Twitter Uji Coba Fitur Stories, Warganet Ramai Serukan #RIPTwitter

Kamis 05 Maret 2020, 15:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Twitter sedang menguji versi ceritanya (Stories) sendiri. Dilansir dari suara.com, perusahaan ini mengumumkan hari ini bahwa mereka akan memulai uji coba format berbagi baru yang disebut "Fleets," yang dimulai di Brasil.

Fitur ini akan memungkinkan pengguna memosting konten sementara ke jaringan sosialnya untuk pertama kalinya. Tidak seperti Tweet, Fleets baru Twitter tidak dapat menerima reaksi Suka, Balasan, atau Retweet. Dan mereka akan hilang sepenuhnya setelah 24 jam.

Fleets bukan untuk umum, karena hanya sedikit yang dapat mengaksesnya. Anda dapat mengunjungi profil Twitter publik seseorang dan mengetuk untuk melihat Fleets mereka meskipun Anda tidak mengikutinya. Tetapi Fleets mereka tidak akan mengedarkan jaringan Twitter, muncul di Penelusuran atau Momen, dan itu tidak dapat disematkan di situs web eksternal.

Twitter adalah salah satu platform sosial utama terakhir untuk menguji format Stories. Pertama kali dipopulerkan oleh Snapchat, Anda sekarang dapat menemukan versi Stories di Instagram, Facebook, WhatsApp, YouTube, dan lainnya.

Spotify juga baru-baru ini mengumumkan pengujian fitur seperti Stories dan Microsoft Skype mencobanya pada satu waktu, seperti halnya Match and Bumble.

Dalam kasus Twitter, sebagaimana dilansir laman Techcrunch, Kamis (5/3/2020), Fleets dimaksudkan untuk mengatasi salah satu alasan utama mengapa pengguna tidak tweet karena mereka merasa tidak nyaman dengan sifat publik Twitter.

Di bagian depan ini, Twitter mengatakan di CES pada Januari lalu bahwa ia akan segera menguji kontrol baru untuk menentukan audiens untuk Tweet Anda, seperti publik, hanya pengikut, dan sebagainya. Tapi tes itu belum dimulai.

Fleets, sementara itu, mewakili solusi yang lebih sederhana dan lebih akrab.

Di Brasil, penguji akan melihat ikon profil bulat tepat di bagian atas Timeline mereka di aplikasi seluler Twitter. Ini akan segera dikenali sebagai fitur Stories. Ikon pertama sebenarnya adalah gelembung pemikiran kecil menampilkan foto profil Anda sendiri. Pengguna cukup mengklik tombol "+" untuk menulis Fleets mereka.

Antarmuka komposer lebih sederhana daripada yang Anda temukan di situs jejaring sosial saingan. Twitter mengatakan itu untuk mencerminkan sifat sentris teks dari produknya. Namun, pengguna dapat menambahkan foto, GIF, dan video ke Fleets, bahkan jika alat pengeditan mewah tidak tersedia.

Saat diluncurkan, konsumen akan dapat memposting video berdurasi 2 menit dan 20 detik (atau 512MB). Penerbit yang masuk daftar putih akan dapat mempublikasikan video hingga 10 menit.

Pengguna juga dapat memposting beberapa Fleets, yang pemirsa akan bergerak menggunakan gerakan.

Di sinilah Stories versi Twitter sedikit berbeda dan berpotensi merepotkan. Untuk melihat beberapa Fleets yang telah diposting pengguna, Anda geser ke bawah alih-alih melewati Fleets secara horizontal dengan ketukan di sisi layar. Sementara itu, untuk pindah ke Armada orang berikutnya, Anda menggesek ke kiri.

Menurut Twitter, gerakan ini dapat berubah berdasarkan umpan balik pengguna.

Meskipun Fleets tidak bergerak melalui jaringan Twitter seperti yang dapat dilakukan Tweet, pemirsa dapat berinteraksi dengan mereka, dengan cara tertentu.

Jika poster memungkinkan DM (pesan langsung), Anda dapat membalas Fleets secara pribadi. Anda juga dapat bereaksi terhadap Fleets dengan emoji, mirip dengan bagaimana Stories bekerja di aplikasi sosial lainnya.

Salah satu tantangan Twitter yang lebih besar dengan Storiesnya adalah menentukan Fleets mana yang akan ditampilkan pertama kali di layar beranda Anda.

Di jaringan seperti Snapchat, Instagram, dan Facebook, pengguna biasanya mengikuti teman-teman mereka dan berbagai figur dan merek publik.

Tetapi di Twitter, cukup umum untuk menemukan pengguna yang mengikuti ratusan bahkan ribuan pengguna lainnya.

Untuk membuat fitur Stories menarik di Twitter, jajaran Fleets harus sangat dipersonalisasi untuk pengguna akhir, mungkin dengan memungkinkan pengguna menunjuk "teman dekat" mereka di beberapa titik.

Untuk saat ini, Twitter mengatakan, ia menentukan Fleets mana yang akan ditampilkan pertama, berdasarkan kemutakhiran dan saling mengikuti.

Tes Twitter tiba tak lama setelah investor aktivis Elliott Management Corp mengambil saham di Twitter untuk mendorong perubahan di jejaring sosial. Perusahaan investasi percaya, Twitter tidak memenuhi potensi dan CEO Jack Dorsey - yang ingin diganti perusahaan - terganggu oleh proyek-proyek sampingannya dan oleh pekerjaan CEO lainnya di Square.

Twitter juga terlihat tertinggal dalam inovasi. Sementara jejaring sosial lain telah mengadopsi fitur-fitur populer seperti Stories, Twitter tetap fokus hanya pada produk intinya.

Perusahaan mengatakan akan menggunakan tes Brasil untuk lebih memahami jika Fleets membantu pengguna menjadi lebih nyaman berbagi di Twitter.

Twitter mengatakan, Fleets akan diluncurkan mulai hari ini untuk pengguna Brasil di iOS dan Android, mengikuti pembaruan aplikasi. Tes akan berjalan selama beberapa bulan sebelum Twitter memutuskan untuk meluncurkannya ke pasar global lainnya.

Sayang, warganet dikagetkan dengan uji fitur Stories tersebut. Bahkan, #RIPTwitter pun kini menjadi trending topic dengan lebih dari 55 ribu cuitan.

Dari tagar yang menjadi trending tersebut, terlihat warga Twitter kurang menyukai fitur Stories yang masih proses pengujian ini. Beragam komentar dilempar warganet terkait fitur anyar yang diuji coba Twitter tersebut.

"Anak2 beat cepet2 cari sosmed baru bentar lagi ada invasi besar2ran di kubu sebelah #RIPTwitter," cuit @rezamediatama.

"Story que sudah terlalu banyak di twitter ini jangan di tambah lagi pleaseLoudly crying face #RIPTwitter," timpal @capunk7.

"Udahlah gausah ada story Twitter, gini aja udah enak. Cukup IG aja tempat buat pamer, Twitter jangan. Weary faceWeary faceWeary face #RIPTwitter," ungkap @AdhiSaputra07.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life26 April 2024, 08:00 WIB

12 Kebiasaan Sederhana yang Membuatmu Disenangi Semua Orang

Kebiasaan sederhana ini menunjukkan rasa hormat dan perhatianmu terhadap orang lain, dan orang-orang cenderung merasa dihargai saat merasa didengarkan dengan baik.
Ilustrasi - Kebiasaan Sederhana yang Membuatmu Disenangi Semua Orang (Sumber : Pexels/Thirdman)
Sehat26 April 2024, 07:00 WIB

9 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari, Bisa Mengurangi Perut Kembung

Rutinitas pagi yang tenang dan santai, seperti minum air hangat, dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Minum Air Hangat. Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel26 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Kencur untuk Meredakan Nyeri Sendi, Ini 8 Langkahnya!

Meskipun kencur memiliki banyak manfaat kesehatan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum menggunakannya secara teratur, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Air Rebusan Kencur. (Sumber : Instagram/@meygaahuang)
Bola26 April 2024, 05:12 WIB

Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai Menang Dramatis atas Korsel

Fenomenal! Timnas Indonesia berhasil lolos semifinal Piala Asia U-23 2024 usai taklukan Korsel lewat drama adu pinalti.
Rafael Struick (kanan) cetak dua gol untuk Timnas Indonesia U-23 di laga versus Korsel. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Science26 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 26 April 2024, Waspada Hujan Petir di Siang Hari

Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari.
Ilustrasi - Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari. | Foto: Freepik.com/wirestock
Life26 April 2024, 00:02 WIB

5 Manfaat Penerapan Pola Asuh Paralel Pada Anak, Salah Satunya Kurangi Masalah Emosional

Keberhasilan mengasuh anak secara paralel tergantung pada menjaga interaksi dengan mantan Anda seminimal mungkin. Karena pola asuh ini memiliki manfaat baik untuk anak.
Ilustrasi manfaat penerapan pola asuh paralel / Sumber Foto: Freepik/@tirachardz
Sukabumi25 April 2024, 23:51 WIB

Tersambar Petir, Rumah di Nagrak Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi. Peristiwa terjadi setelah petir menyambar rumah tersebut.
Kondisi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi akibat tersambar petir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 April 2024, 23:23 WIB

Hujan Deras, Banjir Rendam Jalan Raya dan Belasan Rumah di Cidahu Sukabumi

Dipicu hujan deras, jalan raya dan belasan rumah terendam banjir di Pasirdoton Cidahu Sukabumi.
Kondisi jalan raya Cidahu Sukabumi dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)