Menu

24 Mei 2020, 02:00 WIB

Tetap Mudik Meski Lebaran di Rumah Saja, Gunakan Aplikasi Ini

Aplikasi Google Maps (kiri) dan Google Street View (kanan) memungkinkan mudik virtual di era pandemi Covid-19. | Sumber Foto:ANTARA/Arindra Meodia

SUKABUMIUPDATE.com - Ucapan hari raya idul fitri mulai meramaikan media sosial dan aplikasi percakapan di telepon genggam mulai malam ini, Sabtu 23 Mei 2020. Dilansir dari tempo.co, ucapan didominasi kesan tak bisa berjabat tangan maupun pesan di rumah saja dan tak mudik.

Lebaran tahun ini memang jauh berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Aturan physical distancing, pembatasan sosial berskala besar, hingga larangan mudik harus dipatuhi demi mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

Beruntung tersedia sejumlah aplikasi konferensi video untuk menjaga silaturahmi tetap terjaga, membuat seseorang bisa tetap terhubung dengan sanak dan kerabat di kampung halaman. Jika itu belum cukup, mudik pun bisa dilakukan secara virtual.

Caranya, menggunakan aplikasi Google Street View. Pengguna bisa  menjelajahi tempat atau lokasi yang dituju, termasuk kampung halaman.

Aplikasi ini tidak hanya tersedia di Play Store, tapi juga dapat diunduh di App Store. Street View memiliki tampilan peta dunia, setelah mengunduh penggua dapat mengeksplor ke tempat-tempat yang ingin dituju, misalnya rumah orang tua.

Setelah mendapatkan alamat yang tepat, pengguna dapat melihat hasil Google Street View di sekitar wilayah tempat tinggal. Kemudian, ketuk salah satunya, dan mulai berkeliling untuk melihat situasi sekitar rumah orang tua, atau "berkunjung" secara virtual ke rumah-rumah tetangga.

Untuk berkeliling, geser ke kiri atau ke kanan untuk mendapatkan pemandangan 360 derajat. Pengguna juga dapat menggesek ke atas atau ke bawah pada garis biru. Untuk melihat tampilan yang lebih luas dan mengubah ke mode lanskap, putar perangkat ke samping.

Street View juga tersedia di aplikasi Google Maps. Pertama, masukkan alamat yang ingin dituju pada bagian penelusuran. Setelah menemukan alamat, ketuk tampilan foto kecil pada sudut kiri bawah, lalu mulai bereksplorasi untuk menelusuri jalanan tempat tinggal keluarga.

 

Sumber : tempo.co

 

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada Rabu, 27 Mei 2020, mengumumkan pembentukan sebuah yayasan yang akan menjadi sumber pendanaan baru, di mana uang yang terkumpul di yayasan...

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden AS Donald Trump akan menandatangani perintah eksekutif pada perusahaan media sosial pada hari Kamis setelah Trump mengancam akan menutup situs web yang dituduhnya membungkam suara-suara konservatif. Dilansir...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah DKI Jakarta mensyaratkan mereka yang hendak masuk dan keluar wilayah Ibu Kota memiliki Surat Izin Keluar Masuk selama pandemi Covid-19. Dilansir dari tempo.co, jika tidak mengantongi...

SUKABUMIUPDATE.com - Lima mahasiswa terdakwa kasus meninggalnya Ipda Erwin dan terbakarnya tiga anggota Polres Cianjur dalam aksi unjuk rasa yang berujung ricuh diputuskan bersalah. Terdakwa utama dijatuhi hukuman 12...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya