Menu

25 Peb 2020, 22:00 WIB

Cara Menginstal Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal di Android

Dua toko aplikasi mobile utama, App Store dan Google Play Store. | Sumber Foto:Shutterstock

SUKABUMIUPDATE.com - Perangkat Android umumnya tidak mengizinkan pengguna menginstal aplikasi yang tidak tersedia di Google Play Store. Dikutip dari suara.com, namun ada beberapa pengembang aplikasi yang tidak mendaftarkan aplikasinya ke dalam Play Store, sehingga pengguna harus mengunduhnya lewat web resmi dan menginstalnya secara manual.

Tetapi, itu bukan pengaturan default sehingga pengguna masih bisa menginstal aplikasi dari sumber selain Google Play Store.

Dilansir dari Make Tech Easier, berikut cara menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal di Android:

1. Menginstal aplikasi dari sumber tidak dikenal di Android 8.0 Oreo dan 9.0 Pie

Pada Android 8.0, pengguna perlu memberi izin ke aplikasi tertentu yang diizinkan menginstal APK dari sumber yang tidak dikenal.

Untuk mengatur izin ini, buka Settings > Apps & notifications > Advanced > Special app access > Install unknown apps.

Pada menu tersebut, pilih aplikasi yang ingin pengguna beri izin untuk menginstal dari sumber yang tidak dikenal. Kemudian ketuk Allow from this source untuk mengaktifkan sumber yang tidak dikenal untuk aplikasi tersebut.

2. Instal aplikasi dari sumber tidak dikenal di Android 7 Nougat atau versi lebih lama

Untuk menginstal dari sumber yang tidak dikenal di Android 7 atau versi yang lebih lama, pengguna dapat mengaktifkan dan menonaktifkan fitur langsung dari panel pengaturan.

Pertama, buka App Drawer > Settings > Security & fingerprint. Pada perangkat yang tidak memiliki fitur sidik jari, pengguna hanya akan melihat opsi Security. Pilih opsi tersebut untuk melihat pengaturan keamanan perangkat.

Setelahnya pilih opsi Unknown sources untuk mengontrol apakah aplikasi dari luar Play Store harus diizinkan untuk diinstal pada perangkat. Aktifkan toggle hingga ke posisi On dan fitur tersebut telah diaktifkan di ponsel pengguna.

Kemudian pengguna akan mendapatkan pop-up notification yang menyebutkan risiko jika menginstal aplikasi dari sumber tidak dikenal. Ketuk OK untuk mengaktifkan fitur.

Setelah fitur aktif, ketuk file APK yang telah diunduh dan ingin pengguna instal. APK tersebut akan secara otomatis terinstal di perangkat pengguna tanpa masalah.

 

Sumber : suara.com

 

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan ada 12 kabupaten kota yang memiliki kasus aktif Covid-19 lebih dari 1.000 kasus. "Sebanyak 12 kabupaten kota ini sudah...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah mobil pick up bermuatan tabung gas elpiji meledak dan terbakar di SPBU Warungkondang, Jalan Raya Sukabumi, Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Kamis (22/10/2020) petang. Kebakaran diduga...

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudi Suryadikrama diminta oleh petani untuk segera menangani kelangkaan pupuk bersubsidi. Hal itu disampaikan oleh petani pada saat Reses yang dilakukan di...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kolaborasi yang solid antara berbagai elemen masyarakat santri dan pesantren penting untuk mewujudkan akselerasi perekonomian rakyat di tengah pandemi yang beri dampak...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya