitas yang didapat hanya dengan mengonsumsi suplemen atau makanan tertentu. Dikutip dari Tempo.co, Profesor...

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap kali keluar dari kamar mandi, ada perasaan segar, aroma tubuh wangi, dan kulit terasa kencang. Tapi kadang-kadang ada beberapa hal salah yang dilakukan orang saat mandi,...

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini, marak penyanyi yang membawakan ulang lagu yang sudah pernah dibawakan penyanyi lain alias melakukan cover lagu di sejumlah platform media sosial seperti YouTube. Mengutip Tempo.co, terkait...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemain dan staf pelatih Persiraja Banda Aceh menyepakati pemotongan gaji 50 persen ketika kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2020 kembali digelar. Mengutip Tempo.co, pelatih Persiraja Hendri Susilo di...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya